Cara Mengatasi & Mengurangi Gatal di Kulit Selangkangan

Untuk yang sudah pernah merasakan gatal yang sangat pada selangkangan, tentu akan mengetahui beratnya penyakit ini...

Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengatasi atau minimalnya mengurangi rasa gatal pada kulit selangkangan.

Selakangan sebenarnya merupakan bagian tubuh yang rentan terkena serangan kuman atau bakteri.

Kuman ataupun jamur menjadi “aktor” dibalik rasa gatal yang terasa sangat di tubuh, terutama di selangkangan ini...

Karena bagian yang rentan untuk “dikuasai” jamur adalah pada bagian lipatan-lipatan di tubuh. 

Yang menjadi penyebab dari rasa gatal di selangkangan (lipatan di dalam paha) lainnya, seperti memakan makanan yang ternyata membuat tubuh alergi, yang menjadi penyebab selain dari serangan kuman dan jamur.

Makanan-makanan yang menyebabkan alergi umumnya (tidak selalu) yaitu udang, telur, ikan asin, ikan tongkol dan yang lainnya. 

Kemudian yang paling penting sebenarnya pada masalah aktifitas sehari-hari. Bakteri dan kuman sangat mudah menyerang bagian tubuh yang kurang diperhatikan kebersihannya. 

Dan yang paling sering terjadi yaitu di selangkangan karena terlalu sering lembab, apalagi jarang dibersihkan sehingga jamur berkembang dengan sangat cepat disana.

Cara mengurangi dan mengatasi rasa gatal di selangkangan...

Orang yang mengalami rasa gatal di selangkangan maka akan sangat menderita, dan minimalisir kebiasaan untuk menggaruk. Langsung saja, berikut di bawah ini beberapa cara yang penting untuk dicoba.
  1. Kamu bisa gunakan salep berbahan kimia, karena ini memang bagus, tetapi tentu dengan resep atau saran dari dokter, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Selain menggunakan salep berbahan kimia, Kamu juga bisa menggunakan cara tradisional, contohnya seperti asam gelugur dan asam kendis yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan jamur di selangkangan.
  3. Sangat penting, hindari menggunakan celana ketat, bahkan sangat sempit, karena nantinya kulit pada lipatan paha akan terasa panas, yang berakibat banyak keringat di selangkangan.
  4. Ketika mandi, gunakan sabun antiseptik untuk membersihkan badan, yang bermanfaat untuk membersihkan kulit dari bakteri dan jamur.
  5. Pastikan pakaian yang Kamu gunakan dalam keadaan yang bersih, hindari keringat berlebih pada bagian selangkangan, jika terjadi maka ganti segera celana dalam agar bakteri tidak berkembang disana.
  6. Disarankan untuk menggunakan celana dalam yang mampu menyerap keringat dengan baik, sehingga menghindari selangkangan mengalami kelembapan.
  7. Rajin membersihkan tubuh, terutama pada bagian selangkangan, yang sangat lembab.
  8. Untuk sementara, Kamu per menghindari segala makanan (pantangan) yang mengakibatkan kulit merasa gatal, untuk hal in Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter, atau orang yang memiliki pengetahuan tentang hal ini.
  9. Untuk pengobatan tradisional juga, Kamu dapat menggosokkan daun sirih di kulit yang terasa gatal. Tau dengan mengekstrak daun sirih yang nantinya untuk membilas / mencuci kulit.
  10. Terakhir, jaga kesehatan tubuh secara umum, karena sedikit banyak akan berpengaruh.

Apabila memang penyakit yang Kamu rasakan sudah sangat parah, maka segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, demikian saja semoga bermanfaat.

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan