Manfaat Lengkap Daun Sirih Hijau & Merah (Cara Penggunaannya)

Orang dahulu sudah sangat mengenal yang namanya daun sirih, dari dulu nenek-nenek kita sudah terbiasa dengan budaya “nyirih” nya.

Daun sirih sendiri memiliki banyak jenis, yaitu yang berwarna merah, hijau, dan hitam. Yang populer yaitu daun sirih hijau dan merah.

Sirih sudah lama dipercaya oleh para leluhur untuk dijadikan pengobatan alternatif. Adapun budaya “nyirih” itu sendiri untuk memperkuat gigi dan gusi, yang ternyata sudah terbukti hasilnya.

Manfaat Lengkap Daun Sirih Hijau & Merah (Cara Penggunaannya)

Langsung saja, berikut di bawah ini beberapa manfaat daun sirih, beserta ramuannya:

#Air rebusan sirih untuk kesehatan gigi
Khasiat pertama daun sirih yang dibahas adalah untuk kesehatan gigi. Dilansir dari Tribunnews.com bahwa sebuah penelitian terakhir menemukan bahwa air rebusan daun sirih mampu untuk menghilangkan plak, yang manfaatnya seperti kumur-kumur dengan mouthwash, bedanya air rebusan sirih sangat murah, mudah didapat dan alami.

Dengan semakin terjaga kebersihan rongga mulut, maka akan semakin sehat rongga mulut. Sangat penting menjaga rongga mulut dan gigi agar selalu bersih dari plak. Adapun plak di gigi sendiri muncul dari sisa makanan yang tidak dibersihkan.

Keberadaan plak di gigi mengakibatkan radang gusi (gingivitis) dan radang pada jaringan pendukung gigi lainnya, yang bisa membuat gigi berlubangn parah.

Pembersihan plak bisa dengan 2 cara, yaitu mekanis dan khemis. Cara mekanis yaitu dengan menyikat gigi yang baik dan benar, tetapi jika tidak dilakukan dengan benar mengakibatkan pembersihan mekanis tidak maksimal.

Untuk itu, Anda juga bisa melakukan pembersihan dengan cara khemis. Anda bisa mengkombinasikan antara menyikat gigi dan berkumur dengan ramuan khusus.

Apalagi, terkadang membersihkan gigi dari plak dengan menyikat gigi tidak cukup, sehingga karena itu dibuatlah produk mouthwash, yang membantu untuk menjaga kebersihan rongga mulut secara maksimal dengan cara berkumur.

Penggunaan obat kumur ini sangat efektif untuk menghambat pembentukan plak, mencegah perlekatan bakteri dan menghambat pertumbuhannya.

Anda bisa menggunakan mouthwash ala alami, berupa air rebusan sirih. Berdasarkan hasil penelitian bahwa air rebusan daun sirih terbukti untuk menghilangkan plak di dalam rongga mulut.

Untuk pembuatan ramuannya, rebus selembar daun sirih dengan 2 gelas air (atau lebih) sampai mendidih. Kemudian, gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. Lakukan secara rutin.



#Mengunyah daun sirih
Dilansir dari Health.kompas.com, seseorang bertanya kepada dokter, dirinya pernah melihat seorang penjual tanaman memakan selembar daun sirih (dengan dikunyah dan ditelan). Sang penjual bilang bahwa itu bagus untuk kesehatan dan sering melakukannya.

Sehingga timbul pertanyaan, apakah kebiasan memang dapat menyehatkan badan, bagaimana jika dilakukan setiap hari? Apakah ada efek sampingnya?

Maka dijawab oleh sang dokter bahwa daun sirih merupakan sebuah tanaman obat penting di Asia Tenggara. Daun sirih memiliki aroma yang khas karena mengandung minyak esensial yaitu fenol dan terpen.

Menurut Asian Pacific Journal of Cancer Prevention tahun 2011, beberapa manfaat mengunyah daun sirih adalah mmapu mencegah bau mulut dan menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Batang dan daunnya emiliki khasiat untuk mengobati gangguan pencernaan, sembelit, batuk, dan asma. Minyak esensial dari daunnya berguna sebagai antiseptik.

Beberapa penelitian pre-klinik sudah membuktikan bahwa daun sirih memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, anti larva, anti alergi, anti inflamasi, dll.

Daun sirih tidak jarang dikatakan sebagai penyebab kanker di dalam rongga mulut. Namun, tidaklah sepenuhnya benar hal ini...

...hal itu karena kebiasaan di masyarakat, berupa tidak hanya mengunyah daun sirih saja tetapi juga mencampur dengan bahan-bahan lainnya, sebut saja pinang, kapur, dan tembakau.

Sehingga, bahan campuran itu diyakini sebagai penyebab terjadinya kanker di dalam rongga mulut, terutama bahan tembakau.

Perlu juga diketahui, salah satu hasil penelitian pre-klinik menemukan bahwa daun sirih memiliki sifat anti kesuburan, sehingga perlu diinggat hal ini (efek sampingnya).

Untuk mendapatkan khasiat hebat daun sirih, tidak perlu sampai mengunyah dan menelan daun sirih dalam setiap harinya. Karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan...

...seperti tingkat kebersihan daun sirih yang dikonsumsi, serta agar bisa memperoleh hasil yang spesifik dan tepat bagi tubuh, maka perlu standar (resep) yang pas. Dikhawatirkan malah mengakibatkan hal buruk bagi tubuh.

Sebagai saran saja, sudah banyak produk-produk kesehatan yang berbahan baku daun sirih, yang bisa dibeli di pasaran, seperti salah satunya pasta gigi daun sirih. Jika bisa, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter atau ahli herbal mengenai daun sirih ini.

loading...

#Mengobati penyakit asma
Biasanya, penderita asma hanya diberikan obat untuk mencegah asma, atau memperlancar pernafasan. Penyakit asma menyebabkan saluran pernafasan berjalan tidak lancar, yang bisa membuat penderitanya sesak nafas, yang terkadang diiringi dengan (maaf) bengek.

Penderita asma sulit melakukan kegiatan yang berat dalam jangka waktu yang lama. Ketika asma yang diderita kambuh, maka membuat kegiatan menjadi tidak lancar atau terganggu. Banyak penderita asma yang menjauh dari hal-hal yang berdebu.

Bagi anda yang merasakan gejala asma, seperti nafas terasa pendek dan tersenggal-senggal,
Anda bisa menggunakan daun sirih. Rebusan daun sirih untuk mengaatasi gejala-gejala asma.

Membuat ramuan daun sirih untuk mengobati gejala asma, pertama-tama ambil 4-5 lembar daun sirih, lalu rebus daun sirih menggunakan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air saja.

Minum hasil air rebusan tersebut secara rutin, kira-kira 2 kali dalam sehari. Tetapi jika muncul efek samping (yang terasa tidak enak bahkan membahayakan) maka hentikan komsumsi air rebusan daun sirih tersebut. 

Dan pastikan menggunakan daun sirih yang sudah dibersihkan.

Bentuk ramuan lainnya, menurut Vemale.com, yaitu dengan menyiapkan 10 daun sirih yang sudah dicuci, lalu ditumbuk besamaan dengan satu sendok teh lada putih. Lalu dicampur dengan setengah sendok teh minyak kayu putih. Oleskan ramuan ini pada bagian dada dan leher ketika asma kambuh.

#Menyembuhkan radang tenggorokkan
Pembuatan ramuannya, pertama-tama rebus 4-5 daun sirih dalam 2 gelas air hingga mendidih, dan sampai tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan tersebut secara rutin, lakukan 2 kali dalam sehari.

Secara umum, dalam mengobati radang tenggorokan perlu meneliti penyebab radang tenggorokan itu sendiri. Tujuan pengobatan radang tenggorokan guna meringankan atau menghilangkan gejala, mencegah komplikasi, dan mencegah radang kambuh.



Penyebab umum radang tenggorokan yaitu infeksi virus dan infeksi bakteri. Jika penyebabnya karena infeksi virus, maka tubuh mampu secara alami untuk mengatasinya.

Tetapi jika penyebabnya infeksi bakteri maka perlu tindakan lanjut, yiatu menggunakan antibiotik yang sesuai.

Penyebab lainnya, seperti karena alergi, iritasi, maka harus menghindari makanan atau zat yang menjadi penyebab munculnya penyakit.

Bebeapa hal untuk meringankan gejala radang tenggorokan yaitu istirahat  atau tidur cukup, batasi aktifitas fisik yang terlalu melelahkan, jika suara serak maka hindari berteriak, rajin minum cairan hangat, minum banyak air untuk mencegah dehidrasi, menggunakan masker jika lingkungan berdebu, hindari paparan asap rokok. Mediskus.com

#Manfaat lainnya (butuh penelitian para ahli)
Melancarkan haid
Bagi para wanita yang mengalami masa ketika haid atau menstruasi, mungkin tidak suka dengan jamu untuk melancarkan haid, anda bisa mencoba mengkonsumsi rebusan dari daun sirih. Hal ini cukup tertbukti, karena produk obat-obatan yang ada di pasaran banyak yang mengandung ekstark sirih.

Berikut ini langkah-langkah membuat ramuan daun sirih :
  1. Ambil 3-5 lembar daun sirih
  2. Rebus daun sirih hingga mendidih
  3. Tunggu dan diamkan hingga tidak terlalu panas, lalu minum selama masa haid atau masa menstruasi. Konsumsi secara rutin, tetapi tidak perlu konsumsi setiap hari.

Menghilangkan bau mulut
Salah satu manfaat lain dari rebusan daun sirih yaitu menghilangkan bau mulut. Terkadang bau mulut, (terutama setelah mengkonsumsi makanan tertentu) sangat mengganggu. Sehingga, anda bisa memanfaatkan air rebusan dari daun sirih untuk menghlangkan bau mulut.

Pertama-tama ambillah 3-4 lembar daun sirih, lalu rebus daun sirih hingga mendidih, tunggu dan diamkan hingga rebusan menjadi tidak panas, lalu berkumurlah dengan air rebusan tersebut.

Manfaat lainnya dari melakukan ini adalah membersihkan rongga mulut dari kuman, dan mengobati sariawan dan sakit gusi.



Mengobati demam berdarah
Hasil rebusan dari daun sirih diyakini membantu mempercepat penyembuhan penyakiti demam berdarah. Berikut cara memanfaatkan rebusan daun sirih sebagai obat demam berdarah:
  1. Ambil 5-6 lembar daun sirih
  2. Rebus daun sirih menggunakan 2 gelas air
  3. Tunggu hingga mendidih, hingga menyisakan satu gelas air saja
  4. Minumlah hasil rebusan secara rutin, bisa 1 kali dalam sehari.

#Penelitian untuk menemukan manfaat khusus daun sirih merah
Dilansir dari Alodokter.com, beberapa penelitian menyatakan bahwa daun sirih merah mengandung sejumlah flavonoid, alkaloid, tanin, senyawa polifenolat, dan senyawa minyak atsiri. Hanya saja, manfaat daun sirih merah masih bersifat kepercayaan, sehingga masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Pembuktian dilakukan secara ilmiah, dimana sebuah penelitian khusus dilakukan untuk memperoleh standar medis yang faktual, yang menjadi jaminan keamanan pada bahan daun siri untuk dijadikan bahan pengobatan

Sebagai antiseptik
Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui khasiat dari daun sirih merah bagi kesehatan, salah satunya sebagai antiseptik. Sirih merah digunakan sudah sejak lama oleh masyarakat sebagai antiseptik, antidiabetes, antikanker dan mengatasi infeksi. Sayangnya, mengeni hal ini perlu didukung oleh bukti ilmiah yang kuat.

Menurut hasil penelitian, antiseptik dari cairan daun sirih merah lebih unggul dibandingkan sabun non-antiseptik dan sabun antiseptik. Hanya saja, perlu dilakukan sebuah analisisa apakah bakteri yang tersisa tersebut bersifat patogen (menyebabkan penyakit) atau tidak.

Menghambat karies gigi
Penelitian mengungkap manfaat daun siri merah dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi. Karies gigi adalah sebuah bakteri yang menyebabkan gangguan kesehatan gigi.

Menurut penelitian tersebut, manfaat daun sirih merah mampu menghilangkan karies gigi. Hal ini mengingat di dalam siri merah memiliki kandungan senyawa minyak atsiri, flavonoid, alkanoid, dan senyawa fenolik.

Semua senyawa tersebut bersifat aktif terhadap bakteri S. mutans. Hasil yang cukup memuaskan karena minyak esensial sirih merah memiliki efek kuat untuk menghambat pertumbuhan bakteri S. mutans (yang menyebabkan karies gigi).

Bersifat antibakteria pada bakteri tertentu
Penelitian dilakukan untuk membuktikan manfaat daun sirih merah dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Penelitian ini khusus untuk membuktikan sifat antibakteri dari daun sirih merah terhadap Staphylococcus aureus.

Beberapa penyakit kulit, seperti jerawat, bisul, selulitis dll disebabkan oleh bakteri ini. Penyakit lain yang juga bisa disebabkan oleh Staphylococcus aureus adalah meningitis, pneumonia, dan sepsis.

Penelitian ini menggunakan sirih merah menggunakan dua metode, diekstrak dengan mesin berteknologi nano dan diubah ke dalam bentuk serbuk. Hasilnya, keduanya bisa menghambat pertumbuhan bakteri tersebut.

Hanya saja, ekstrak yang dibuat dengan mesin berteknologi nano lebih kuat dibandingkan ekstrak yang berbentuk serbuk.

#Manfaat daun sirih hijau (butuh penelitian lebih lanjut)
Daun sirih hijau memiliki kandungan yang banyak sekali yaitu kavibetol, estragol, hidrosikavicol, minyak atsiri, fenil propane, allylpyrokatekol, caryophyllene, cyneole, cadinene, diastase, tannin, pati, dll.

Menghilangkan bau badan tak sedap. Caranya dengan menumbuk beberapa daun sirih hijau, lalu oleskan pada ketiak. Tumbukan ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti eksim kering dan eksim basah.

Menyembuhkan penyakit asma dan radang tenggorokan. Caranya, rebus 4 lembar daun sirih hijau dengan 2 gelas air, rebus sampai airnya hingga tersisa 1 gelas saja. Lalu minum air rebusannya secara teratur 2 kali sehari.

Melancarkan haid yang tidak teratur, dengan meminum air rebusan daun sirih hijau.

Menghilangkan bau mulut. Caranya, rebus daun sirih hijau sebanyak 3 lembar. Lalu air rebusan itu digunakan untuk berkumur-kumur.

Mengobati sakit gigi dan gusi yang bengkak, dengan menguyah daun sirih hijau satu lembar, lalu diamkan sekitar 10 menit. Lalu bersihkan mulut dengan cara berkumur air hangat. Lakukan pengobatan secara rutin hingga sakit gigi dan bengkak dapat sembuh sedikit demi sedikit.

Mengobati demam berdarah. Caranya, rebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air, rebus sampai tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan daun sirih tersebut secara rutin, bisa 1-2 kali dalam sehari.

Mengobati luka bakar, metodenya yaitu memanaskan daun sirih hingga layu, lalu tempelkan pada kulit yang terkena luka bakar. Dalam beberapa hari, biasanya luka bakarnya merangsur-angsur sembuh.

#Daun sirih sebagai obat jerawat, benarkah?
Dilansir dari Klikdokter.com, seorang bertanya tentang penyembuhan jerawat secara alami menggunakan daun sirih. Maka dokter menjawab, bahwa penyebab pasti jerawat belum diketahui, hanya beberapa hal yang berkaitan dengan munculnya jerawat, seperti faktor hormonal...

...yaitu meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh pria maupun wanita. Hormon testosteron memicu timbulnya jerawat, yang merangsang kelenjar minyak memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.

Selain pengobatan jerawat membutuhkan kesabaran, juga penting pengendalian pola makan, kebiasaan mencuci / memmbersihkan wajah, pengendalian stress, dll.

Keterkaitan makanan dan jerawat masih banyak diperdebatkan, seringkali ditemukan hasilnya individual. Tapi, apabila dicoba dalam jangka waktu tertentu akan memberikan manfaat…

...untuk itu, disarankan konsumsi makanan rendah lemak dan rendah karbohidrat. Konsumsi makanan rendah karbohidrat bisa mempengaruhi kontrol hormonal (agar tidak berlebihan).

Kadar gula dalam darah yang normal bermanfaat untuk mempercepat menghilangkan jerawat. Produk susu dan juga makanan berlemak harus dibatasinya konsumsinya. Makanan-makanan berlemak (dan semacamnya) bisa memicu peningkatan minyak dalam kelenjar sebasea kulit, yang berakibat timbulnya jerawat.

Mengubah pola asupan nutrisi sehari-hari dapat mengatasi masalah kulit berminyak. Makanan berlemak dan makanan yang digoreng harus dibatasi konsumsinya, karena bisa meningkatkan produksi minyak di kulit.

Olahan ikan atau unggas tanpa kulit (yang tidak digoreng) lebih baik dikonsumsi ketimbang ayam goreng.

Hindari makanan pedas, karena makanan pedas bisa meningkatkan produksi minyak pada wajah (selain keringat). Untuk itu, hindari makanan yang terlalu pedas.

Untuk makanan pencegah kulit berminyak, yaitu jeruk yang memiliki serat tinggi dan air, yang membuatnya mudah dicerna. Kandungan vitamin C-nya memiliki antioksidan yang berdampak baik bagi kesehatan kulit.

Minum air putih yang cukup, sangat penting untuk membuat kulit sehat. Disarankan cuci muka dengan sabun muka khusus untuk jerawat.

Adapun, hingga saat ini belum ada penelitian di bidang medis mengenai manfaat daun sirih untuk mengobati jerawat. Untuk itu, sang dokter tidak menganjurkan untuk menggunakannya.

#Hindari tanpa didampingi ahlinya, menggunakan air daun sirih untuk pengobatan mata
Iritasi mata merah (konjungtivitas) adalah penyakit mata yang disebabkan peradangan pada bola mata. Iritasi terjadi karena polusi, alergi, dan infeksi yang disebabkan bakteri, virus, jamur.

Dilansir dari Health.liputan6.com, air perasan daun sirih seringkali dijadikan obat ketika terkena iritasi mata merah. Padahal, menggunakan air daun sirih tidak dianjurkan dalam pengobatan penyakit mata.

Dokter Spesialis Mata dan Direktur Jakarta Eye Center, Dr. Johan Hutahuruk, MD, menjelaskan air daun sirih bisa membunuh kuman yang menjadi penyebab terjadinya iritasi pada mata. Tetapi yang ditekankan adalah dalam penggunaan air daun sirih harus diproduksi dengan benar, dan tidak asal-asalan.

"Kalau Anda mengambil daun sirih langsung dikucek-kucek atau ditetes ke mata, akan membuat mata menjadi jamuran. Karena itu tergolong tidak steril dalam pengobatannya. Akibatnya bisa sampai kornea, bisa membuat dia buta," kata Dr. Johan Hutahuruk, MD di Amaris Hotel Thamrin City, Jakarta (2013).

Johan Hutahuruk menghimbau para pasien tidak mengobati penyakit mata seorang diri. Segera ke Puskesmas agar ditangani langsung oleh ahlinya.


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan