12 Manfaat Buah Kurma: Untuk Pencernaan, Jantung, Menurunkan Berat Badan, dll

Kurma merupakan buah yang sudah tidak asing lagi bagi kita masyarakat Indonesia, terutama ketika bulan Ramadhan tiba, maka kurma menjadi santapan favorit ketika berbuka puasa.

Kurma memiliki kandungan yang tidak diragukan lagi manfaatnya yang sangat besar, selain itu rasanya juga sangat lezat.

Kurma kaya akan kandungan vitamin, serat, mineral, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semua kandungan tersebut dibutuhkan oleh tubuh.

Berbuka puasa dengan buah kurma membantu menghindari makan berlebihan. Ketika tubuh mulai menyerap nutrisi yang terkandung di dalam kurma, rasa lapar menjadi hilang. Sistem syaraf dapat terbantu dengan mengkonsumsi kurma, karena kandungan potassium yang tinggi.

Manfaat Buah Kurma

Manfaat-manfaat buah kurma

Kurma memiliki manfaat yang sangat besar untuk mengatasi penyakit anemia, serta dapat bermanfaat sebagai suplemen diet bagi tubuh kaya, membantu Kamu dalam usaha memerangi kegemukan, dll.

1. Menjaga kekuatan tulang
Kandungan tinggi mineral pada buah kurma, sangat penting untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit osteoporosis.

Kandungan selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, semua kandungan tersebut berperan penting dalam proses pertumbuhan dan kekuatan tulang, utamanya bagi orang-orang yang mulai menua dan tulang mereka mulai rapuh dan melemah.

Makan buah kurma menurukan resiko tulang rapuh, terutama pada orang yang sudah tua. Untuk konsumsi kurma dan rasakan manfaat besarnya pada tulang.

2. Kurma memberi rasa kenyang
Pada Kurma, didalamnya terkandung vitamin yang sangat mencukupi untuk tubuh, selain itu juga terkandung mineral seperti selenium, magnesium, tembaga dan beberapa kandungan lainnya.

Yang sangat baik, pada kurma terkandung banyak serat, sangat bermanfaat untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama, yang sangat baik untuk menekan nafsu makan kita, untuk menghindari berlebihan dalam makan.

Dari penelitian yang dilakukan para ahli kesehatan, makan beberapa biji buah kurma secara rutin (setiap hari) membantu tubuh dan otak dalam mengatur sekresi hormon, yang akhirnya mengirimkan sinyal ke otak agar tubuh merasa selalu kenyang.

Hal ini juga dari pengalaman orang-orang yang menkonsumsi kurma, merasakan rasa kenyang yang lebih lama. Hal ini berguna untuk menekan kebiasaaan konsumsi jumlah makanan secara berlebihan.

Setiap biji kurma yang dikonsumsi bermanfaat untuk menurunkan berat badan (jika mengalami obesitas). Mengenai hal ini, teringat sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam:

لاَ يَجُوْعُ أَهْلُ بَيْتٍ عِنْدَهُمْ التَّمْرُ
“Tidak akan kelaparan rumah tangga seseorang yang memiliki kurma di dalamnya”. ( H.R Muslim).

loading...
3. Kurma bermanfaat untuk mengatasi sembelit
Kurma bermanfaat untuk mengatasi problem sembelit, hal itu karena kandungan di dalam kurma berperan untuk melancarkan sistem pencernaan. Kurma memelihara proses sistem pencernaan agar dapat berjalan dengan baik dan lancar, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Buah kurma bisa berperan sebagai obat pencahar. Caranya yaitu pertama-tama rendam buah kurma dengan menggunakan air matang selama semalaman.

Keesokan harinya, Anda bisa mengkonsumsi buah kurma yang sudah direndam itu. Anda minum beserta air rendaman kurmanya.

Buah kurma berkhasiat dalam mengatasi pencernaan yang sedang bermasalah, hal itu karena kandungan serat yang ada di dalamnya sangat tinggi. Sehingga, dengan rutin makan kurma mampu menjaga kesehatan dan melancarkan proses sistem pencernaan tubuh.

4. Kurma merangsang sistem pencernaan
Kurma memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk meningkatkan bakteri baik serta membunuh bakteri yang jahat yang berbahaya untuk tubuh. Sehingga peran kurma sangat besar agar pencernaan bisa selalu bekerja dengan baik,

Dengan pencernaan yang bekerja dengan optimal, sangat berguna jika sedang diat, karena membantu Anda dalam usaha menurunkan berat badan.

Dengan kandungan serat yang tinggi dan kandungan asam amino, kurma bermanfaat untuk membantu proses pencernaan makanan, yang artinya mampu meringankan kerja sistem pencernaan, alhasil masalah gangguan pencernaan seperti sembelit, dll dapat dicegah kemunculannya.

5. Menjaga kesehatan jantung
Buah kurma dapat juga Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satu resep kurma yang cukup bagus, yaitu dengan merendam kurma semalaman, kemudian ditumbuk pada pagi harinya, kemudian baru dimakan.

Dengannya, kurma akan memberikan manfaat besar dan memberikan dampak baik pada jantung yang lemah.

Kurma yang kaya akan sumber potassium, dari penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa kandungan potassium tersebut bermanfaat untuk mengurangi risiko seseorang terkena stroke, serta untuk mengurangi tingkat kolesterol LDL di dalam tubuh. kolesterol jahat (LDL) adalah penyebab penyakit jantung.

6. Membantu untuk menguraikan lemak
Pada kurma terkandung zat kalium dan sulfur yang memiliki manfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung, serta bermanfaat untuk memecahkan lemak yang ada di dalam tubuh. Kolesterol dan lemak menjadi momok dan penyebab utama dari terjadinya kegemukan pada seseorang.

Pada kurma terkandung nutrisi yang sehat saja, sangat bermanfaat untuk menyehatkan dan memperlancar proses pencernaan. Sehingga kurma sangat bersahabat untuk dikonsumsi bagi Kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Rajin mengkonsumsi kurma, terutama pada pagi hari dapat meningkatkan kualitas metabolisme tubuh, serta membantu kita agar dapat cepat untuk menurunkan berat badan secara alami dan aman.



7. Meningkatkan energi pada tubuh
Buah kurma memiliki kandungan gula alami yang cukup tinggi seperti glukosa, fructose, dan Sukrosa, yang walaupun kandungannya tinggi , akan tetap aman karena bersifat alami.

Sehingga kurma dapat dikatakan cemilan yang sangat baik bagi tubuh yang sangat memerlukan tambahan energi dengan cepat.

Banyak orang di dunia ini yang mengkonsumsi buah kurma sebagai cemilan ketika mereka merasa ngantuk dan letih, sehingga manfaatnya sangat besar dalam menunjang produktifitas kegiatan sehari-hari.

Dengan begitu maka mengkonsumsi Kurma tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, selain itu Kamu bisa menjadi sangat mudah dalam usaha menurunkan berat badan, dan ada banyak manfaat lainnya pada kurma yang sangat kita perlukan.

8. Mengatasi gangguan usus
Buah kurma mengandung serat yang larut dan tidak larut, serta asam amino yang berkhasiat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan proses membuat pencernaan optimal.

Dengan pencernaan yang baik maka membuat tubuh mampu dengan maksimal menyerap banyak nutrisi yang masuk ke dalam tubuh (dari makanan yang dikonsumsi).

Makan buah kurma secara teratur mampu untuk menghambat tumbuhnya mikroorganisme patologis dan membantu menstimulasi bakteri yang baik untuk tubuh, hal ini sangat baik untuk kesehatan organ usus.

Kurma mampu menurunkan resiko kanker usus besar. Kurma yang kaya serat membantu selaput lendir usus dan mengikat bahan kimia, sehingga mencegah timbulnya penyakit kanker usus besar.

Tekstur sari kurma yang halus, maka aman dionsumsi bagi lambung yang sensitif dan bagi penderita radang usus.

9. Mengatasi anemia
Kandungan tinggi mineral di dalam kurma memiliki manfaat yang penting. Seperti zat besi yang asupannya sangat ditubuhkan oleh penderita anemia. Kandungan zat besi (yang merupakan mineral) di dalam buah kurma sangat banyak.

Kandungan tinggi akan zat besi ini mampu mengatasi masalah kekurangan zat besi pada penderita anemia.

Sehingga secara perlahan penderita akan mampu meningkatkan energi dan tenaganya, serta mencegah tubuh kembali mudah lelah dan lesu.

10. Kesehatan sistem syaraf
Kandungan vitamin di dalam kurma bermanfaat untuk menjaga fungsi sistem syaraf. Adapun kandungan potassium mempromosikan sistem syaraf yang sehat dan responsif, sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir dengan baik.

Sehingga, kurma menjadi sumber makanan yang baik bagi orang-orang yang mulai menua, yang umumnya daya sistem syaraf (termasuk daya ingat dan daya pikir) mereka mulai menurun. Dengan konsumsi kurma membantu untuk menjaga ketajaman pikiran.

11. Mengatasi diare
Kandungan potassium, sudah cukup dikenal efektif dalam mengatasi masalah diare. Buah kurma yang mudah ditelan, bermanfaat untuk meringankan masalah diare kronis.

Serat larut di dalam kurma juga membantu proses penyembuhan diare, dengan membantu kinerja usus dan mempromosikan fungsi sistem pembuangan (BAB) yang sehat.

12. Manfaat besar konsumsi air dan kurma
Para peneliti dan ahli kesehatan menjelaskan bahwa saat puasa yang paling bai adalah berbua dengan air dan gula alami. Gula alami yang terdapat pada buah kurma merupakan salah satu gula terbaik kualitasnya di dunia.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dengan konsumsi air dan kurma setiap hari, selama dua puluh hari atau tiga puluh hari memberikan khasiat berupa mencegah berbagai racun terakumulasi di dalam tubuh.

Selain itu, vitalitas juga menjadi jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Hal ini mengingatkan sabda Nabi shalallahu’alaihi wa sallam:

ذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فَإِنَّهُ بَرَكَةٌ ، فَإِنْ لَمْ يَجِدْ تَمْراً فَالْمَاءُ فَإِنَّهُ طَهُوْرٌ
“Jika salah seorang diantara kalian berbuka puasa maka makanlah buah kurma karena ia mengandung keberkahan dan jika tidak mendapatkan kurma maka dengan air putih karena ia adalah simbol kebersihan”. (H.R Abu Daud).


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan