9 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

Sakit kepala sangat mengganggu aktifitas sehari-hati, termasuk kemampuan berfikir menjadi tidak optimal. Sehingga seringkali pekerjaan yang rencananya ingin dilakukan, tidak jadi dilakukan karena sakit kepala

Biasanya sakit kepala ini disebabkan karena melewatkan makan pada waktunya, atau terlalu banyak mengonsumsi kafein, kekurangan minum air putih (dehidrasi), rasa stres, dll.

Salah satu pemicu munculnya sakit kepala yaitu stres (masalah psikologi), yang terjadi akibat banyak pikiran dan keadaan perasaan atau mood yang buruk, sedih, deprresi sehingga memicu stres. Kurang tidur juga dapat memicu terjadinya stres dan sakit kepala.

Cara mengatasi sakit kepala secara alami

Sakit kepala ini secara ilmu medis lebih dikenal sebagai cephalalgia, kondisi terjadinya rasa sakit di bagian kepala. Selain itu, terkadang di bagian leher belakang dan punggung bagian atas.

Sakit kepala, mungkin karena umum terjadi pada banyak orang (dan sering terjadi) maka dianggap sekilas sebagai penyakit yang sepele, padahal penyakit pada bagian kepala ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan bisa menjadi gejala penyakit berbahaya, sehingga perlu diwaspadai dan jangan dianggap remeh.

Macam-macam sakit kepala

Sakit kepala ada banyak jenisnya, beberapa jenis sakit kepala diantaranya yaitu sakit kepala cluster, sakit kepala migraine, sakit kepala yang berkepanjangan, sakit kepala vertigo dan beberapa lainnya.

Dengan begitu, langkah pengobatan untuk setiap jenis sakit kepala pada sebagiannya ada yang berbeda.

Sehingga sebelum memilih obat mana yang akan ingin dikonsumsi, sebaiknya pastikan terlebih dahulu jenis sakit kepala mana yang diderita, sehingga nantinya penanganannya dapat lebih tepat, terutama dalam memilih obat untuk dikonsumsi.

Adapun kali ini, pembahasan fokus untuk membahas tentang cara mengobati (minimal meringankan) sakit kepala yang diderita, dengan metode yang sederhana dan alami, sehingga mudah dilakukan tetapi manfaatnya sangat besar.

Cara mengatasi sakit kepala dengan cara alami dan sederhana

1. Biasakan minum air putih
Langkah pertama adalah hal yang sangat sederhana yaitu minum air putih, walaupun sederhana tapi manfaatnya mutlak diperlukan untuk kesembuhan sakit kepala.

Hal itu karena umumnyasakit kepala timbul karena tubuh kekurangan cairan tubuh (dehidrasi). Ketika kehilangan cairan tubuh maka sirkulasi darah di dalam tubuh akan terganggu.

Demikian juga asupan oksigen ke tubuh (termasuk ke otak) menjadi menurun sehingga akan timbul rasa sakit di kepala. Untuk itu rajin-rajinlah mengkonsumsi air putih agar bisa "jauh-jauh" dari yang namanya sakit kepala.

Alasan lainnya, tubuh sekitar 70% tersusun atas cairan. Sehingga konsumsi cairan (utamanya air putih) yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan tubuh secara umum, utamanya (cairan tubuh yang cukup) untuk mengoptimalkan sistem metabolisme.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pihak Universitas of Chicago Amerika Serikat, menemukan hasil kesimpulan penelitiannya bahwa konsumsi air putih minimal 8-10 gelas setiap harinya akan membantu seseorang mencegah dehidrasi, dimana dehidrasi pemicu utama munculnya sakit kepala.


2. Tidur
Tidur merupakan salah satu cara sederhana dan alami untuk menghilangkan rasa sakit kepala. Apabila kekurangan tidur sehingga terasa mengantuk yang berat, maka segeralah Kamu untuk melakukan tidur, guna menghilangkan rasa sakit kepala dengan cepat dan mudah.

Nantinya setelah bangun tidur, maka badan akan menjadi terasa segar dan sakit kepala seringnya menjadi hilang, atau minimal berkurang.

Kondisi kurang tidur berakibat bagian otot dan sistem saraf menjadi tegang. Dari sinilah timbulnya resiko tinggi sakit kepala. Untuk itu, hindari baru mulai tidur saat sudah larut malam.

Menurut sebuah studi penelitian di University of Chicago dari Amerika Serikat, seseorang yang tidak tidur sama sekali (termasuk kekurangan tidur) selama 3 hari saja, maka itu berakibat meningkatnya resiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya....

...terutama penyakit-penyakit serius yang berhubungan dengan peredaran darah, seperti penyakit stroke, jantung, hipertensi, dll.

Sehingga perbaiki kualitas tidur setiap harinya. Waktu tidur standar dalam sehari adalah 6-8 jam, pastikan itu dipenuhi. Agar kualitas tidur semakin meningkat, maka tidurlah dalam keadaan gelap, matikan lampu di ruangan atau kamar tidur, karena manfaatnya yang sangat besar.

3. Secangkir teh panas
Kamu dapat mencoba untuk seduh secangkir teh yang hangat, setelah itu kamu dapat meminumnya dengan santai, dan secara psikologi usahakan agar dapat serileks mungkin dalam menikmati hangat nya secangkir teh tersebut.

Sehingga ini benar-benar dapat membantu proses mengatasi dan mengobati sakit kepala, paling enak dilakukan pada sore hari.

Dari Dailymail.co.uk, menyebutkan tentang hasil sebuah penelitian berupa kandungan kafein dalam teh mampu meredakan sakit dan nyeri, yang mampu secepat penghilang rasa sakit dari penggunaan obat.

Sehingga, dari hasil temuan ini, para ahli menyimpulkan bahwa disarankan minum secangkir teh menenangkan ketegangan pada saraf guna mengatasi sakit kepala.

Pada sebuah penelitian ilmiah yang lebih baru lagi, melibatkan sebanyak ratusan orang yang sedang menderita sakit kepala. Setengah dari pasien diberikan obat penghilang rasa sakit standar yaitu zat ibuprofen atau kombinasi dengan yang lainnya.

Sebagian yang lain menerima zat kafein atau pil plasebo. Kemudian kondisi kedua kelompok ini dibandingkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa zat kafein yang diberikan pada sebagian peserta mampu meningkatkan efektivitas obat penghilang rasa sakit standar, dibandingkan mereka yang menggunakan ibuprofen saja (tidak diberikan kafein).

Studi juga menunjukkan bahwa antioksidan kimia di dalam teh membantu mencegah kolesterol dan pembekuan darah yang terbentuk di arteri, yang itu berimbas pada serangan jantung.

loading...

4. Pijat kepala
Menghilangkan rasa sakit di kepala bisa dengan bantuan pijatan yang lembut, yang akan menghilangkan rasa sakit secara perlahan.

Untuk itu, Kamu dapat mencoba bantuan orang lain atau teman, atau bisa juga sendiri untuk memijat menggunakan ujung jari. Pijit pada bagian leher, kulit kepala, bahu, dan pelipis dengan lembut dan perlahan.

Untuk lamanya, berikan pijat selama 15 menit di lokasi sakit kepala. Adapun pijat pada daerah penghilang rasa sakit yaitu memijat bagian telapak tangan yang berada diantara jempol dan jari telunjuk, dan diikuti dengan pemijatan pada daerah ini juga di kaki.

Selain itu, bisa juga menggunakan minyak peppermint untuk mengoleskan di dahi, tulang rahang atau belakang leher. Minyak ini merupakan kortison alami yang mampu mengurangi rasa sakit dan membantu menenangkan saraf.

5. Memakan kentang
Sakit kepala selain disebabkan oleh kekurangan cairan, juga dapat disebabkan dari hilangnya kandungan elektrolit di dalam tubuh seperti kalium.

Sehingga tubuh harus banyak untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan kalium, salah satunya yaitu kentang, makanan yang enak dikonsumsi dan murah meriah.

Sebaiknya kentang dibakar dengan kulitnya atau direbus, tetapi tidak diutamakan konsumsi kentang dengan menggorengnya, walaupun hal itu boleh-boleh saja sesekali.

Kandungan kalium di dalam kentang juga bermanfaat untuk melancarkan sistem peredaran darah. Dengan peredaran darah yang lancar, maka sakit kepala pun dapat hilang rasa sakitnya dengan lebih cepat.

Selain itu, usahakan makan kentang tanpa mengupas kulitnya, hal itu karena kandungan kalium paling tinggi ini terdapat pada kulitnya

6. Mengkonsumsi pisang
Buah pisang selain kaya akan potassium juga kaya akan magnesium, dimana itu bermanfaat untuk membantu meredakan rasa migraine atau sakit kepala sebelah, disamping juga rasanya yang enak.

Nah, untuk itu jika sakit kepala menyerang, Kamu dapat mengatasinya dengan memakan buah pisang yang dapat mengurangi atau meredakan sakit kepala.

Menurut Dailymail.co.uk, konsumsi sebuah pisang mampu untuk mencegah gejala rasa sakit kepala, bahkan mampu menjaga kadar gula darah.

Dr Andy Dowson, direktur layanan sakit kepala di Rumah Sakit Universitas King, London, menyarankan untuk makan karbohidrat, seperti pisang, yang menjaga kadar gula darah, dan bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi migrain atau sakit kepala secara umum.



7. Mengatasi sakit kepala dengan es batu
Es batu juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada kepala... Caranya dengan mengkompres es batu secara perlahan pada daerah bagian kepala yang terasa sakit.

Es batu ini akan meredakan rasa sakit dengan cara membuat mati rasa pada bagian daerah kepala yang terasa sakit. Sehingga sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala.

Apabila merasakan rasa sakit atau nyeri di kepala akibat ketegangan dan stres, ambilah icepack lalu bisa ditaruh di kepala, bahu atau belakang leher (sesuai dengan kondisi yang dialami).

8. Mengatasi sakit kepala dengan kopi
Banyak orang yang merasa aneh bahwa konsumsi kopi mampu menghilangkan sakit kepala. Akan tetapi percaya tidak percaya, cara ini cukup efektif untuk mengatasi sakit kepala.

Apabila Kamu mengkonsumsi kopi dalam jumlah wajar (tidak berlebihan) maka kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala.

Akan tetapi yang perlu diketahui, bahwa terlalu banyak minum kopi justru dapat memicu rasa sakit kepala kembali muncul.

Menurut para ahli, senyawa kafein di dalam kopi mampu menenangkan sistem saraf yang menegang akibat dari sakit kepala.

Ingat!! konsumsi kopi dalam jumlah berlebihan, akan membuat susah tidur (insomnia), serta justru memicu sakit kepala.

9. Mengkonsumsi buah semangka
Buah semangka kaya akan kandungan air, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala, sakit kepala seringnya diakibatkan oleh dehidrasi di dalam tubuh.

Menurut Huffingtonpost.com, semangka memiliki kandungan mineral penting yaitu magnesium dan kalium. Dengan tercukupi kandungan magnesium dan kalium maka proses penyembuhan sakit kepala dapat lebih cepat, dan juga mencegah resiko tinggi tubuh terkena sakit kepala.

Sakit kepala sebenarnya adalah sesuatu yang tidak dapat dianggap remeh, karena sakit kepala ini dapat mengganggu secara pasti semua aktivitas sehari-hari Kamu,.

Segera ambil tindakan ketika muncul rasa sakit kepala, minimal hal pertama yang perlu dilakukan adalah minum air putih yang cukup untuk tubuh.

[INFO TAMBAHAN]
Penyebab resiko tinggi sakit kepala, yang perlu dihindari, yaitu:
  1. Kekurangan tidur
  2. Sering begadang, sehingga tidur di sing hari
  3. Tertalu banyak pikiran, contohnya terlalu sering memikirkan masalah ekonomi, hutang, dll
  4. Berlebihan dalam minum kopi 
  5. Terlalu lama menggunakan komputer, laptop, atau gadget, sehingga terkena pancaran radiasi tinggi dari perangkat tersebut
  6. Terlalu lelah bekerja
  7. Olahraga yang berlebihan
  8. Terlalu lama berada di bawah matahari terik secara langsung
  9. Telat makan
  10. Minum alkohol
  11. Mata yang bekerja terlalu lelah
  12. Kekurangan asupan vitamin D
  13. Merokok, kandungan nikotin di dalamnya membuat sakit kepala


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan