10 Cara Alami Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Menurut laporan WHO pada tahun 2011, diperkirakan sekitar 35 persen penduduk Indonesia mengalami masalah kadar kolesterol lebih tinggi dari batas normal...

...itu artinya sepertiga penduduk Indonesia berisiko tinggi terkena penyakit arteri.

Kolesterol merupakan sebuah metabolit yang di dalamnya ada kandungan lemak sterol.

Yang sebenarnya, kandungan kolesterol ini sendiri diperlukan oleh tubuh dalam membangun dinding sel, dan membantu dalam pembuatan hormon.

Yang menjadi masalah adalah ketika kadar kolesterol melebihi batas normal, sehingga kejadian seperti itu membuat munculnya berbagai macam penyakit kronis.

Kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah, berakibat stroke dan serangan jantung.

Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi berkaitan dengan resiko kanker payudara...
Menurut laman Kemenkopmk.go.id, kolesterol tinggi dapat saja menyebabkan kanker payudara,

Suatu studi menunjukkan, perempuan dengan kolesterol tinggi dalam darah berisiko lebih besar menderita kanker payudara.

Demikian hasil dari studi pihak Algorithm for Comorbidities, Associations, Length of stay and Mortality (ACALM).

Sebuah studi yang menggunakan tikus sebagai objeknya menyimpulkan, menurunkan kolesterol mungkin bermanfaat untuk mencegah atau mengobati kanker payudara.

Untuk sampai pada kesimpulan ini, para peneliti melakukan analisis retrospektif pada lebih dari satu juta pasien di Inggris, dalam rentag waktu tahun 2000 hinga 2013 menggunakan database ACALM.

Dalam database ini, diketahui sekitar 664.159 orang perempuan. Sebanyak 22.938 orang dari mereka menderita hiperlipidemia (penyakit akibat kadar lemak dalam darah meningkat) dan 9.312 orang menderita kanker payudara.

Sementara 530 orang perempuan menderita hiperlipidemia yang berkembang ke arah kanker payudara.

loading...

Yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi...
Hal yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi atau meningkat di dalam darah, yaitu karena pola hidup serta pola makan yang salah.

Makanan yang dikonsumsi mengakibatkan tingginya kadar kolesterol di dalam darah, seperti makanan yang mengandung lemak jahat, makanan cepat saji, makanan junk food dan semacamnya.

Kurangnya aktivitas fisik dan olahraga menyebabkan resiko yang lebih besar tubuh mengalami kadar kolesterol tinggi.

Cara alami menurunkan kadar kolesterol tinggi
Kadar kolesterol tinggi (HDL) terjadi karena penumpukan dan menempelnya lemak pada dinding pembuluh darah.

Nah, untuk menurunkan kolesterol jahat ini, maka perlu berusaha mengganti pola makan dengan lebih sehat. Berikut di bawah ini cara menurunkan kadar kolesterol secara alami:

1. Rutin mengkonsumsi alpukat
Nah, siapa yang tidak dengan buah yang rasanya amat lezat ini. Selain Alpukat punya rasa yang lezat di lidah, juga memiliki manfaat untuk kesehatan, yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh, yang lemak tersebut justru baik bagi tubuh.

Kalau bisa... Kamu mengkonsumsi 1 buah alpukat yang masih mentah (tidak di jus), Kamu bisa melakukannya setiap hari, atau minimal seminggu sekali.

2. Delima
Selain Alpukat, dengan rajin memakan buah delima merah akan memberikan manfaat untuk menurunkan kolesterol secara alami.

Manfaat lainnya berperan untuk membantu mengurangi plak arteri dan meningkatkan oksida nitrat di dalam tubuh.

3. Perbanyak konsumsi sayuran
Poin ketiga ini lebih kepada kebiasaan, yang harus dilakukan secara terus menerus. Sebuah hal yang sangat baik yaitu banyak mengkonsumsi sayuran.

Dimana pada sayuran terdapat kandungan serat dan antioksidan tinggi, yang ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Antioksidan yang terkandung di dalam kandungan sayuran berupa manfaat betakaroten, Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E.

Fungsi kandungan Antioksidan di dalam tubuh untuk menangkal radikal bebas, dimana radikal bebas menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya di dalam tubuh.

Manfaat antidioksidan selanjutnya yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Untuk itu jangan sampai dalam sehari-hari kita tidak mengkonsumsi sayuran, karena manfaatnya yang sangat besar untuk kesehatan tubuh.



4. Hindari konsumsi makanan mengandung banyak kolesterol
Kebalikan dari poin nomor 3, bahwa dalam usaha menurunkan kolesterol di dalam darah, maka Kamu harus juga mengurangi semampu mungkin makanan yang mengandung kolesterol tinggi,

Kamu harus menghindari (mambatasi) konsumsi gorengan, daging jeroan, kerang, cumi-cumi, telur puyuh dan kepiting. Selain itu Kamu juga harus menghindari dari mengkonsumsi makanan cepat saji dan junk food.

 Menurut laman, Pritikin.com penting membatasi asupan makanan yang terkandung banyak lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol makanan.

Makanan dengan banyak lemak jenuh termasuk mentega, daging berlemak seperti daging merah, produk susu yang tinggi lemak, minyak sawit, dan minyak kelapa.

Makanan yang memiliki lemak trans tinggi. yang juga menjadi sumber kolesterol makanan, seperti kuning telur, daging organ, dan kerang. Konsumsi itu semua perlu dibatasi.

Adapun jenis lemak yang baik untuk tubuh yaitu omega-3 asam lemak, yang berkhasiat melindungi tubuh terhadap penyakit jantung.

Sumber makanan lemak omega 3 yang baik untuk dikonsumsi yaitu salmon, mackerel, halibut, trout, herring, dan sarden.

5. Konsumsi makanan kaya serat
Menurut Pritikin.com, yang terutama serat larut dari makanan seperti kacang-kacangan, gandum, barley, buah-buahan, dan sayuran.

Makanan alami kaya serat larut telah terbukti sangat baik untuk menurunkan kolesterol. sumber yang sangat baik termasuk gandum, oat bran, barley, kacang polong, ubi, kentang...

Lalu kacang-kacangan atau biji, seperti kacang pinto, kacang hitam, dan kacang polong.

Sayuran kaya serat larut termasuk wortel, kubis Brussel, bit, okra, dan terong.

Sumber buah yang baik dan kaya serat yaitu markisa, jeruk, pir, aprikot, nektarin, dan apel.

6. Belimbing manis
Konsumsi satu buah belimbing pada pagi dan malam hari, Kamu perlu lakukan secara rutin, minimal 1 kali dalam seminggu

7. Jeruk
Pada buah Jeruk kaya akan kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, yang buah jeruk juga memiliki kandungan antioksidan, yang dapat mencegah tubuh terserang radikal bebas.

Kamu bisa mengkonsumsi segelas jus jeruk pada setiap harinya, ini bermanfaat untuk meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh.

8. Temulawak 
Kamu ambil temulawak, setelah itu kupas, dan parut setelahnya. Kemudian Kamu kasih air panas dengan secukupnya, biarkan saja hingga sampai mengendap.

Ketika sudah dingin, maka Kamu buang endapannya, setelah itu minum. Lakukan setiap hari.

9. Olahraga secara teratur
Hal rutin yang penting Kamu lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol adalah dengan menurunkan berat badan, dimana dengannya lemak atau kalori akan terbakar di dalam tubuh.

Kamu bisa melakukan olahraga ringan setiap hari seperti jogging, atau minimalnya olahraga 3 kali dalam seminggu.

Dengan rajin untuk berolahraga dan mengeluarkan keringat, sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar lemak jahat di dalam tubuh.

10. Terapkan gaya hidup sehat
Gaya hidup sehat sangat diperlukan untuk diterapkan dalam usaha mengatasi masalah kolesterol tinggi. Penting mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Selain itu, hindari melakukan hal-hal buruk, seperti kebiasaan buruk merokok, minum-minuman alkohol (di Indonesia termasuk minuman keras), hingga batasi konsumsi junk food atau fast food (seperti mie instan, dll).

Apabila tips-tips yang disebutkan di atas tetap tidak mampu menurunkan kadar kolesterol (tidak ada efek positif yang dirasa), dimana risiko penyakit jantung tetap mengintai, maka periksakan diri ke dokter.

Umumnya dokter melakukan pengobatan dengan memberikan resep obat penurun kolesterol, seperti statin.


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan