7 Manfaat Bunga Mawar Untuk Kesehatan, Kecantikan, Wajah, Rambut, Bibir, dll

Bunga mawar sudah sangat terkenal, biasanya yang kita jumpai adalah yang berwarna merah.

Kita dapat mencari mawar di florist atau di pasar tradisional. Bunga mawar ini sering disimbolkan sebagai simbol kasih sayang.

Kesan romantis dari bunga mawar semakin kuat, karena terlihat dari keindahan warna serta aromanya.

Tahun 1968, presiden Amerika Serikat meresmikan bunga mawar sebagai bunga nasional negaranya. Hal ini membuat sekitar 80% konsumsen bunga mawar di seluruh dunia adalah pendudu di negara Amerika Serikat.

Manfaat Bunga Mawar

Aroma mawar sejak dulu dipercaya mampu mengatasi stress dan juga sebagai anti-depresi. Sehingga tidak jarang bunga mawar serng digunakan sebagai bunga hias, yang sering diletakan di dalam rumah, ataupun diteras rumah.

Kandungan zat yang memang memberikan efek menenangkan pada mawar, menjadi terapi alami untuk meringankan sakit kepala yang dialami.

Mawar merupakan aalah satu jenis tanaman yang berasal dari genus Rosa, terdiri atas 100 spesies lebih, umumnya tumbuh di bumi bagian utara, karena disana memiliki hawa yang sejuk...

Tanaman mawar membutuhkan udara sejuk untuk tumbuh dan berkembang, sehingga mawar bukannlah tanaman tropis.

Bunga mawar yang sering dijumpai berwarna merah atau putih, tetapi bunga mawar memiliki banyak variasi warna seperti hijau, biru dan merah muda.

Faktanya terdapat 100-150 spesies mawar yang tersebar di bumi ini. Hanya sebagian kecil yang tumbuh di Asia Tenggara (daerah tropis).

Bunga mawar masih kerabat dekat dengan buah-buahan seperti apel, pir, ceri dan almond. Dan yang menakjubkannya, kandungan vitamin C pada kelopak mawar lebih besar dari buah-buahan yang disebutkan tersebut.

Manfaat bunga mawar:

#1. Untuk kesehatan dan kelembaban kulit wajah
Kandungan polifenol pada mawar berfmanfaat untuk melembabkan kulit. Disamping itu mawar memiliki zat omega 3 dan omega 6 yang berfungsi untuk memperbaiki kerusakan kulit, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, sehingga bisa memiliki kulit yang cantik dan lembut.

Kandungan vitamin C  yang tinggi berfungsi untuk meningkatkan kolagen di dalam tubuh, yang salah satu manfaatnya untuk menyehatkan mata.

Bagi kaum wanita, memiliki beberapa bagian tubuh yang sangat diperhatikan seperti betis, leher dan lengan bawah. Untuk itu, harus dilakukan perawatan, seperti dengan memanfaatkan air mawar.

Air mawar memiliki fungsi untuk menyeimbangkan sabun dan PH pada kulit. Anda bisa dengan mudah untuk membuat air mawar sendiri...

...caranya rebus kelopak bunga mawar menggunakan api yang kecil, lalu suling airnya, dan gunakan air sulingan mawar tersebut.



Air mawar bisa digunakan sebagai antiseptik dalam merawat wajah, serta dapat memberantas jerawat. Kondisi jerawat membuat kulit wajah mengalami peradangan. Air mawar dapat mengatasinya, dengan mencuci muka dengan air mawar secara rutin 1-2 kali dalam sehari.

Air mawar disarankan penggunannya karena memberikan perlindungan pada kulit, yang melembabkan kulit secara alami.

Kandungan vitamin E dan vitamin A bermanfaat untuk menjadikan kulit wajah lebih cerah dan juga terasa segar. Untuk pengunannya: ambil kapas lalu celupkan pada air, tepukkan pada wajah secara merata...

...usahakan pembersihan memakai air mawar yang sudah didinginkan, hal ini untuk memberikan efek lebih segar pada kulit wajah.

Kandungan vitamin C tinggi membuat mawar bisa berfungsi sebagai antioksidan alami untuk menangkal paparan radikal bebas pada wajah. Sehingga berguna untuk menjadikan kulit tetap kencang dan mengurangi kerutan pada wajah.

#2. Menyegarkan mata hitam akibat kurang tidur
Contohnya pada orang yang mnderita susah tidur (insomnia), bekerja lembur, kerja shift malam, begadang, dll. Hal tersebut memberikan resiko di sekitar mata terlihat area mata hitam (sering disebut “mata panda”).

Cara mengatasinya: Kompres-lah air mawar dengan kapas yang dicelupkan pada air mawar, lalu tinggal tempelkan pada area mata, lakukan secara rutin (setiap hari) hingga warna hitam di mata hilang.

#3. Mengobati jerawat secara alami
Untuk mengurangi jerawat di wajah, bisa diatasi dengan mencuci wajah menggunakan air hangat yang dicampur dengan bunga mawar. Setelah itu wajah menjadi terlihat bersih, segar dan cerah.

Mawar sebagai pelembab yang baik, pada kelopak mawar mengandung sifat antibakteri yang berfungsi untuk mengeringkan jerawat. Zat fenil etanol, senyawa antiseptik, membuat air mawar efektif untuk mengatasi masalah jerawat.

loading...

#4. Khasiat Kembang Mawar untuk Rambut
Air mawar (bisa berasal dari pabrik) dapat dijadikan penyejuk yang juga menutrisi kulit kepala dan menjaga kelembaban rambut. Untuk merasakan khasiat ini, maka Anda bisa keramas menggunakan shampo, dengan meneteskan sedikit air mawar di rambut...

...hingga aroma wangi yang dimiliki mawar akan terasa. Selain saat shampo, saat rambut dalam keadaan basah, Anda bisa memberikan air mawar di rambut.

Air mawar juga merangsang pertumbuhan rambut, sehingga sangat penting untuk mencegah dan mengatasi kebotakan. Selain itu, juga bisa dijadikan penghilang ketombe dan pembasmi kutu rambut secara alami.

Sehingga, ketika dalam keadaan rambut mudah kering, banyak ketombe, kotor-kotor hingga iritasi, maka manfaatkan air mawar ini. Mawar mengandung antiseptik alami yang mampu untuk membersihkan rambut dan kulit kepala.

Bunga mawar memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang menjaga kesehatan rambut, yang banyak mengatasi masalah rambut, berupa ketombe, iritasi kulit kepala, rambut kotor, rambut kering, dll.

#5. Mengurangi Stres
Aroma harum bunga mawar mampu menghilangkan perasaan yang tidak enak (walaupun tidak selalu), sehingga timbul rasa nyaman dan stres yang mungkin dialami dapat hilang, dan jiwa kembali tenang. Masyarakat romawi kuno memakai bunga mawar sebagai obat mengatasi despresi.

Kelelahan dan stres yang dialami, juga memicu insomnia (susah tidur) dan kegelisahan yang sangat. Menurut sebuah studi oleh pihak Departemen Fisiologi dan Patologi / LTF, Universitas ParaĆ­ba-Caixa, mencium bau (menghirup) mawar menghasilkan efek penenang.

Sebagai tips, Adna bisa mandi air panas (hangat) sembari mentaburi beberapa kelopak mawar di air mandi. Air yang panas (hangat) akan melepaskan aroma mawar, membuat santai pikiran dan tubuh.



#6. Mencerahkan warna bibir
Memerahkan bibir secara alami sudah banyak dilakukan oleh wanita yang ingin mengatasi bibir cenderung hitam dan kasar. Dimana bibir menjadi daya tarik seorang wanita, sehingga punya bibir yang merah sangat diidam-idamkan oleh para wanita.

Resep alami untuk memerahkan bibir adalah air mawar. Air mawar bisa diandalkan untuk memerahkan bibir, sehingga para wanita tidak perlu lagi sering-sering mengoleskan lipstik karena bibir sudah berwarna merah alami.

Cara menggunakan air mawar, yaitu dengan mengolesi bibir menggunakan kapas yang telah ditetesi air mawar, utamakan dilakukan sebelum tidur.

Anda juga bisa mengunakan jeruk nipis untuk memerahkan bibir, caranya buatlah jeruk nipis yang dicampur 2 sendok makan air hangat, lalu oleskan pada bibir secara merata.

Untuk memerahkan bibir, Anda juga bisa menggunakan sedikit madu. Hanya dengan mengoleskan secara merata, tunggu sekitar 15 menit, lalu bilas bibir dengan air hangat...

...adapun penggunaan madu yang paling disarankan adalah sebelum tidur, karena saat tidur tersebut madu akan bekerja untuk mempercepat regenerasi sel-sel pada bibir.

#7. Manfaat bunga mawar untuk kecantikan
Orang-orang Romawi kuno dan Yunani memanfaatkan kelopak mawar sebagai parfum mandi mereka. Banyak produk kecantikan yang saat ini menggunakan mawar sebagai bahan utamanya.

Dengan bunga mawar dapat dijadikan toner alami, hanyan dengan membuat bola kapas, lalu bersihkan wajah untuk menghilangkan kotoran, yang juga dapat mengencangkan pori-pori

Minyak alami yang ada di dalam mawar membantu melembabkan kulit, menghaluskan kulit dan melembutkan kulit.

Disarankan menggunakan beberapa tetes air mawar dimasukan ke dalam air mandi, untuk mendapatkan khasiat kulit bersinar.



Sifat anti-bakteri pada bunga mawar memiliki manfaat penting untuk mengatasi jerawat, serta mencegah jerawat timbul kembali.

Mawar juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang berguna untuk mengatasi kulit iritasi, kemerahan, hingga eksim. Adapun kandungan vitamin C sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan radikal bebas.

{Penutup} Beberapa hal penting yang perlu diingat dalam memanfaatkan bunga mawar ini:
  1. Sebelum menggunakan masker, gunakan air mawar sebagai pelapis. Caranya, bubuhkan kapas yang sudah dibasahi air mawar ke wajah.
  2. Air mawar dipercaya berfungsi sebagai anti-bakteri yang mampu mencegah iritasi pada wajah, serta melembabkan kulit yang kering.
  3. Agar wajah tetap segar dan terlhiat cerah, semprotkan air mawah ke permukaan wajah.
  4. Membilas rambut menggunakan ramuan mawar, berguna agar rambut lebih lembut dan harum sepanjang hari.
  5. Tidak sedikit kulit terbakar atau iritasi setelah terpapar sinar matahari. Untuk mengatasinya, gunakan air air mawar, dengan mengoleskan secara perlahan di bagian kulit yang bermasalah. Melakukan hal ini, dipercaya bisa mendinginkan kulit.
  6. Mencampur air mawar dengan air di bak mandi, tidak hanya membuat tubuh lebih harum, selain itu memberikan sensasi rasa tenang, nyaman dan fun.

Sumber: Thehealthsite.com | Lifestyle.sindonews.com | Lainnya


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan