32 Cara Ampuh Mengatasi & Mengurangi Gatal di Kulit Selangkangan


Untuk Anda yang pernah merasakan gatal yang sangat pada selangkangan, tentu akan mengetahui beratnya penyakit ini.

Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengatasi atau minimalnya mengurangi rasa gatal pada kulit selangkangan.

Area selangkangan yang gatal, biasanya tampak kemerahan atau tampak mengelupas. Selain itu, pada gatal selangkangan di bagian pinggir bisa tampak seperti bentuk kulit yang lecet.

Selakangan merupakan bagian tubuh yang rentan terkena serangan kuman atau bakteri.

Cara Ampuh Mengatasi & Mengurangi Gatal di Kulit Selangkangan

Penyebab gatal di selangkangan

Kuman ataupun jamur menjadi “aktor” dibalik rasa gatal pada tubuh, utamanya di selangkangan ini yang sangat menyiksa...

...hal itu karena bagian yang rentan untuk “dikuasai” jamur adalah pada bagian lipatan-lipatan di tubuh.

Yang menjadi penyebab dari rasa gatal di selangkangan (lipatan di dalam paha) lainnya, seperti memakan makanan yang ternyata membuat tubuh alergi, yang menjadi penyebab selain dari serangan kuman dan jamur.

Makanan-makanan yang menyebabkan alergi umumnya yaitu udang, telur, ikan asin, ikan tongkol dan yang lainnya. Sehingga perlu dibatasi konsumsinya.

Kemudian yang sangat penting yaitu ada pada aktifitas sehari-hari. Bakteri dan kuman sangat mudah menyerang bagian tubuh yang kurang diperhatikan kebersihannya.

Dimana yang sering terjadi yaitu kondisi selangkangan yang terlalu sering lembab, apalagi jarang dibersihkan sehingga jamur berkembang dengan sangat cepat disana.

Umumnya gatal selangkangan merupakan infeksi jamur di bagian terluar dari kulit. Infeksi yang juga dikenal sebagai tinea cruris ini bisa juga menyerang bagian terluar dari rambut atau kuku.

Selangkangan menjadi bagian tubuh yang menjadi tempat jamur berkembang biak dengan cepat karena kondisinya yang lembab dan hangat. Infeksi jamur pada selangkangan tidak jarang disertai rasa nyeri.

Khususnya bagi penderita diabetes dan obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gatal pada selangkangan akibat infeksi jamur.

Selain infeksi jamur, penyebab gatal pada selangkangan karena terjadinya iritasi dari pakaian dalam yang terlalu ketat, infeksi bakteri pada vagina wanita, infeksi kulup pada pria (akibat kurang bersih), kudis dan lainnya.

Cara mengurangi dan mengatasi rasa gatal di selangkangan

#1. Pertama-tama Anda harus tenangkan diri dulu
Rasa gatal yang dialami akan sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Sehingga untuk menetralisir masalah ini, penting untuk membuat pikiran Anda setenang mungkin.

Hindari memikirkan hal yang memberatkan pikiran karena akan membuat Anda menjadi sangat menderita. Jangan memikirkan hal yang tidak perlu dan aneh-aneh.

Dengan pikiran dan jiwa yang tenang maka Anda dapat lebih nyaman ketika diserang rasa gatal seperti itu.

Hal lainnya agar Anda bisa lebih nyaman, tata kamar atau ruangan tempat Anda berada dengan rapih. Rapihkan kasur tidur, bantal, guling, benda-benda lainnya dan lipat selimut Anda. Sehingga hal ini membuat mood Anda menjadi bagus.

#2. Jangan menggunakan celana ketat
Sangat penting menghindari penggunaan celana ketat atau sempit, karena nantinya kulit pada lipatan paha akan terasa panas, yang berakibat banyak keringat di selangkangan.


#3. Pilih celana dalam yang mampu menyerap keringat
Disarankan untuk Anda, agar membeli celana dalam yang mampu dengan baik menyerap keringat. Hal ini sangat penting untuk menghindari selangkangan mengalami kelembapan.

#4. Mandi yang baik
Mandi sangat baik untuk membersihkan badan, selain itu juga membuat pikiran menjadi tenang dan tubuh pun dalam kondisi prima.

Disarankan ketika mandi, gunakan sabun antiseptik untuk membersihkan badan, manfaatnya untuk membersihkan kulit dari bakteri dan jamur.

Sebuah bencana besar jika seseorang malas untuk mandi. Hendaknya paling sedikit mandi 2 kali dalam sehari.

#5. Jangan lupa ganti pakaian menjadi bersih
Pastikan pakaian yang Anda gunakan dalam keadaan yang bersih, serta hindari keringat berlebih pada bagian selangkangan.

Untuk itu, ketika Anda mengalami keringati maka segera ganti celana dalam agar bakteri tidak berkembang disana.

#6. Gunakan obat atau salep
Anda bisa membeli salep berbahan kimia, karena ini memang bagus, tetapi tentu agar aman maka ikuti cara pemakaiannya dengan benar, kalau bisa dengan resep atau saran dari dokter. Sehingga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengatasi gatal pada selangkangan akibat jamur dapat menggunakan krim atau bedak antijamur. Sebelum memakainya, cuci bersih bagian tubuh yang terinfeksi dengan air. Disarankan mencuci dengan sabun juga.

Oleskan krim atau bedak secara merata dan teratur. Dalam penggunaan, ikuti petunjuk pemakaian dengan tepat.

Walaupun gejala mereda, jangan hentikan penggunaan yang terlalu cepat. Akan tetapi tetap mengikuti frekuensi dan lamanya waktu pemakaian sesuai yang tertera pada label produk.

Pada laman tanya jawab kesehatan Meetdoctor.com, seorang bernama hadi menanyakan apa merek obat untuk jamur atau Iritasi penyebab gatal di selangkangan?

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Yunisa Astiarani, seorang dokter umum:

“Sebaiknya anda memeriksakan diri dulu pada dokter untuk memastikan penyebab gatal. karena bisa disebabkan oleh bakteri atau jamur atau alergi yang membutuhkan penanganan yang berbeda dan berlawanan.

kelainan karena jamur biasanya berbentuk seperti pulau dengan pinggir pulau kemerahan dan makin melebar, untuk jamur, anda bisa menggunakan krim ketokonazole yang dioleskan hingga 2-3 kali perhari.

namun jika kelainan cukup luas, anda dianjurkan untuk mengonsumsi obat minum, seperti griseofulvin atau ketokonazole tablet yang dosisnya harus disesuaikan dengan kelainan. Harus dibawah pengawasan dokter.

selain itu harus menjaga agar daerah selangkangan tetap kering dan tidak lembab, dengan lebih sering mengganti pakaian dalam, terutama setelah aktifitas fisik”.

#7. Jangan sering menggaruk
Orang yang mengalami rasa gatal di selangkangan akan suka menggaruk. Sehingga, penting untuk diingat agar mengurangi keinginan untuk menggaruk ini.

Ketika gatal pada selangkangan akibat jamur sering digaruk, maka menyebabkan resiko terjadinya infeksi bakteri. Jika hal ini terjadi, mungkin diperlukan pengobatan antibiotik. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan antibiotik harus di bawah pengawasan dokter.

#8. Rajin membersihkan tubuh
Ini yang harus selalu dinggat, membershikan tubuh terutama pada bagian selangkangan, karena kondisinya yang sangat lembab.

Menjaga area selangkangan tetap bersih dan kering merupakan salah satu kunci untuk mencegah infeksi jamur, sehingga mencegah timbulnya rasa gatal.

Setelah olahraga pastikan Anda untuk segera mandi. Keringkan tubuh (terutama pada selangkangan) setelah Anda mandi. Lalu gunakan pakaian yang bersih.

Hindari terlalu lama mengenakan pakaian atau celana yang lembap atau basah, seperti setelah Anda berolahraga atau berenang

loading...

#9. Ketahui penyebab gatal pada selangkangan
Sulit untuk bisa mengatasi masalah secara tuntas tanpa mengetahui apa masalahnya. Oleh karena itu penting mengetahui apa saja kemungkinan penyebab gatal pada selangkangan, yaitu:

—Infeksi Jamur, merupakan penyebab tersering gatal di selangkangan. Jamur mudah tumbuh pada selangkangan karena kondisinya lembab apalagi jika kurang bersih. Ciri khas dari jamur pada selangkangan yaitu berwarna merah-coklat sampai kehitaman dengan batas tegas seperti pulau, kulit bersisik atau mengelupas. Rasa gatal semakin parah ketika berkeringat.

—Intertrigo, merupakan peradangan pada kulit (dermatitis) yang hanya mempengaruhi lipatan kulit. Terjadi ketika kulit teriritasi oleh gesekan antar kulit atau dengan pakaian, yang diperburuk oleh kondisi yang lembab dan panas, juga kondisi tubuh yang obesitas. Gejala Intertrigo yaitu kemerahan pada kulit, rasa terbakar, dan gatal-gatal di lipatan kulit termasuk lipat paha atau selangkangan.

—Infeksi Bakteri. Infeksi bakteri yang ditandai dengan gatal diselangkangan berwarna kemerahan dan terbentuk nanah. Jika parah bisa menimbulkan rasa nyeri dan demam.

—Scabies, merupakan peradangan kulit disebabkan oleh kutu Sarcoptes scabei. Salah satu tempat bersarangnya yaitu kulit yang tipis seperti sela-sela jari, perut, dan daerah selangkangan. Gejalanya: rasa gatal pada kulit terutama di malam hari.

—Reaksi alergi, pemicunya: iritasi kimia seperti deterjen, semprotan tubuh, pelembut kain, busa kontrasepsi, dll. Yang kemudian bisa menyebabkan pembentukan gatal, ruam merah pada selangkangan.

Penyebab lainnya yang memicu gatal di selangkangan yaitu kutu kemaluan (Phthirus pubis).

#10. Hindari makanan pantangan
Untuk sementara waktu ketika mengalami gatal, Anda perlu menghindari segala makanan (pantangan) yang mengakibatkan kulit menjadi gatal. Berikut makanan yang perlu Anda hindari (batasi) konsumsinya:

Telur
Telur perlu dihindari bagi orang yang mengalami kulit gatal karena kandungan yang terdapat di dalam telur mengakibatkan kulit menjadi terangsang yang memicu terjadinya ruam (kulit berwarna kemerahan).

Seafood
Seafood menjadi pantangan untuk Anda yang mengalami gatal pada kulit, yang berkemungkinan besar jika memakannya maka kulit bisa beresiko mengalami gatal. Yang dimaksud makanan seafood ini,  diantaranya kepiting, cumi-cumi, udang dan tiram.

Tepung Terigu
Saat menderita penyakit gatal sebaiknya mengurangi konsumsi tepung terigu. Dalam kondisi tubuh tertentu tepung terigu bisa mengakibatkan alergi pada kulit.

Batasi konsumsi garam
Garam sebenarnya sangat baik untuk menyembuhkan gatal di badan dengan cara merendam kulit yang gatal dengan air hangat dicampur garam. Akan tetapi cukup banyak mengkonsumsi garam justru bisa memicu gatal.

Garam memiliki kandungan natrium yang akan menyerap air di dalam tubuh. Dehidrasi atau kekurangan cairan membuat kulit menjadi kering, yang memicu gatal.

Ikan
Ikan dan beberapa jenis daging dapat memicu reaksi alergi kulit, membuat timbulnya rasa gatal.
Selain itu menimbulkan infeksi kulit. Ada banyak jenis ikan laut yang beresiko menimbulkan reaksi alergi atau gatal, seperti ikan kembung, kakap, tongkol, tuna, sardin, makerel, dan salmon.

Kacang
Berdasarkan apa yang telah dijelaskan oleh ahli gizi, bahwa mengkonsumsi kacang bagi penderita kulit gatal mengakibatkan alergi dan ruam pada kulit.

 Kacang Kedelai
Pada kacang kedelai mengandung Phytoestregen, pada orang yang mengalami gatal-gatal pada kulit tidak disarankan mengkonsumsinya, karena memicu timbulnya rasa gatal.

Susu Sapi
Susu sapi kaya akan allergen utama seperti protein kasein dan beta lactoglubin. Dimana para ahli menyebutkan, bahwa saat susu sapi bisa merangsang alergi pada tubuh, seperti masalah kulit gatal, sakit perut dan rasa mual.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam mengatasi gatal di selangkangan:

#11. Disarankan memilih pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun.

#12. Jangan menggunakan pakaian dalam atau celana yang terlalu ketat.

#13. Segera cuci pakaian, pakaian dalam, kaus kaki, atau handuk tiap kali setelah dipakai.

#14. Jangan berbagi baju atau handuk dengan orang lain.

#15. Ketika berada di kamar mandi yang digunakan untuk umum, gunakan alas kaki.

#16. Hindari terlalu lama mengenakan pakaian atau celana lembap atau basah, misalnya setelah Anda berolahraga atau berenang.

#17. Disarankan mengenakan celana longgar, karena gatal di selangkangan bisa dipicu karena mengenakan celana yang ketat. Selain celana longgar, pilih bahan yang baik dalam menyerap keringat.

#18. Tepat setelah selesai berolahraga, pastikan untuk tidak segera menggantu pakaian dalam dan celana karena sudah penuh dengan keringat. Jamur rentan berkembang biak di selangkangan dan paha.

#19. Ketika berbelanja untuk pakaian dalam dan renang, hindari untuk mencobanya secara langsung. Selain itu, sebelum memakai pakaian dalam dan renang yang baru dibeli maka cuci terlebih dahulu.

#20. Hindari penyebaran infeksi jamur dari kaki ke selangkangan. Caranya: Keringkan dan pastikan bersih bagian kaki sebelum mengenakan celana. Lalu gunakan kaus kaki sebelum mengenakan celana, hal ini untuk meminimalisir penularan dari kaki ke celana lalu ke selangkangan.


#21. Hindari penggunaan produk seperti deodoran di daerah selangkangan atau produk lainnya yang berpotensi mengiritasi kulit dan membuat gatal semakin parah.

#22. Lebih rajinl untuk membersihkan bagian selangkangan setiap hari dan keringkan sebelum memakai pakaian dalam.

#23. Ganti pakaian dalam setiap harinya. Terutama pakaian celana dalam. Jangan memakai pakaian yang sama dalam dua hari.

#24. Mulai sekrarang, rajinlah untuk mandi menggunakan sabun Antiseptic.

#25. Periksa apakah ada infeksi jamur atau kutu air dari kaki. Hal tersebut perlu diperhatikan karena berisiko penyebaran jamur ke bagian selangkangan.

Camuan mengobati gatal di selangkangan
Pada beberapa laman web menyebutkan beberapa cara atau ramuan tradisional untuk mengobati gatal di selangkangan, berikut saya kumpulkan di bawah ini:

#26. Terapi menggunaan es
Jika diperlukan, terapkan es atau kompres dingin pada selangkangan yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dan gatal.

#27. Menggunakan daun sirih
Cara membuat ramaun untuk mengobari gatal di selangkan: Pertama-tama siapkan 10 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih. Gunakan 5 lembar untuk digosok-gosokkan ke bagian yang gatal, dan 5 lembar sisanya direbus selama 2 sampai 5 menit.

Cara penggunaannya, pada setiap 1 lembar daun sirih digunakan untuk 1 kali gosokan pada daerah yang gatal lalu buang daun sirih yang telah dipakai, lalu ganti daun sirih yang baru dan begitu seterusnya.

Setelah itu, cuci selangkangan menggunakan air rebusan daun sirih tersebut. Ingat, tunggu air rebusan hingga hangat, baru gunakan setelahnya.

Penggunaan ramuan daun sirih ini untuk menghilangkan rasa gatal diselangkangan secara perlahan.

#28. Membilas dengan air garam
Bakteri dan jamur yang menyerang akan dilawan oleh kandungan antibakteri pada garam. Caranya, pertama-tama siapkan air garam untuk membilas area yang gatal.

Secara instan air garam ini akan meredakan rasa gatal pada selangkangan, serta mencegah perkembangan bakteri.

#29. Menggunakan asam gelugur dan asam kendis
Asam gelugur dan asam gendis mencegah pertumbuhan jamur pada selangkangan. Cara membuat ramuannya: pertama-tama siapkan asam gelugur atau asam kendis yang masih cokelat secukupnya.

Lalu rebus campuran air dengan asam tersebut hingga 5 sampai 10 menit. Lalu balurkan ramuan tersebut pada selangkangan. Lakukan secara rutin 2 sampai 3 kali setiap harinya.

#30. Menggunakan daun kecubung dan minyak kelapa
Siapkan 25 gram daun kecubung dan minyak kelapa secukupnya. Cara membuat ramuannya: tumbuk daun kecubung sampai halus lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya.

Lalu panaskan ramuan tersebut 2 sampai 5 menit. Ketika masih hangat, oleskan ramuan tersebut pada selangkangan. lakukan secara rutin 2 sampai 3 kali setiap harinya.

#31. Menggunakan bayam duri
Cara penggunaannya: Sispan 5 sampai 10 lembar daun bayam duri yang telah dicuci bersih, lalu potong menjadi beberapa bagian.

Rendamlah bayam tersebut menggunakan air bersih. kemudian rebus bayam sekitar 10-15 menit dan tambahkan sedikit garam lalu aduk hingga merata.

Gunakan air rebusan ketika masih hangat tersebut untuk mengompres bagian selangkangan.

#32. Menggunakan lengkuas, bawang putih dan cuka
Siapkan bahan: lengkuas, bawang putih dan cuka secukupnya. Cara membuat ramuannya: pertama-tama cuci lengkuas dan bawang putih hingga bersih.

Lalu giling sampai halus dan tambahkan cuka. Setelah bahan-bahan tersebut tercampur seperti lulur, lalu oleskan secara merata pada selangkangan.

Penutup
Melakukan pengobatan gatal pada selangkangan sebenarnya harus berdasarkan penyebab dasarnya. Jika Anda ragu mengenai penyebabnya, disarankan memeriksakan diri ke dokter.

Dengan memeriksakan diri ke dokter dan menjalani tes medis yang sesuai, penyebab dasarnya bisa diketahui, hasilnya Anda memperoleh cara pengobatan yang tepat.

Adapun penyakit menular seksual harus mendapatkan penanganan dokter, contohnya resep antibiotik untuk penderita sifilis, prosedur medis pengangkatan kutil dan banyak contoh lainnya, maka perlu penanganan dokter.

Ada beberapa kondisi gatal di selangkangan yang mengharuskan Anda segera menemui dokter, yaitu:
  1. Setelah dua minggu pengobatan menggunakan krim atau bedak antijamur, gejala tidak membaik. Bahkan mungkin semakin buruk kondisi penyakit.
  2. Gatal pada selangkangan terjadi secara berulang-ulang dalam sehari.
  3. Infeksi terlihar semakin parah.



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman