17 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan, Pengobatan & Ibu Hamil

Menyantap buah pisang yang sudah masak sangatlah lezat.

Rasanya yang manis, membuat buah pisang hampir dikonsumsi semua orang di Indonesia.

Dibalik rasanya yang lezat, buah pisang mengandung nutrisi yang sangat baik dan penting untuk kesehatan tubuh.


Manfaat pisang cukup beragam, dimana begitu banyak kandungan sehat di dalam sebuah pisang...

...kandungan yang terdapat di dalam buah pisang yaitu serat, vitamin B6, vitamin C, serat, potasium, mangan dan magnesium.

Kandungan gizi pisang
Satu porsi pisang mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Selain itu, pisang menyediakan berbagai vitamin dan mineral, yaitu :
  • Serat – 3g
  • Vitamin B6 – 0,5 mg
  • Vitamin C – 9 mg
  • Vitamin A – 81 IU
  • Protein – 1 g
  • Kalium – 450 mg
  • Mangan – 0,3 mg
  • Magnesium – 34 mg
  • Folat – 25.0 mcg
  • Riboflavin – 0,1 mg
  • Niacin – 0,8 mg
  • Zat besi – 0,3 mg

Manfaat pisang untuk kesehatan

#1. Melancarkan peredaran darah
Kandungan potasium di dalam buah pisang memiliki fungsi untuk membantu melancarkan peredaran darah. Sehingga juga melancarkan peredaran oksigen ke otak.

Kandungan kalium menbantu untuk mengatur tekanan darah agar tetap dalam kondisi normal. Hal ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit ‘berbahaya’ stroke, melancarkan denyut jantung, serta mencegah berbagai gejala penyakit jantung.

#2. Menyehatkan pencernaan tubuh
Kandungan pisang cukup kaya akan serat, yang khasiatnya untuk mengurangi resiko sembelit.

Sehingga dalam mengatasi sembelit, tidak melulu memakai obat pencahar yang memiliki efek samping, anda cukup mengkonsumsi buah pisang.

Konsumsi pisang dengan segelas susu membantu mengurangi resiko penyakit usus, salah satunya penyakit yang paling serius adalah kanker usus besar.

Pisang juga dapat berperan sebagai anti-inflamasi, hal itu karena di dalam buah pisang terkandung vitamin C.

#3. Menyehatkan otak
Kalau diperhatikan, banyak masyarakat dari kalangan negara maju menjadikan buah pisang sebagai menu sarapannya. Karena memang cukup baik memasukan pisang sebagai daftar menu sarapan.

Campurkan potongan pisang pada sereal, mengkonsumsinya memberikan sumber kalori yang cukup bagi tubuh, yang nantinya akan menjalani berbagai kegiatan panjang seharian.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan para ahli, penelitian melibatkan sebanyak 200 pelajar.

Hasil penelitian menemukan bahwa konsentrasi belajar para pelajar meningkat sejak memasukan menu pisang sebagai sarapan.

Hal itu karena kandungan kalium pada pisang memberikan stimulun pada otak.

Untuk bayi yang baru memulai memakan makanan padat, maka pisang bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk diberikan pada bayi tesebut...

...hal itu karena buah pisang memiliki tekstur lembut, yang kandungan di dalamnya baik untuk perkembangan otak bayi.

loading...

#4. Mengatasi anemia
Kandungan zat besi di dalam buah pisang, berfungsi untuk merangsang produksi hemoglobin darah. Sehingga buah ini cukup disarankan dikonsumsi untuk penderita kurang darah.

Makan 2 buah pisang dalam setiap harinya, mampu mengatasi kekurangan sel darah merah (anemia).

Untuk anda yang cukup sering begadang, maka juga disarankan konsumsi buah pisang untuk mencegah terjadinya anemia.

#5. Mencegah asma
Sebuah studi yang dilakukan oleh pihak Imperial College London, hasil penelitian menemukan bahwa anak-anak yang makan hanya satu buah pisang per hari memiliki peluang 34% lebih kecil terkena asma, dibandingkan dengan yang tidak makan buah pisang.

#6. Baik bagi penderita masalah liver
Buah pisang yang dicampur dengan madu, memberikan stimulan nafsu makan untuk penderita lever. Hal ini sangat baik bagi kesehatan organ liver dan organ tubuh secara umum.

#7. Mengatasi diare
Makanan seperti pisang, direkomendasikan dalam membantu mengatasi masalah diare. Hal itu karena kandungan elektrolit seperti kalium akan hilang dalam jumlah tinggi ketika seseorang mengalami diare.

Sehingga penyakit diare membuat penderitanya merasa lemas dan lesu. Adapun buah pisang kaya akan kandungan kalium, yang sangat bermanfaat bagi penderita diare.

#8. Menjaga fungsi jantung
Disarankan konsumsi pisang saat sarapan, karena nutrisi di dalam pisang mampu membatu menjaga fungsi jantung agar tetap dalam kondisi baik.

Kondisi tubuh yang sangat kekurangan kalium, umumnya mengakibatkan irama jantung menjadi tidak teratur. Masalah ini tidaklah dapat diremehkan karena dapat mematikan.

Buah pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium. Kalium yang terkandung tersebut merupakan suatu tonik yang baik bagi kesehatan jantung.

Kalium merupakan mineral yang penting untuk kesehatan jantung, terutama untuk mengkontrol tekanan darah.

Menjaga asupan kalium yang mencukupi bagi kebutuhan tubuh, membantu menurunkan tekanan darah. Berdasarkan penelitian para ahli, menemukan bahwa orang-orang yang mencukupi asupan kalium, mampu menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 27%.

Pisang juga mengandung jumlah asupan magnesium yang baik, asupan ini juga penting bagi kesehatan jantung.

Buah pisang juga mengandung vitamin C dan flavonoid yang bersifat sebagai antioksidan, yang juga mencegah proses oksidasi lemak.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Leeds di Inggris, bahwa meningkatkan konsumsi makanan kaya serat seperti pisang dapat menurunkan risiko kedua penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (PJK).



#9. Membantu mengatasi masalah tekanan darah tinggi
Buah pisang cocok dan disarankan dikonsumsi oleh penderita hipertensi (tekanan darah tinggi). Dimana penderita hipertensi dianjurkan untuk mengurangi makanan berkadar garam tinggi.

Nah, buah pisang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi karena buah pisang minim sekali kandungan garamnya.

Pisang kaya akan kalium, kandungan kalium yang tinggi bermanfaat positif bagi penderita hipertensi.

Badan yang berwenang memberikan izin terhadap kelayakan makanan di amerika (FDA), menjelaskan tentang manfaat pisang, yang membenarkan klaim bahwa kandungan di dalam pisang bermanfaat untuk menurunkan tekananan darah tinggi.

#10. Memberikan tenaga bagi tubuh
Pisang memiliki kandungan karbohidrat yang juga cukup penting, yaitu memberikan energi atau tenaga bagi tubuh, hal ini penting untuk bisa menjalankan aktivias sehari-hari.

Mengkonsumsi buah pisang pada pagi hari, sudah bisa membuat tubuh menjadi semakin bertenaga untuk melakukan aktivitas, selain itu juga meningkatkan sistem imun tubuh, yang membuat tubuh kuat dari serangan penyakit seperti flu.

Ketika tubuh merasa sedang lelah dan tidak berenergi, maka disaranka makan pisang, dalam waktu yang tidak lama, tubuh akan mendapatkan suntikan tenaga.

#11. Menurunkan berat badan
Untuk yang ingin membuat berat badanyna ideal, maka sebuah saran yang sangat baik untuk makan buah pisang secara rutin, setidaknya mengkonsumsi 1 buah pisang pada setiap harinya.

Memasukan pisang ke dalam menu makanan sehari-hari sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Hal itu karena kandungan kalori di dalam pisang yang relatif kecil.

Buah pisang memberikan rasa kenyang yang lebih lama bagi tubuh, yang mencegah tubuh mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

Buah pisang cocok sebagai pelengkap program diet karena buah pisang yang kaya serat.

Makanan berserat akan memperlama proses pencernaan, yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

#12. Menyeimbangkan jumlah cairan tubuh
Tubuh sangat membutuhkan jumlah cairan yang seimbang, hal itu karena sangat penting untuk menunjang semua fungsi dari organ tubuh, agar berfungsi dengan baik.

kandungan kalium yang terdapat di dalam pisang, bermanfaat untuk membantu menyeimbangkan jumlah cairan di dalam tubuh.



#13. Baik bagi Ibu Hamil
Seorang ibu hamil, seperti diketahui akan sangat membutuhkan berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh, buka hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk janin yang dikandung.

Kandungan asam folat bermanfaat untuk mencegah terjadinya cacat bawaan pada anak.

Buah pisang juga mengurangi morning sickness pada ibu hamil, serta menjaga kadar gula darah tetap dalam kondisi yang normal.

Ibu hamil akan sangat merasakan manfaat buah pisang ketika mengalami rasa mual di pagi hari. Mengonsumsi pisang mengurangi resiko terjadinya morning sickness.

#14. Menjaga mood agar tetap baik
Bauh pisang mengandung protein tryptophan, yang berfungsi untuk memicu produksi serotonin di dalam tubuh.

Serotonin adalah sebuah senyawa kimia di dalam tubuh (hormon) yang merangsang tubuh agar cenderung rileks dan membuat perasaan nyaman. Hal ini membantu anda agar memperoleh tidur yang lebih berkualitas.

Serotonin juga berperan dalam fungsi kognitif seseorang, termasuk dalam mempengaruhi kemampuan memori (daya ingat) dan kemampuan menyerap pelajaran atau informasi.

Untuk mencegah kekurangan kadar hormon serotonin, yang berdampak pada munculnya depresi, stres dan konsentrasi menurun...

...maka hindari makanan dan minuman berkafein, khususnya minuman berenergi yang sudah diketahui banyak jenis mereknya.

Hal itu karena kafein akan menekan produksi serotonin. Selain itu, minuman berenergi tinggi kandungan gula yang memunculkan banyak masalah kesehatan jika sering dikonsumsi.

#15. Mengatasi maag
Buah pisang yang dikonsumsi dapat berperan sebagai obat alami untuk penyakit usus, hal itu karena komposisi buah pisang yang lembut dan halus.

Kandungan buah pisang berfungsi untuk menetralkan keasaman di dalam tubuh dan mencegah iritasi pada lambung, dengan menjaga lapisan pelindung di perut.

Pisang mengandung sifat antasid yang penting dalam mengatasi gejala maag yang muncul.

#16. Mengatasi tekanan darah tinggi
Buah pisang kaya akan kandungan kalium, serta hanya mengandung sedikit garam, hal ini bermanfaat besar dalam memerangi masalah hipertensi (tekanan darah tinggi).

The Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat sudah menjelaskan bahwa buah pisang bisa digunakan dalam produksi obat untuk mengobati stroke dan tekanan darah tinggi.

#17. Makan pisang tidak menyebabkan masalah pada tingkat gula darah
Walaupun rasa pisang manis nan lezat, tetapi makan banyak pisang tidaklah menyebabkan masalah melonjaknya gula dalam darah.

Pisang masuk dalan peringkat rendah sampai sedang pada indeks glikemik, yang berupa ukuran (0-100). Nilai glikemik pisang mentah hanya 30, sementara pisang matang peringkat adalah 60. Nilai rata-rata indeks glikemik semua pisang adalah 51.

Nilai indeks glikemik pisang tersebut menandakan buah pisang menyebabkan lonjakan besar dalam kadar gula darah pada orang sehat.

Namun, hal ini mungkin tidak berlaku bagi penderita diabetes, yang mungkin jangan banyak-banyak dalam menkonsumsi buah pisang yang matang.

Mengkonsumsi pisang, juga buah lain seperti jeruk, mampu mengurangi risiko pengembangan leukimia. Perlu secara rutin konsumsi buah pisang ataupun jeruk untuk bisa membantu mencegah leukimia.

Sebagai sumber vitamin C, pisang membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang memicu penyakit kanker.

Tips memilih pisang yang bagus

Pilih yang tandannya segar
Ketika hendak membeli buah pisang, perhatikan tandannya. Tandan pisang yang masih segar dan bagus terlihat masih berwarna hijau.

Hindari membeli pisang yang bagian tandannya sudah berwarna coklat atau kering, karena itu menandakan pisang sudah dipanen dalam waktu yang lama.

Lihat bagian kulitnya
Untuk mendapatkan pisang yang masuh bagus pilih yang warnanya kuning cerah dan merata.

Perhatikan juga apakah terdapat bintik-bintik hitam pada kulit pisang, jika terdapat banyak bintik hitam menandakan pisang sudah melewati masa matangnya.

Perhatikan teksturnya
Pisang dengan tingkat kematangan yang pas memiliki tekstur yang lembut dan bukan lembek.

Pisang yang telah berwarna kuning tetapi memiliki tekstur yang keras berarti pisang tersebut dimatangkan dengan cara diimbuh.

Sebaiknya tekan perlahan bagian daging pisang, jika terasa lembut (tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek) maka itu baik.

Referensi:
  1. Bananas: Health Benefits, Facts, Research - medicalnewstoday.com
  2. 11 Evidence-Based Health Benefits of Bananas - authoritynutrition.com
  3. 7 Wonderful Benefits of Banana: How to Include the Fruit in Your Daily Diet - food.ndtv.com
  4. Tips memilih pisang yang bagus - okezone.com


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan