18 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami & Kimia

Sinusitis adalah penyakit pada saluran pernapasan (terutama hidung) yang menyebabkan penderitanya mengalami pilek menahun.

Penyakit sinusitis karena peradangan pada dinding sinus. Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi.

Gejala pada sinusitis umumnya yaitu:
  1. Hidung tersumbat atau keluar cairan kuning kehijauan
  2. Nyeri pada bagian wajah dan terasa sakit ketika ditekan
  3. Demam dengan suhu 38°Celcius atau lebih
  4. Sakit kepala
  5. Kehilangan indera penciuman
  6. Napas berbau (halitosis)

Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami & Kimia

Sinus merupakan ruangan-ruangan kecil yang saling berhubungan melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Rongga sinus membuka lubang pada hidung.

Sinus terdapat di dalam kerangka kepala manusia, yaitu di belakang dahi, kedua sisi dari batang hidung, belakang mata dan belakang tulang pipi.

Lendir yang dihasilkan oleh sinus berfungsi membantu mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk ke paru-paru.

Penyebab terjadinya sinusitis
Penyebab sinusitis paling umum karena pembengkakan dinding dalam hidung. Kondisi ini umumnya akibat virus flu yang disebarkan sinus dari saluran pernapasan atas.

Penyebab lainnya karena infeksi jamur, infeksi gigi dan kebiasaan buruk merokok. Setelah flu, infeksi bakteri sekunder bisa terjadi, yang mengkibatkan dinding sinus mengalami peradangan.

Adapun penyebab penyakit sinusitis pada anak-anak umumnya akibat oleh alergi, dan tinggal di lingkungan yang penuh asap.

Cara mengobati sinusitis:

#1. Kompres hidung dengan air hangat
Sinusitis yang dialami bisa berdampak pada aliran cairan dalam hidung yang terhambat, yang akhirnya memicu sakit kepala. Untuk mengatasinya yaitu dengan mengompres hidung dengan air hangat.

Anda dapat menuangkan air panas ke dalam wadah seperti mangkuk. Lalu ambil kain yang lembut, dan rendam di dalam wadah berisi air hangat tersebut.

Lalu angkat kain tersebut dan letakkan pada bagian antara hidung dan dahi.

Cara alternatif lain, Anda bisa melakukan teknik uap, yaitu menguap hidung secara langsung dengan menghadap ke air panas.

Manfaat dari melakukan hal ini adalah untuk membantu mengalirkan cairan dalam hidung.

#2. Menggunakan air garam
Pengobatan sinusitis secara medis dibagi dalam 3 jenis obat, yang berdasarkan penyebab timbulnya sinusitis, penyebab umum sinusitis karena serangan virus, bakteri dan jamur.

Biasanya jika sinusitis meradang karena bakteri (setelah dilakukan uji lab), untuk penyembuhannya dokter memberikan obat antibiotik.

Sebelum menggunakan obat kimia seperti itu, sebuah cara alami yang efektif untuk mengatasi sinusitis yaitu terapi air garam.

Di Amerika, para dokter spesialis THT selalu menyarankan kepada pasien sinusitis agar menggunakan air garam untuk membersihkan rongga hidung, hal ini agar sinus tidak mengalami peradangan.

Kandungan air garam dapat berperan sebagai merupakan anti bakterial yang ampuh. Gunakan garam asli yang belum dicampur yodium.

Caranya: Pertama-tama air panas ditempatkan di dalam baskom kecil, kemudian campur dengan garam, lalu uap air tersebut difokuskan di bawah hidung.

Tutuplah kepala menggunakan handuk agar uap air garam tersebut tidak berterbangan tanpa arah. Dengan melakukannya dapat melegakan hidung tersumbat.


#3. Uap air dengan minyak kayu putih
Selain garam, minyak kayu putih juga bisa dicoba. Minyak kayu putih mengandung bahan minyak esensial untuk menyembuhkan sinusitis.

Cara penggunannya: ambil mangkuk kecil lalu masukkan air panas, lalu berikan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air tersebut. Uap yang dikeluarkan akan mengandung minyak esensial.

Tempatkan hidung menghadap ke uap, sehingga biarkan cairan atau lendir keluar dari hidung (yang kuliar secara alami).

Satu hal yang perlu diketahui penderita sinusitis, hindari memaksa mengeluarkan cairan dengan secara keras mendorong lewat hidung, karena dikhawatirkan melukai lapisan dalam hidung.

#4. Perbanyak minum air putih
Minum air putih mencegah dehidrasi, selain itu membuat bagian dalam hidung menjadi lembab, sehingga tidak terlalu kering.

Utamakan minum air putih karena manfaatnya yang luar biasa, terserah ingin konsumsi air hangat ataupun air biasa, tetpai hindari minum air es.

Dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, dapat menjaga sisemn kekebalan tubuh, dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

#5. Gunakan filter udara ruangan
Hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi sinusitis yaitu membuat kondisi udara yang bersih dan sehat di dalam ruangan, rumah atau lingkungan tempat berada.

Untuk itu, Anda bisa memasang alat filter udara atau alat pengatur kelembapan. Kegunaan alat pengatur kelembapan untuk mempertahankan suhu yang sehat di dalam ruangan.

Selain itu, kegunaannya juga memfilter (menyaring) udara kotor, debu dan semacamnya. Dimana kondisi ruangan yang kotor udaranya berakibat semakin parahnya kondisi penyakit sinusitis yang diderita.

Disarankan juga untuk tidak mendekati bulu binatang karena bisa menjadi sumber alergi

#6. Jaga kekebalan tubuh
Untuk orang yang sebelumnya sudah pernah terkena sinusitis, maka tetap berpotensi terkena lagi, bahkan bisa lebih buruk.

Sehingga penting agar bisa benar-benar sembuh dari penyakit sinusitis, agar memperkuat imun (kekebalan) tubuh. Beberapa saran yang bisa Anda lakukan:
  1. Rutinlah berolahraga, walaupun hanya olahraga ringan seperti jogging selama 15 menit setiap harinya.
  2. Perhatikan asupan makanan, konsumsi makanan yang kaya vitamin C. Demikian juga konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan.
  3. Jaga kebersihkan tubuh dan makanan yang dikonsumsi. Sebelum makan cuci tangan hingga bersih.
  4. Jika Anda melewati jalan yang banyak debu dan kotoran, gunakan masker.
  5. Penuhi kebutuhan minum air putih setiap harinya.
  6. Jaga kebersihan rumah, ruangan tempat tidur atau tempat dimana Anda sering berada.

loading...

#7. Jangan berlebihan minum susu
Sebenarnya susu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Akan tetpai konsumsi susu saat mengalami penyakit sinusitis tidak disarankan. Hal itu karena berpotensi menimbulkan peradangan. Terlebih bagi penderita sinusitis yang alergi terhadap bahan gluten dalam susu.

Gula dan gluten dalam susu dapat beresiko terjadinya infeksi yang membahayakan pada penyakit sinusitis. Sehingga, batasi konsumsi susu ketika penyakit sinusitis belum sembuh.

#8. Batasi minum teh dan kopi
Penyakit sinusitis bisa menjadi sangat parah akibat banyak mengkonsumsi asupan kafein . lebih buruk lagi mengkonsumsi minuman beralkohol, maka konsumsi alkohol tidak boleh sama sekali.

Zat kafein adapat menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh, yang berakibat menurunnya kekebalan tubuh. Anda bisa minum kopi atau teh setelah sinusitis sembuh.

#9. Makan buah nanas
Mengkonsumsi nanas membantu agar penyembuhan penyakit sinusitis menjadi lebih cepat. Buah nanas mengandung bahan bromelain yang manfaat untuk mengurangi peradangan pada bagian rongga sinus.

Tetapi perlu diketahui, konsumsi nanas jangan dilakukan bersamaan dengan konsumsi obat dari dokter. Hal itu karena efek zat bromelain (di dalam nanas) bisa menghilangkan kinerja obat, sehingga perawatan menjadi bertentangan.

#10. Konsumsi makanan pedas
Saat sinusitis kambuh, disarankan untuk memasukkan bumbu yang mengandung rempah pada makanan yang dikonsumsi seperti cabai, lada, lobak, wasabi atau paprika.

Hal itu karena kandungan vitamin C di dalamnya yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C berfungsi untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Makanan yang pedas juga membantu mengeluarkan cairan dalam hidung. Dimana kondisi cairan dalam hidung, jika sampai menumpuk dalam waktu lama bisa menyebabkan infeksi.

Tetapi ingat, jangan berlebihan mengkonsumsi makanan pedas, yang malah menimbulkan masalah bagi sistem pencernaan.

#11. Minum air jahe
Jahe mengandung zat anti peradangan alami, yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan peradangan pada sinusitis.  Anda bisa membuat air rebusan jahe.

Caranya: pertama-tama campur satu ruas jari jahe segar ke dalam dua gelas air mineral. Lalu rebus hingga mendidih dan menyisakan satu gelas saja. Lalu pada gelas tersebut, tambahkan satu sendok madu murni.

Segera minum ketika masih hangat. Kandungan di dalam jahe membantu mengurangi efek peradangan dan mengeluarkan cairan dari dalam tubuh.

#12. Konsumsi sayuran lobak
Sayuran ini mampu melarutkan lendir akibat infeksi sinus. Senyawa sulfur yang ada di dalam umbi lobak bermanfaat untuk membunuh kuman penyebab sinusitis.

Selain itu, lobah memiliki sifat anti inflamasi dan anti histamin alami, yang bermanfaat untuk membuka saluran hidung yang menyempit dan saluran bronkial.

#13. Minum jus stroberi
Buah stroberi mengandung banyak vitamin C, yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Cara terbaik membuat jus stroberi yaitu mencampur stroberi yang masih segar.

Tidak disarankan menggunakan gula sebagai tambahan. Apabila Anda merasa jus stoberi sangat asam, Anda bisa memasukan madu untuk rasa manisnya.

#14. Manfatkan daun Sambiloto
Tanaman ini dipercaya bisa mengobati sinusitis. Caranya membuat ramuannya, haluskan daun sambiloto. Lalu peras airnya, dan teteskan pada lubang hidung yang terkena sinusitis.

Air perasan tanaman ini akan terasa pahit bila sampai kerongkongan. Obat alami ini sangat efektif untuk mengobati sinusitis.

#15. Ramuan cuka apel
Cuka apel dipercaya mampu membersihkan lendir-lendir yang ada di saluran pernafasan, yang membuat jumlah lendir berkurang, sehingga dapat mengatasi penyakit sinusitis.

Cara membuat ramuannya, ambilah 2 sdt cuka apel, 1 sdt madu dan air secukpnya.

Campur ketiga bahan tersebut di dalam sebuah wadah hinga tercampur rata. Minum ramuan tersebut 2-3 kali sehari, hingga penyakit sinusitis sembuh.


#16. Ramuan bawang putih
Bahan alami ini biasa digunakan sebagai bumbu di dapur. Untuk membuat ramuannya, sediakan 5 siung bawang putih, 10 gram jahe dan 60 gram lokio.

Rebuslah ketiga bahan tersebut menggunakan 6 gelas air, hingga airnya tersisa setengahnya (3 gelas air). Setelah dingin minum ramuan secara teratur, 2 kali sehari.

#17. Obat tetes hidung steroid
Penggunaan obat tetes hidung yang mengandung steroid untuk menyembuhkan sinusitis. Untuk penggunannya, disarankan berdasarkan resep dokter, yang sebelumnya sudah memeriksa kondisi sinusitis yang diderita.

Obat ini berfungsi untuk mengatasi atau mengurangi peradangan pada bagian rongga sinus, serta mencegah infeksi menyebar ke bagian pernafasan yang lain. Penggunannya, biasanya dengan disempotkan ke bagian hidung.

Dengna menggunakannya, dapat mengatasi rasa tidak nyaman dan mengurangi pembengkakan pada hidung dan tenggorokan.

Penggunannya tetap perlu hati-hati dan sesuai resep dokter, karen efek sampingnya yang membuat hidung kering, sakit tenggorokan, rasa tidak nyaman saat bernafas, hingga mimisan.

#18. Pemberian obat antibiotik
Penggunaan antibiotik hanya berdasarkan resep dokter karena antibiotik bisa menyebabkan efek samping. Beberapa jenis obat yang sering digunakan yaitu golongan amoxicilin dan trimethoprim-sulfamethoxazole.

Pemberian selain kedua jenis obat ini, diberikan jika penderita resistan terhadap antibiotik.

Penutup
Kebanyakan penderita sinusitis tidak menemui dokter, karena kasus yang disebabkan virus akan hilang dengan sendirinya. Sinusitis butuh waktu sekitar dua hingga tiga minggu untuk sembuh sepenuhnya.

Jika Anda menderita sinusitis ringan, obat-obatan pereda rasa sakit dan dekongestan membantu mengurangi gejala yang timbul.

Periksakan pada dokter jika gejala tidak membaik atau memburuk setelah seminggu memulai pengobatan.

Untuk kasus sinusitis yang parah, ada kemungkinan dibutuhkan operasi. Biasanya operasi disarankan dokter jika berbagai pengobatan sinusitis yang dilakukan gagal memberikan hasil.


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan