20 Makanan Penting Penguat Tulang & Gigi

Hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang sejak dini, agar kita tidak menyesal di masa tua nant, saat kemampuan tubuh sudah mulai menurun.

Hal itu karena dengan bertambahnya usia (semakin tua), maka kepadatan tulang semakin menurun. Sehingga, orang yang sudah tua yang umumnya mengalami osteoporosis (tulang rapuh), dan osteoarthitis (flu tulang).

Asupan kalsium dan vitamin D sangat penting bagi pertumbuhan, kesehatan hingga kekuatan tulang dan gigi.

Asupan kalsium berfungsi untuk mendukung struktur tulang dan gigi. Adapun vitamin D berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Makanan Penting Penguat Tulang & Gigi

Ketika memikirkan tentang makanan yang kaya kalsium, umumnya orang... yang ada dibenaknya adalah susu. Susu memang kaya kandungan kalsium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi.

Akan tetapi, konsumsi susu terlalu banyak ternyata tidak baik, hal itu karena beresiko membuat tubuh menjadi gemuk. Dimana umumnya susu memiliki kandungan lemak.

Untuk itu, apabila membicarakan tentang makanan yang kaya kandungan kalsium, sebenarnya bukan hanya susu. Makanan lain, utamanya makanan nabati yang kaya kalsium, bisa menjadi pilihan menu sehari-hari.

Jangan salah sangka! Maksudnya bukan minum susu itu yang tidak baik, akan tetapi yang tidak baik adalah berlebihan dalam mengknosumsi susu. Sehingga perlu divariasikan dengan makanan kaya kalsium lainnya.

Kesehatan tulang bisa tetap terjaga, dengan kita menjadi asupan nutrisi yang dibutuhkan tulang yaitu kalsium dan vitamin D.

Berikut makanan lainnya selain susu, untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi:

#1. Bayam
Satu cangkir bayam yang dimasak memiliki asupan sekitar 25% dari kebutuhan kalsium harian seorang dewasa. Bayam juga kaya akan kandungan lainnya yaitu serat, zat besi, dan vitamin A.

#2. Sawi hijau
Seperti halnya bayam, sawi yang juga sayuran berdaun hijau memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Satu cangkir sawi yang dimasak sudah memenuhi asupan 25% kalsium untuk kebutuhan harian. Anda bisa mengkonsumsi sawi bersama dengan makanan pokok dan lauk pauk lainnya.

#3. Keju
Keju juga kaya kalsium, akan tetapi komsusinya dalam sehari-hari penting untuk dibatasi. Sebanyak 1,5 ons keju cheddar sudah dapat memenuhi sekitar 30% dari nilai harian kalsium yang dubutuhkan tubuh.

Keju pilihan yang sangat baik untuk membuat gigi kuat dan sehat. Keju mengandung kasein, yang membantu dalam memperkuat permukaan gigi, yang mencegah pembusukan. Tetapi ingat, penting membatasi konsumsi makanan keju.


#4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan memiliki kndungan nutrisi yang penting untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Beberapa yang disarankan untuk Anda konsumsi yaitu kacang almond, pistachios, dan biji bunga matahari.

Khusus asupan kalium di dalam kacang almond berperan besar dalam melindungi tubuh dari kekurangan kalsium.

Kacang Almond tidak hanya memiliki rasa yang gurih dan lezat, kacang almond memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

#5. Telur
Sebenarnya kandungan yang terdapat di dalam telur hanya memenuhi asupan 6% vitamin D harian Anda. Untuk asupan vitamin D terdapat di bagian kuning telurnya. Tetapi jangan konsumsi bagian putih atau kuning saja, karena itu dapat mengurangi asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

#6. Kenari
Kenari mengadung omega 3 yang berguna bagi kesehatan tubuh secara umum, juga mengandung asam alfa linoleat yang berfungsi untuk menjaga kekuatan tubuh.

#7. Wortel
Sayuran wortel kaya akan kandungan beta karoten alfa kriptosantin, yang bagus untuk kesehatan tulang, selain memiliki segudang manfaat lainnya. Anda bisa konsumsi wortel dalam kondisi mentah, atau bisa juga dijadikan salad, sop wortel, dll.

#8. Ceker ayam
Ceker ayam mengandung hidroksiapatit, kalsium dan kolagen, yang kandungan-kandungan tersebut berfungsi untuk menambah kekuatan tulang.

#9. Ikan sarden
Ikan sarden umumnya dikemas di dalam kaleng, yang memiliki kandungan kalsium dan Vitamin D yang cukup tinggi.

#10. Ikan salmon
Ikan salmon sudah sangat dikenal kaya akan kandungan lemak omega 3 yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Sepotong salmon (berat 3 ons) sudah memenuhi asupan 100 persen kebutuhan vitamin D harian.

#11. Sereal
Sereal memiliki kandungan vitamin D yang jumlahnya lumayan, konsumsi sereal memenuhi kebutuhan 25% vitamin D harian Anda.

#12. Ikan tongkol
Tuna atau lemak ikan lainnya menjadi sumber vitamin D. Tiga ons tuna kaleng memenuhi sekitar 39% asupan vitamin D yang dibutuhkan tubuh dalam sehai.

#13. Yogurt
Yoghurt kaya dengan asupan vitamin D. Satu cangkir yoghurt bebas lemak cukup dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian.

#14. Jus jeruk
Segelas jus jeruk segar (yang diperas) memang tidak memiliki asupan kalsium atau vitamin D. Tetapi penelitian menunjukkan hasil bahwa kandungan asam askorbat pada jus jeruk berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Sehingga jus jeruk cukup bagus dikonsumsi, digandengkan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D. Nutrisi bermanfaat bagi tubuh lainnya yaitu vitamin C, dan beberapa jenis vitamin dan mineral lainnya.

#15. Sayuran berdaun hijau
Sayuran hijau berdaun gelap seperti brokoli dll menjadi sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Demkian juga pada sayuran sawi dan lobak hijau.

Asupan alkali dari sayuran hijau membantu tubuh untuk memperkuat tulang dan mempromosikan pertumbuhan tulang dengan mencegah hilangnya kalsium di dalam tubuh.

Fungsi lainnya, sterol (hormon steroid) dikonversi ke hormon, kalsiferol, yang memiliki fungsi untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium.

Adapun seledri berguna untuk menjaga mulut dari bakteri. Sehingga seledri cukup dikenal sangat bagus untuk kesehatan gigi. Saat mengunyah seledri, membantu dalam memproduksi air liur yang optimal, guna mencegah produksi plakat.

loading...

#16. Apel
Sebagin orang menyebut buah Apel sebagai sikat gigi alami, karena manfaatnya yang membantu untuk merangsang gusi, meningkatkan aliran air liur di mulut, mencegah rongga penumpukan atau membersihkan permukaan gigi.

Selain itu, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya yang memiliki segudang manfaat. Sehingga jangan lupa makan apel yang ternyata berguna untuk membersihkan gigi.

Utamanya bagian kulit apel yang berperan paling penting dalam mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang. Dimana mengunyah apel bersama dengan kulitnya membuat gigi lebih putih dan sehat.

Kemudian, kandungan kalsium di dalam kulit apel berfungsi menjaga kesehatan tulang. Hilangnya kalsium menyebabkan tulang lemah dan rapuh, yang sering disebut osteoporosis.

Manfaat penting lainnya dari buah apel yaitu menjaga kesehatan paru-paru dan pernapasan, kandungan quercetin bermanfaat menjaga fungsi paru-paru.

Kandungan antidioksidan pada kulit apel mampu mengatur gula darah, sehingga mencegah diabetes. Manfaat lainnya yaitu menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko katarak, kandungan serat untuk mencegah akumulasi batu di kandung empedu.

Kandungan asam folat dan zat besi untuk mencegah atau mengatasi masalah anemia, senyawa triterpenoid untuk mengatasi kanker dan melindungi dari serangan kanker hati, payudara dan usus besar.

#17. Air putih
Rajin minum air putih bermanfaat untuk membersihkan racun yang ada di dalam tubuh, membersihkan mulut dan mencegah kerusakan gigi.

Dengan minum air putih, membantu untuk menghasilkan air liur didalam mulut beserta kandungan mineral penting bagi kesehatan gigi.

Jika seseorang kurang minum air putih, mengakibatkan rongga mulut menjadi kering. Kondisi mulut yang kering dapat merusak gigi geligi, gusi dan jaringan mukosa mudah teriritasi.

Berkumur air putih membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel atau terselip di gigi geligi. Disarankan berkumur setelah makan.

Kondisi mulut yang asam mengakibatkan gigi berlubang. Air putih menetralkan kondisi asam pada mulut, terutama setelah makan.

#18. Biji wijen
Biji wijen kaya akan kalsium, yang membantu dalam menjaga gigi agar sehat dan kuat. Selain itu, biji wijen melarutkan plak yang terbentuk dan membangun enamel gigi.  Manfaat lainnya untuk menjaga kekuatan tulang.

#19. Ragi
Ragi memiliki sekitar 350 mg kalsium per 100gms dari berat kering, hal ini berarti ragi bisa menjadi andalan setelah sereal untuk meningkatkan kekuatan tulang. Anda bisa memasukan menu ragi dalam sarapan untuk meningkatkan kesehatan tulang Anda.


#20. Kacang kedelai
Sejak dari dulu kacang kedelai dikenal sebagai makanan nabati yang sering dikonsumsi masarakat Indonesia, selain kaya protein penting, kacang kedelai juga memiliki asupan kalsium yang berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Manfaat kacang kedelai lainnya yaitu meningkatkan metabolisme tubuh, dengan kaya protein nabati berfungsi menjaga kerja metabolisme agar optimal. Zat protein berperan membangun sel dan pembuluh darah.

Sumber: Health.com | Timesofindia.indiatimes.com | Cnnindonesia.com | Lainnya


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan