Apakah Boleh Buah Nangka & Sayuran Nangka Dikonsumsi Ibu Hamil?

Apakah boleh buah nangka dikonsumsi oleh ibu hamil? Sebuah topik yang akan dibahas pada kali ini mengenai buah nangka. Dimana buah nangka ini juga bisa dikonsumsi menjadi sebuah sayur.

Terdapat beberapa isu informasi mengenai "amankah buah nangka ini dikonsumsi oleh ibu hamil?", dimana sebagian ada yang menjawab aman, dan sebagian lagi ada yang menjawab tidak aman yang harus dihindari oleh Ibu Hamil.



Yang mengatakan tidak boleh, karena menurut mereka buah tersebut dapat menyebabkan keguguran.

Sebelum membahas lebih dalam tentang boleh tidaknya ini, akan dibahas terlebih dahulu tenang kandungan gizi dan manfaat dari buah nangka ini.

Kandungan gizi buah nangka

Buah nangka ini memiliki nama latin yaitu Artocarpus heterophyllus, dimana asal buah nangka ini yaitu dari Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Dengan begitu buah nangka ini dikenal sebagai buah tropis yang cukup sering ditemui sebagai hidangan di Asia, dan juga termasuk di Indonesia.

Dimana di Indonesia ini, buah nangka selain dikonsumsi secara langsung, juga dapat diolah menjadi beraneka makanan seperti sayur nangka, minuman es buah, dan lainnya.

Kandungan gizi dari buah nangka, yang terkandung pada 165 gram buah nangka yaitu kalori, protein (3 gram), lemak (1g), Air (121g), omega 3 (130mg), Vitamin C (23mg), Kalsium (40mg), kalium (739mg) dan beberapa kandungan lainnya.

Berbagai kandungan gizi yang cukup banyak terdapat pada buah nangka, seperti buah nangka ini kaya dengan kandungan vitamin A dan C.

Kemudian juga kaya akan kandungan asam folat, tiamin, kalsium, magnesium, zat besi, kalium, serat dan saponin.

Kandungan saonini dapat berperan sebagai anti kanker pada tubuh.

Buah nangka ini rendah akan kolesterol, lemak jenuh dansodium, sehingga jika dikonsumsi secara rutin tentunya tidak berbahaya untuk tubuh, bahkan justru memiliki manfaat yang besar.

Manfaat umum pada buah nangka, yaitu:
  1. Kandungan magnesium yang banyak terkandung pada buah nangka bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium tubuh, dimana pada buah nangka juga terkandung Kalsium yang tinggi yang berguna untuk memperkuat tulang.
  2. Pada buah Nangka juga terkandung zat besi yang memiliki manfaat untuk memperlancar peredaran darah di dalam tubuh, serta juga mencegah terjadinya anemia.
  3. Kandungan Kalium berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah, sangat berguna untuk mengurangi risiko serangan jantung, dan juga termasuk stroke.
  4. Kandungan serat bermanfaat untuk mencegah terjadinya sembelit, yang berguna untuk memperlancar buang air besar.
  5. Kandungan Fruktosa dan Sukrosa berkhasiat untuk menambah energi pada tubuh, tanpa adanya resiko kolesterol pada tubuh.
  6. Kandungan anti-kanker berkhasiat untuk melawan radikal bebas, dan menghambat terjadinya degenerasi sel.
  7. Kandungan anti-ulterasi berkhasiat untuk melindungi usus dari luka, membantu proses penyembuhan borok, dan menjaga kesehatan pencernaan.
  8. Vitamin A pada buah nangka bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.


Efek samping dari mengonsumsi buah nangka

Selain memiliki manfaat yang banyak, Buah nangka juga memberikan efek samping yang perlu untuk diketahui.

Yang pertama buah nangka dapat menyebabkan terjadinya reaksi alergi pada beberapa kasusnya...

...shingga jika Kamu memang termasuk orang yang alergi memakan buah nangka, maka lebih baik menghindarinya.

Efek samping kedua yaitu dapat meningkatkan koagulasi untuk orang yang menderita kelainan darah.

Efek samping ketiga yaitu dapat mengubah tingkat toleransi glukosa pada pasien diabetes, sehingga untuk penderita diabetes tidak dianjurkan mengkonsumsi buah nangka.

Apakah boleh buah nangka dikonsumsi oleh ibu hamil?

Banyak juga orang yang menganggap bahwa mengkonsumsi buah nangka selama masa kehamilan dapat mengakibatkan terjadinya resiko keguguran, akan tetapi informasi tersebut hanya baru sebatas mitos saja.

Karena memang belum ada ahli kesehatan yang menyatakan demikian dengan penjelasan ilmiahnya.

Dan, ternyata buah nangka yang sangat kaya akan nutrisi, memilki manfaat untuk ibu hamil dan janin, sehingga untuk ibu hamil sebenarnya masih boleh mengkonsumsi buah nangka ini.

Kandungan vitamin A yang terdapat pada buah nangka memiliki manfaat untuk perkembangan janin, kemudian sangat berperan untuk pembentukan fungsi organ mata dari sang janin.

Kandungan vitamin B3 pada buah nangka membuat hormon menjadi lebih baik, meningkatkan imunitas, serta bermanfaat menghindari terjadinya resiko stres pada wanita hamil.

Adapun kandungan magnesium dan kalsium bermanfaat untuk bagi ibu hamil, dimana selama masa hamil akan membutuhkan kalsium yang tinggi.

Kalsium bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin.

Sementara zat besi bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan zat besi wanita selama masa hamil, serta dapat mencegah terjadinya anemia.

loading...

Ibu hamil hanya perlu membatasi mengkonsumsi buah nangka...

Walaupun memiliki manfaat, ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi nangka dalam jumlah yang sangat tinggi. Karena kandungan serat yang tinggi pada buah nangka jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan diare untuk wanita hamil.

Untuk itu, hendaknya buah nangka dikonsumsi secara wajar, buah nangka ini aman dan boleh dikonsumsi oleh wanita hamil (asal tidak berlebihan).

Ibu hamil juga perlu membatasi konsumsi sayur nangka...

Perlu diketahui, bahwa sayur nangka bisa membuat perut sangat bersiko memproduksi gas berlebihan yang menyebabkan kembung pada perut.

Walaupun sebenarnya tidaklah semua ibu hamil mengalami perut kembung karena mengkonsumsi sayur nangka, hal itu karena sensitifitas perut terhadap buah nangka berbeda antar orang.

Adapun, Ibu hamil yang memang senstif dengan sayuran nangka, maka lebih baik menghindari mengkonsumsinya.

Kondisi perut yang kembung mengakibatkan rasa yang tidak nyaman, karena terdapat beberapa kasus masalah perut kembung menimbulkan masalah pada kesehatan janin apabila tidak diatasi dengan baik.


Demikian juga, faktanya sayur nangka tidak memiliki gizi atau nutrisi yang bermanfaat untuk bayi.

Apabila hanya mengkonsumsi sayuran nangka tidak berlebihan, yaitu 1-2 kali dalam seminggu, maka masih diperbolehkan. Tetapi ingat!! Jangan membiasakan diri mengkonsumsi sayuran nangka saat masa kehamilan.

Baca juga:

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan