19 Manfaat Vitamin A Untuk Mata, Kulit (Sumber Makanan, Akibat Kelebihan & Kekurangan Vit A)

Vitamin A adalah salah jenis vitamin yang larut dalam lemak. Banyak orang yang hanya mengetahui bahwa Vitamin A untuk kesehatan mata saja...

...padahal sebenarnya, vitamin A memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Hanya yang populer di masyarakat vitamin A sangat penting untuk organ penglihatan / mata.

Vitamin A mengandung retinol, asam retinoat, retinal, dan beberapa karotenoid provitsmin A dan beta karoten.

Pada tahun 1931, kimiawan dari negara Swiss yang bernama Paul Karrer, menggambarkan struktur kimia vitamin A.

Vitamin A pertama kali disintesis pada tahun 1947, oleh dua ahli kimia Belanda, yaitu Jozef Ferdinand Arens dan Adriaan van Dorp David.

Sumber makanan vitamin A

Untuk jenis Vitamin A umumnya, yaitu retinoid yang berasal dari produk hewani, dan beta-karoten yang berasal dari tumbuhan.

Berikut fungsi (manfaat) vitamin A bagi kesehatan tubuh manusia:

#1. Sistem Imun. Vitamin A berperan sebagai sistem inum eksternal, yang befungsi untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, bakteri, virus, jamur dan patogen. Mencukupi asupan vitamin A adalah hal yang penting guna meningkatkan kekebalan tubuh.

keberadaan vitamin A berfungsi untuk mencegah infeksi yang ditimbulkan oleh parasit. Contohnya, bakteri yang masuk melalui saluran pernafasan.

Dengan mengkonsumsi vitamin A yang mencukupi bagi tubuh, bermanfaat agar tubuh membentuk senyawa yang dapat melindungi tubuh dari serangan virus, kuman, bakteri, jamur, dan pantogen...

...yang berbgai serangan terhadap tubuh bisa dari radikal bebas, makanan yang dikosumsi, obat obatan, udara dan kondisi cuaca disektiar.

Sistem kekebalan tubuh yang lemah, membuat tubuh rentan terserang penyakit, peran Vitamin A ini yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit.

loading...

#2. Kesehatan mata. Vitamin A berperan penting dalam membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak, dalam bentuk sebuah gambar. Senyawa yang berperan ini dinamakan retinol.

Senyawa retinol yang tinggi pada vitamin A, berfungsi membuat mata agar mampu dengan baik untuk menangkap cahaya dan objek apapun yang diterima oleh retina menuju saraf otak, yang setelah itu visualisasikan secara akurat.

Vitamin A sangat berperan penting dalam mejaga, melindungi dan meningkatkan kualitas organ mata dalam melihat.

Penelitian juga sudah banyak yang membuktikan, bahwa penyebab utama dari kebutaan yang alami orang-orang, karena kurangya asupan vitamin A bagi tubuh pada saat mereka masih anak-anak.

Dalam sebuah studi yang disponsori oleh National Eye Institute, hasilnya bahwa orang yang berisiko tinggi untuk penyakit pada organ matanya...

...lalu diminta memenuhi kebutuhan konsumsi harian beberapa vitamin harian seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, beberapa mineral, hal ini mengurangi risiko degenerasi makula selama periode enam tahun sebesar 25%.

Studi juga menunjukkan bahwa tetes vitamin A efektif untuk pengobatan mata kering. Vitamin A benar-benar penting dalam kemampuan penglihatan...

...seperti agar mata dapat menyesuaikan diri dengan perubahan cahaya, menjaga kelembaban mata dan meningkatkan penglihatan pada malam hari.

Vitamin A berkontribusi pada kondisi retina yang sehat, juga mencegah kebutaan malam dengan meningkatkan adaptasi dari mata manusia untuk kedua cahaya terang dan gelap.

#3. Antioksidan. Radikal bebas (oksidan) merupakan molekul-molekul yang sangat reaktif di dalam tubuh, yang hakekatnya dapat merusak bio molekul penting di dalam sel-sel, termasuk DNA...

...akibatnya besarnya resiko tubuh terkena penyakit berbahaya seperti serangan jantung, kanker hingga masalah penuaan dini. Kompasiana.com

Salah satu bentuk Vitamin A yang dikenal dengan beta Karoten, itu adalah bentuk sebuah senyawa berupa antioksidan, yang berfungsi menangkal radikal bebas.

Kandungan retinol yang terkandung di dalam vitamin A bekerja cukup aktif untuk menghambat partikel beracun yang dibawa oleh radikal bebas, baik itu dari dalam tubuh maupun luar tubuh.

Senyawa antioksidan bekerja untuk mencegah terjadinya kerusakan genetik atau DNA dan RNA .

Vitamin A memiliki sifat antioksidan yang menetralisir radikal bebas dalam tubuh yang beresiko pada kerusakan jaringan dan sel.

Vitamin A dapat mencegah sel-sel terlalu aktif. Ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap protein makanan, yang akhirnya menimbulkan alergi makanan dan peradangan.

Sehingga vitamin A juga membantu untuk mencegah timbulnya beberapa jenis alergi makanan, karena perannya untuk mencegah bahaya reaksi berlebihan ini.



#4. Mencegah kanker. Pentingnya mencukupi asupan Vitamin A bagi tubuh berguna dalam menghambat dan mencegah munculnya DNA yang tumbuh subur di dalam sel kanker yang ada di dalam organ tubuh seperti paru paru, usus, payudara, serviks, prostat dan hati.

Kandungan Vitamin A diyakini mampu mencegah terjadinya kanker, hal itu Karena Vitamin A bekerja untuk menekanan pertumbuhan DNA pada sel-sel kanker, secara umum untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

Dalam studi laboratorium dan hewan, menemukan hasil penelitiannya bahwa kandungan kadar antioksidan eksogen telah terbukti berfungsi untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang berhubungan dengan perkembangan kanker.

Para peneliti telah menyelidiki, apakah konsumsi suplemen antioksidan diet membantu menurunkan risiko kanker pada manusia.

Banyak penelitian observasional yang dilakukan untuk menyelidiki apakah penggunaan suplemen antioksidan makanan dikaitkan dengan risiko penurunan kanker pada manusia.

Secara keseluruhan, studi ini menghasilkan hasil yang beragam, hal itu karena studi berbentuk observasional tidak memadai dalam mengontrol (semua faktor), yang mungkin bisa mempengaruhi hasil penelitian (sehingga tidak akurat karena beberapa faktor)…

....untuk itu, hasil dari setiap studi observasional individu harus dilihat dan dicertami dengan hati-hati. Cancer.gov

Kanker lambung
Tetapi pada tahun 2009, publikasi sebuah penelitian yang sudah dilakukan selama  15 tahun, menemukan bahwa tidak ada perbedaan (signifikan) penurunan risiko kematian akibat kanker lambung bagi mereka yang konsumsil suplemen antioksidan dibandingkan dengan mereka yang tidak. Cancer.gov

Kanker payudara
Kanker payudara adalah penyakit super mengerikan untuk wanita, yang perlu segera ditangani. Vitamin A mampu mencegah penyakit kanker payudara.

Berdasarkan penelitian para ahli di negara Amerika, menemukan hasil penelitian bahwa Vitamin A dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara pada wanita.

Vitamin A memang tidak secara langsung menghambat sel kanker tersebut, melainkan melalui turunannya, yaitu asam retionat atau retinol.

Kanker secara umum
Menurut sebuah studi yang dilakukan di University of York, vitamin A membantu mengobati beberapa jenis kanker, dengan perannya yang mampu untuk mengontrol sel-sel ganas dalam tubuh.

Senyawa asam retinoat memiliki peran penting dalam permasalahan perkembangan sel, serta pengobatan kanker.

Masalah kanker seperti pada paru-paru, prostat, kandung kemih, payudara, ovarium, mulut, dan kulit telah terbukti bisa diturunkan resikonya oleh asam retinoat.

Para peneliti menemukan bukti yang menunjukkan bahwa mekanisme molekuler dalam asam retinoat dapat mengontrol kondisi sel-sel kanker '.

Dosis tinggi asam retinoat dapat menyebabkan sitotoksisitas, itu berarti dapat menjadi "pemusnah" bagi sel-sel (yang merusak), untuk mencegah atau menekan perkembangan sel kanker.

Perlu diingat selalu, yang terbaik adalah memperoleh asupan vitamin A dari sumber alami, sehingga tidak selalu mengandalkan suplemen vitamin A.




#5. Mencerahkan Kulit. Ketika menghadapi masalah berupakulit yang terlihat kusam atau tidak enak dilihat, maka disarankan untuk segera mencukupi kebutuhan vitamin A, karena manfaaatnya yang dapat mengatasi dan mencegah terjadinya penuan dini.

Yang artinya membuat kulit menjadi cerah. Manfaat ini diperoleh karena pada Vitamin A terdapat kandungan retinol yang bergabung dengan AHA (Alpha Hydroxyacid), yang memberikan efek kelembapan untuk kulit wajah.

Adapun kekurangan vitamin A akan menyebabkan pengeringan, dan penebalan folikel kulit. Dimana sel-sel epitel kehilangan kelembaban dan menjadi keras dan kering.

Vitamin A juga diperlukan untuk penyembuhan luka, dan mengoptimalkan proses pertumbuhan kulit.
Sebuah penelitian membuktikan bahwa vitamin A dapat melawan jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Vitamin A mengatasi masalah yang berkaitan dengan garis dan kerutan di kulit, yaitu dengan memproduksi lebih banyak kolagen, yang berfungsi untuk menjaga kulit tampak muda.

Vitamin A melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan racun yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Hal ini penting untuk membantu menjaga kulit yang lembut dan lentur

#6. Kekebalan tubuh. Vitamin A bekerja untuk meningkatkan imunitas tubuh dari infeksi, dengan meningkatkan respon limfosit terhadap antigen penyebab penyakit. Hal Itu untuk menjaga kekebalan tubuh yang baik, juga meningkatkan aktivitas sel darah putih.

Manfaatnya tidak hanya mencegah kuman memasuki tubuh, tetapi juga membantu untuk melawan infeksi setelah kuman masuk ke dalam tubuh.

Gen yang terlibat dalam respon imun (kekebalan tubuh) diatur oleh Vitamin A, yang memiliki peran penting memerangi penyakit yang serius seperti kanker dan autoimun, serta juga penyakit seperti flu ataupun masuk angin.

Beta-karoten merupakan antioksidan kuat yang bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit kronis.

Vitamin A terutama sangat penting untuk membantu kekebalan anak-anak. Sebuah studi yang dilakukan di London menemukan bahwa penggunaan suplemen vitamin A memiliki manfaat berupa penurunan angka kematian anak 24% di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Studi ini juga menemukan bahwa kekurangan vitamin A pada anak-anak, berakibat meningkatnya resiko anak-anak terkena infeksi seperti diare dan campak.



#7. Kulit wajah. Zat retinol biasanya terkandung di keterangan kemasan produk krim. Retinol, Retinoid, Retin-A, dan nama lainnya, pada dasarnya nama-nama tersebut merupakan turunan dari vitamin A.

Retinol dinilai dapat mencerahkan dan menghaluskan permukaan kulit, dan mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Kulit membutuhkan semua vitamin penting untuk menjaga dan memperbaiki sistem lapisan epidermis dan dermis sampai ke tingkat DNA. Hal itu untuk membuat kondisi kulit yang kencang dan sehat.

Retinol mencegah penuaan dini, yang mampu meresap ke dalam kulit untuk memperbaiki sel-sel kulit, serta menyamarkan kerutan dan garis-garis halus. Untuk memperoleh hasil maksimal, selain memenuhi asupan vitamin A, juga harus memenuhi asupan air putih.

Manfaatnya juga mencerahkan dan menyamarkan noda hitam di kulit wajah, kandungan retinol yang biasanya dikombinasikan dengan AHA (Alpha Hydroxyacid) bermanfaat untuk memberi kelembapan dan mengoptimalkan pertumbuhan kolagen.

#8. Dapat membersihkan darah. Zat retinol dan asam rerinoat yang ada pada vitamin A, memiliki fungsi untuk melancarkan peredaran darah, selain itu menjaga kondisi pembuluh diseluruh tubuh, agar berfungsi dengan baik.

Hal ini berguna untuk mencegah timbulnya peradangan pada kulit, masalah jerawat dan bisul akibat darah kotor, dimana darah kotor umumnya terjadi karena aliran darah yang kurang lancar, dimana darah mengalir pada seluruh jaringan organ di dalam tubuh.

#9. Kesehatan rongga hidung. Kandungan vitamin A bekerja untuk menjaga kondisi selaput lendir yang ada di dalam rongga hidung,  agar bisa berfungsi secara optimal untuk menyaring oksigen...

...dimana oksigen yang dihirup memungkinkan bersamanya terdapat partikel kecil atau semacamnya (yang tidak baik) ikut masuk ke dalam rongga hidung.

#10. Infeksi pernafasan. Masalah infeksi pernafasan terjadi karena kekebalan tubuh yang terganggu, masalah menurunya kekebalan tubuh karena kekurangan asupan vitamin A.

Masalah lainnya yang ditimbulkan yaitu pertumbuhan yang terhambat dan infeksi yang umum dialami anak-anak, dimana angka kematian dilaporkan lebih dari 50% pada anak-anak yang kekurangan vitamin A tingkat parah.

#11. Mencegah Jerawat. Kandungan vitamin A sebenarnya memiliki peran untuk mengurangi sebum berlebih, yang hal itu penting untuk menurunkan risiko jerawat. Asupan vitamin A berfungsi untuk memperkuat jaringan pelindung kulit...

...yang penting untuk meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan, serta vitalitas permukaan kulit. Manfaat lainnya untuk melindungi jaringan kulit dan selaput lendir.

#12. Mencegah penuan dini. Memenihu kebutuhan akan asupan vitamin A dalam setiap harinya, memiliki manfaat penting dalam mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Umumnya masalah penuaan dini ini akan terlihat  saat usia sudah mencapai 20-an tahun.

#13. Kekuatan tulang dan gigi. Vitamin A juga berperan penting dalam memperkuat tulang dan gigi. Vitamin A membantu dalam pembentukan dentin, yang merupakan sebuah lapisan bahan keras tepat di bawah permukaan gigi. Hal ini penting, membantu menjaga kekuatan dan kesehatan gigi.

#14. Mencegah kencing batu. Batu ginjal terjadi karena kristalisasi kalsium oksalat (sejenis garam yang umumnya ada pada makanan). Konsumsi berlebihan makanan yang mengandung kalsium oksalat ataupun asam urat mengakibatkan terjadinya batu ginjal.

Penyebab lainnya yaitu kurangnya mengkonsumsi cairan. Ketika seseorang kurang minum, air seni akan cenderung menjadi lebih kental, hal ini meningktkan resiko terjadinya kristalisasi garam dan mineral.

Penyebab lainnya yaitu karea kelainan metabolisme tertentu yang membuat tubuh lebih mudah memproduksi batu ginjal.

Vitamin A berfungsi untuk mencegah pembentukan batu di urin yang diakibatkan oleh penumpukan kalsium fosfat. Manfaatnya juga untuk melindungi lapisan saluran kemih, agar mencegah pembentukan batu urin kembali.

Selain memenuhi asupan vitamin A, juga sangat penting mencukupi kebutuhan air minum sehari-hari, terutama mencukupi kebutuhan air putih yang sehat.

#15. Pembentukan otot. Vitamin A memainkan memiliki peran yang penting dalam proses pertumbuhan otot, terutama pada usia anak-anak dan juga pertumbuhan otot saat remaja. Hal ini penting untuk mencegah penyakit distrofi otot (mengakibatkan kesulitan berdiri dan berjalan).

#16. Menurunkan kolesterol. Untuk menghindari dan mengatasi masalah koleserol, maka asupan vitamin A ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, hal ini penting untuk melindungi Anda dari penyakit jantung dan stroke.

#17. Fungsi repoduksi pria. Vitamin A beguna untuk meningkatkan keberhasilan pembentukan sperma pada pria, yang menjaga dan menyusun kadar kekentalan dan kesuburan sperma dalam kondisi yang baik.

#18. Indung telur pada wanita. Vitamin A juga menyehatkan kondisi indung telur pada wanita, serta mamantapkan kesiapan untuk segera dibuahi ketika akan terjadi pembuahan.

#19. Perkembangan janin. Vitamin A mudah larut di dalam lemak dan air. Sehingga mengkonsumsi vitamin A membantu perkembangan si janin. Vitamin A memiliki peran penting untuk perkembangan mata, organ mata, tulang, dan kesehatan kulit janin.

Degnan kebutuhan vitamin A yang tercukupi selama masa kehamilan, maka pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh bayi menjadi semakin baik dan kuat hingga masa persalinan.

Vitamin A juga menjaga keelastisan dan kekenyalan dinding  plasenta, agar tidak mudah teriritasi dan tidak mudah terserang peradangan akbiat radikal bebas.

Sumber makanan vitamin A
Vitamin A bisa diperoleh ini dari banyak bahan makanan, seperti susu, keju, yoghurt, telur, mentega, ikan salmon, daging ayam, hati ayam, hati sapi, ikan tuna, dll.

Contoh buah dan sayuran yang kaya dengan beta-karoten adalah melon, mangga, bayam, wortel,, brokoli, buah naga, tomat, Ubi jalar, ubi merah, kangkung, cabai brokoli, kacang polong, paprika merah.

Buah-buahan terutama yang bewarna kuning, seperti mangga dan pepaya merupakan sumber vitamin A yang baik.

Yang perlu diperhatikan, meskipun hati merupakan sumber makanan vitamin A, namun konsumsinya harus dibatasi, yaitu tidak lebih dari satu kali per minggu. Hal ini mencegah tubuh kelebihan asupan vitamin A. Ods.od.nih.gov

Akibat kekurangan vitamin A
Gangguan dan kelainan pada mata, karena manfaat vitamin A sangat penting dalam menjaga dan mengoptimalkan kesehatan mata. Kekurangan asupan vitamin A mengakibatkan organ penglihatan bermasalah dan fungsinya tidak optimal.

Masalah pada mata karena kekurangan vitmin A seperti rabun jauh, rabun dekat dan katarak. Sehingga beberapa masalah yang akan dihadapi karena penyakit pada organ penglihatan yaitu...

...menurunnya daya penglihatan, membaca dan menatap layar LCD juga akan mengalami masalah.

Dampak buruk lainnya dari kekurangan vitamin A, yaitu... 
  1. Tubuh terara lemah dan mudah letih
  2. Adanya masalah pada perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor
  3. Radang kelopak mata
  4. Bayi bisa mengalami rabun senja dan gangguan mata
  5. Berkurangnya kemampuan kekebalan tubuh tubuh
  6. Muah mengalami pusing, batuk, flu dan demam
  7. Kulit kering, pecah-pecah dan bersisik
  8. Mudah terserang infeksi kulit
  9. Rambut mudah rontok dan kusam
  10. Kuku rapuh
  11. Gangguan pada kemampuan seksual.
  12. Dalam kondisi yang sangat buruk, tubuh rentan terserang penyakit berbahaya.

Risiko / efek samping kelebihan vitamin A
Vitamin A aman jika dikonsumsi sesuai kebutuhan. Dimana dosis asupan vitamin A boleh lebih tinggi diberikan apabila seseorang mengalami kekurangan asupan vitamin A. Namun, tetap harus berdasarkan rekomendasi dan aturan dokter.

Beberapa risiko dari kelebihan vitamin A, yaitu:
  1. Tubuh mengalami keracunan, gejala yaitu pusing, muntah, kulit kering, dan nyeri sendi.
  2. Gangguan hati
  3. Menurunnya kepadatan tulang
  4. Kelainan pada bayi yang lahir.
  5. Bagi Anda yang menderita penyakit hati atau ginjal, maka perlu menghindari konsumsi suplemen vitamin A, apabila tidak direkomendasikan dokter.

Penting!! Jangan sembarangan dalam menggunakan suplemen tambahan vitamin A. Umumnya kebutuhan akan manfaat vitamin A sudah bisa tercukupi dengan pola makan yang baik. Konsultasikan kepada dokter jika Anda berencana menggunakan suplemen tambahan vitamin A.

Hal-hal yang perlu diperhatikan...
Karena Kekurangan lemak di dalam tubuh menyebabkan vitamin A kesulitan untuk memecahkan dirinya agar segera terserap oleh darah dan mengalirkannya keseluruh jaringan penting organ tubuh…

...vitamin A hanya bisa tersebar merata di jaringan tubuh dengan bantuan zat lemak di dalam tubuh. Sehingga penting mencukupi asupan lemak, tetapi jangan berlebihan.

Lemak trans yang dihasilkan dari makanan yang mengandung lemak jenuh secara berlebihan di dalam tubuh, hal ini tidaklah baik, karena malah  menghambat dan menyumbat penyerapan vitamin A...

...untuk nantinya disebar ke semua pembuluh darah, yang akhirnya membuat tubuh kekurangan vitamin A.

Sumber lainnya: Organicfacts.net, Draxe.com, dll


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan