12 Cara Mengatasi Rambut Rontok (Penyebab Rambut Rontok)

Rambut adalah hal yang dianggap penting dalam hal penampilan, bukan hanya oleh wanita. Masalah yang dikeluhkan tidak sedikit orang adalah masalah rambut rontok.

Masalah kerontokan ini utamanya sangat dikhawatirkan oleh para wanita. Memiliki rambut indah, kuat dan sehat tentu menjadi keinginan.

Rambut merupakan mahkota kepala. Meskipun sepele, tetapi rambut rontok dapat mengakibatkan rasa percaya diri menurun.

Cara Mengatasi Rambut Rontok (Penyebab Rambut Rontok)

Biasanya seseorang akan mengalami kerontokan sekitar 100 helai rambut per harinya. Kondisi ini sebenarnya normal...

...hal itu karena rambut mengalami tiga fase yaitu pertumbuhan, istirahat, dan kerontokan.

Kerontokan pada pria biasanya berbentuk garis rambut yang bergeser naik, dan penipisan rambut di bagian ubun-ubun dan samping kepala.

Pola kerontokan rambut pada wanita biasanya menipis di bagian atas kepala saja.

Penyebab rambut rontok
Penting kiranya untuk mengetahui penyebab rambut rontok, langsung saja berikut di bawah ini:

#1. Jarang Keramas, membuat rambut jadi berminyak dan lembab, yang memicu kerontokan rambut.

#2. Gangguan Emosional, resiko kerontokan rambut bisa meningkat pada seseorang yang merasa tertekan jiwanya, atau mengalami stres berlebihan.

Kondisi tertkean atau stres membuat otot syaraf yang ada di kepala menegang, yang dapat menyebabkan akar syaraf rambut melemah, sehingga terjadi kerontokan rambut yang parah.

#3. Gangguan Hormon, beberapa hormon memicu rambut rontok, yaitu Hormon Alopesia Androgenetik, Hormon Dihydro Testosterone (DHT), dan Hormon Alopesia Areata.

Kerontokan karena hormon umumnya merupakan penyakit keturunan, selain itu juga bisa karena dalam kondisi tertentu, sepert masa kehamilan pada wanita.

#4. Pengaruh Gizi dan Vitamin. Asupan gizi dan vitamin yang kurang menyebabkan rambut mudah rontok.

#5. Penggunaan Bahan Kimia. Perawatan rambut yang berlebihan dengan menggunakan bahan kimia bisa membuat rambut rontok. Pewarnaan rambut yang terlalu sering juga memicu kerusakan rambut.

Untuk itu, penting menteliti sebelum melakukan penggunaan zat kimia, pastikan aman dengan bertanya kepada ahli kesehatan rambut.

#6. Alat Penata Rambut. Untuk menunjang penampilan, kaum wanita rela meluangkan waktu berjam-jam di salon.

Padahal perawatan dengan menggunakan alat pencatokan dan pengeritingan rambut bisa berdampak buruk bagi rambut, berupa membuat akar rambut menjadi kering dan rambut rentan patah.

Alat keriting, berupa rambut dililitkan membuat akar rambut tertarik, yang membuat rambut menjadi pecah-pecah dan bercabang.

Penggunaan alat hair dryer atau pengering rambut yang terlalu sering, mengakibatkan rambut menjadi cepat kering dan membuat akar rambut patah.

loading...

#7. Efek Samping Obat. Dimana, ada beberapa obat yang memberikan efek samping berupa rambut rontok, yaitu obat pengencer darah, obat kemoterapi, obat depresi dan kontrasepsi.

#8. Terlalu kencang meikat rambut, menyebabkan akar rambut tertarik, sehingga membuat terjadinya kerontokan. Apabila memang ingin (terpaksa) mengikat rambut dengan kuat, usahakan tidak lebih dari dua jam.

#9. Penyakit kronis seperti lupus dan diabetes, dan kemoterapi berdampak secara menyeluruh pada kulit kepala, wajah, dan tubuh. Kemoterapi tidak bersifat permanen, yaitu rambut bisa tumbuh normal kembali setelah beberapa bulan berhenti kemoterapi.

#10. Kehamilan. Penyebab kerontokan rambut pada masa kehamilan terjadi secara alami, yang bisa pulih kembali setelah 3 bulan pasca melahirkan.

#12. Sinar Matahari Serta Polusi. Terlalu lama berada dibawah sinar matahari beresiko menurunnya kesehatan rambut, berupa berkurangnya keratin rambut. Keratin adalah protein yang ada di rambut, kuku dan gigi. Fungsi keratin untuk rambut yaitu menjaga kesehatan rambut agar tetap berkilau.

#13. Rokok mengadung zat adiktif yang merusak organ tubuh, seperti paru-paru, jantung dll. Rokok juga sangat berpengaruh terhadap kesuburan rambut. Penelitian yang diterbitkan di jurnal Archives of Dermatology, menyebutkan bahwa rokok dapat merusak suplai darah ke folikel rambut.

Ramuan untuk mengatasi rambut rontok

#1. Minyak Zaitun (untuk menguatkan akar rambut)
Minyak zaitun mengandung minyak esensial yang bermanfaat untuk menguatkan akar rambut.

Balurkan minyak zaitun pada kulit kepala dan sepanjang rambut, lalu diamkan saja selama 15 menit. Setelah itu baru dibilas dengan air hangat. Lakukan seminggu sekali.

Penting untuk menggunakan minyak zaitun murni, untuk itu perlu menteliti sebelum membeli minyak zaitun, hal itu karena di pasaran banyak juga produk minyak zaitun yang dicampur bahan-bahan lain (sehingga tidak murni).

#2. Santan
Penggunaan ramuan dengan bahan santan untuk menguatkan rambut dan membuat berkilau.

Untuk membuat ramuannya, pertama-tama buatlah 1 liter santan, setelah itu direbus hingga mendidihh, tapi jangan sampai pecah.

Lalu gunakan pada rambut sambil dipijat-pijat (sebelumnya rambut dibersihkan). Diamkan sebentar, lalu cuci rambut menggunakan air bersih.

Perawatan menggunakan ramuan santan ini, bisarankan dilakukan sebanyak dua kali dalam sebulan.

Setelah menggunakan ramuan santan, hasil yang diperoleh yaitu rambut kamu terasa licin dan berkilau.



#3. Bawang Merah
Pemanfaatan bahan bawang merah ini, utamanya untuk memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala

Untuk membuat ramuannya, pertama-tama ambil beberapa butir bawang merah, parut, lalu berikan sedikit air.

Setelah itu, saring parutan bawang merah tadi, lalu oleskan pada kulit kepala.

Setelah selesai mengoleskan, biarkan selama 15 menit, setelah itu bersihkan ramut menggunakan ar bersih, lalu keramas.

Bawang merah mengandung minyak atsiri yang berfungsi sebagai anti bakteri, yang mencegah kerusakan rambut dan rambut rontok.

#4. Lidah Buaya (untuk menyuburkan rambut)
Selain mencegah rambut rontok, lidah buaya juga bermanfaat untuk menyuburkan rambut, dimana ini penting guna meggantikan banyak rambut yang sudah rontok.

Untuk penggunannya, pertama-tama ambilah gel atau lendir lidah buaya. Setelah itu, oleskan pada rambut mulai dari kult kepala hingga ujung rambut.

Setelah selesai, diamkan beberapa saat (5-10 ment), setelah itu bilas menggunakan air bersih (air mengalir).

Penggunaan bahan alami lidah buaya ini, bisa dlakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

#5. Campuran teh hijau & daun seledri
Beberapa yang perlu dipersiapkan:
  1. Handuk kecil bersih 1 buah.
  2. Teh Hijau dan daun seledri yang diseduh
  3. Mentium dan lemon yang direndam dengan air hangat.

Siapkan bahan-bahan tersebut, setelah semua disiapkan, ambillah 1 handuk kecil bersih lalu rendam handuk itu ke dalam air hangat yang berisikan mentium dan lemon selama 4-5 menit.

Lalu peras handuk tersebut, setelah itu tutuplah kepada menggunakan handuk, biarkan selama 10 menit.

Dalam kondisi ini, kondisikan agar badan dan pikiran merasa tenang (rileks), hindari strees.

Setelah 10 menit tersebut, lalu teteskan teh hijau dan selendri secara bertahap ke kulit kepala, sembari juga memijat kulit kepala agar tetesan menyerap dengna baik ke kulit kepala.

Terakhir, bilas rambut dengan air hingga bersih.



#6. Minyak Kemiri
Minyak kemri sering digunakan untuk mengatasi rambut rontok pada jaman dahulu hingga sekarang. Di masa kini, cukup mudah untuk memperoleh minyak kemiri, banyak ditemui di toko-toko obat herbal.

Untuk penggunaanya cukup mudah, dengan meneteskan beberapa tetes minyak kemiri ketelapak tangan, lalu usapkan ke seluruh rambut (hingga juga pada akar rambut), lakukan secara secara merata.

Setelah itu, diamkan saja selama 1 jam, bisa sambil memberikan pijatan secara perlahan pada kulit kepala.

Setelah 1 jam tersebut, maka baru membersihkan rambut menggunaka air bersih, disarankan untuk melakukan shampo.

#7. Jeruk Nipis
Jeruk nipis mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan rambut, selain itu juga dapat diandalkan untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Untuk menggunakannya, pertama-tama potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian, setelah itu gosok-gosokan potongan jeruk nipis ke rambut.

Setelah itu, diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas rambut menggunakan air hingga bersih.

Beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasi rambut rontok
Selain menggunakan salah satu jenis ramuan yang disebutkan diatas, penting untuk memperhatikan beberapa hal, yaitu:

#8. Terapkan gaya hidup sehat
Tubuh yang sehat akan memberikan dampak yang baik juga pada rambut. Sehingga penting memperhatikan gaya hidup sehat.

Selain juga merawat rambut dengan baik, juga perlu memulai menerapkan gaya hidup sehat, seperti melakukan olahraga yang ringan (jongging, bersepeda, dsb).

Lalu pentng untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dan kaya akan kandungan protein.

Tahukah kamu, bahwa rambut terbuat dari protein? Untuk itu, mutlak bagi Anda untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Terutama sayur ataupun buah yang mengandung vitamin B, zat besi, kalsium dan mineral seng. Terakhir, penuhi kebutuhan minum air puth yang cukup.



#9. Melakukan teknik pemijatan
Melakukan pemijatan akan membantu merangsang sirkulasi darah dan  membantu menjaga folikel rambut agar tetap aktif.

Dlansir dari detik.com, keuntungan memijat kulit kepala auntuk meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala, yang membuat akar rambut menerima nutrisi lebih cepat, serta dapat mendorong racun keluar dari kepala, hal ini membuat sel-sel rambut akan menjadi lebih baik.

Memijat kulit kepala bisa dilakukan dengan tangan tanpa bantuan apa-apa saat kepala kering ataupun menggunakan minyak.

Dalam melakukan pijatan dengan tangan, gunakan ujung jari untuk menggosokkan kulit kepala secara melingkar. Apabila Anda mulai merasakan geli pada kulit kepala, berarti pijatan sudah bekerja.

Mulailah memijat dari kepala bagian depan dan perlahan-lahan ke bagian belakang.

Lakukan pemijatan dalam dua hingga tiga menit. Waktu terbaik untuk melakukan pijatan adalah sebelum mencuci rambut.

Memijat kulit kepala dengan minyak, akan memberikan manfaat lebih, yang akan melumasi kulit kepala sehingga terhindar dari ketombe.

Penggunaan minyak juga untuk meremajakan kulit kepala yang kering, mendorong produksi minyak alami rambut, melembutkan rambut dan mengatasi masalah rambut seperti masalah ujung rambut bercabang dll.

Berbeda dengan pemijatan tanpa minyak, pemijatan menggunakan minyak hanya bisa dilakukan maksimal satu minggu sekali.

Pemijatan menggunakan minyak, disarankan pergi ke salon untuk memperoleh pemijatan dari ahlinya.

#10. Sarapan
Manfaat sarapan juga baik untuk kesehatan rambut. Ketika sarapan, utamakan mengkonsumsi makanan yang kaya protein, gizi dan vitamin yang baik untuk kesehatan rambut.

Kekurangan protein yang berasal dari makanan seperti  daging merah, telur, ayam dll, mengakibatkan pertumbuhan keratin rambut tidak optimal.

Untuk itu, hindari “sifat” malas sarapan, mulailah secara rutin untuk selalu melakukan sarapan.

Secara umumn, penting untuk menjaga pola makan agar rambut tidak mudah rontok. Kerontokan rambut juga terjadi karena gizi yang tidak seimbang.

Sebab kerontokan yang paling umum adalah masalah anemia (kekurangan sel darah merah).

Untuk mencegah / mengatasi anemia maka perlu mengkonsumsi asupan makanan yang kaya zat besi, guna menyeimbangkan kadar sel darah merah.

Konsumsilah makanan seperti Ikan dan sayuran hijau, yang menjadi pilihan tepat.

Selain itu, asupan vitamin C berfungsi untuk mengasimilasi zat besi dalam tubuh, sehingga disarankan konsumsi buah kaya vitamin C, seperti jeruk, stroberi dll.

#11 Hindari Stress
Rasa stres pada jiwa bisa memicu kerontokan rambut. Hormon yang dilepas di dalam tubuh saat stres dapat memengaruhi penyerapan vitamin B yang dibutuhkan untuk pigmentasi...

Sehingga tingkat stres tinggi membuat seseorang lebih cepat beruban.

Raas emosional juga dapat menyebabkan alopecia, sebuah kondisi berupa sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel rambut. Sehingga menyebabkan rambut mudah sekali rontok.

Sehingga, penting untuk merelaksasi tubuh agar tenang dan tidak banyak pikiran yang aneh-aneh, serta penuhi kebuhutan tubuh akan asupan suplemen vitamin B kompleks.

#12. Hindari makanan pedas, berlemak jenuh, dsb
Apabila Anda memiliki kegemaran konsumsi makanan yang panas atau makanan yang ekstra pedas. Maka hati-hati, karena ini bisa menjadi salah satu pemicu rambut menjadi cepat rontok.

Ketika konsmusi makanan yang ekstra pedas, pasti akan muncul keringat, terlebih pada bagian kepala. Keringat yang berlebih pada daerah kepala membuat rambut menjadi lepek, hal ini mengakibatkan kerontokan pada rambut.

Dilansir dari mensmagazine.com, para peneliti mengatakan bahwa perubahan pola makan menjadi lebih sehat dapat memperlambat atau menghentikan kerontokan rambut.

Utamanya, penting untuk menghindari asupan tinggi lemak jenuh. Selain itu, lemak jenuh juga menjadi ‘biang” dari tingginya resiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Studi dari pria Jepang, yang jarang menderita kerontokan rambut, telah menemukan hubungan antara pertumbuhan rambut yang sehat dan diet Jepang, yaitu membatasi asupan lemak jenuh.

Penangangan dengan obat-obatan
Dilansir dari alodokter.com, untuk mengatasi rambut rontok dengan obat-obatan, terdapat beberapa jenis, yaitu:

#Losion Minoxidil
Untuk merasakan manfaat obat ini, dianjurkan menggunakannya selama beberapa bulan. Sampai saat ini, tidak ditemukan kasus berupa efek samping signifikan yang dikeluhkan penggunanya.

Jika pemakaian jenis obat Losion Minoxidil dihentikan, maka rambut yang baru tumbuh dapat rontok kembali dalam 2-3 bulan.

Minoxidil digunakan untuk menangani kebotakan pada pria dan wanita, tapi cenderung lebih efektif untuk wanita

#Tablet Finasteride
Obat ini terbukti efektif menangani kebotakan pada pria karena secara spesifik mampu menghambat produksi salah satu jenis hormon testosteron.

Walau sangat jarang terjadi, finasteride memiliki efek samping penurunan gairah seks dan disfungsi ereksi.

Obat ini dikonsumsi setiap hari dan manfaatnya terlihat setelah digunakan selama 4-6 bulan. Tetapi jika pemakaian dihentikan, rambut akan kembali rontok.

#Terapi Dengan Steroid
Terapi steroid adalah penanganan khusus untuk kerontokan jenis alopesia areata. Karena alopesia areata disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang akar rambut…

...penanganan dar metode terapi ini secara umum bertujuan untuk menekan kinerja kekebalan tubuh.

Jenis kerontokan ini tidak permanen dan sebagian besar rambut penderita akan tumbuh kembali setelah satu tahun.

Kortikosteroid mengandung hormon steroid, berfungsi untuk menekan kinerja sistem kekebalan tubuh.

Obat ini dinlai efektif untuk menangani alopesia areata yang disebabkan oleh kondisi autoimun.

Selain menekan kekebalan tubuh, kortikosteroid juga berfungsi untuk merangsang akar rambut untuk tumbuh kembali.

Terapi kortikosteroid ada 2 metode, yaitu melalui suntikan atau dioles pada kulit.

Larutan kortikosteroid terbukti paling efektif untuk mengatasi pitak di kepala maupun bagian tubuh lain, misalnya alis mata.

Kortikosteroid yang dioles disebut kortikosteroid topikal. Obat ini berupa krim atau salep. Dokter meresepkan untuk lamanya penggunaannya, biasanya adalah 3-4 bulan.

Obat ini tidak dianjurkan untuk pemakaian pada wajah, karena bisa mengakibatkan penipisan kulit, dan memicu jerawat.


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan