5 Tips Ampuh Mengurangi Mata Minus

Mata minus atau yang disebut juga dengan rabun jauh adalah sebuah penyakit kelainan pada mata sehingga menyebabkan penderitanya tidak bisa melihat dengan optimal objek yang letaknya cukup jauh. 

Tentunya gejala mata minus ini sangat membuat penderitanya tidak nyaman.

Untuk itu, pada kali ini saya share beberapa tips kesehatan untuk mengurangi kelainan mata minus ini.

Tetapi sebelumnya, perlu diketahui bahwa ada beberapa penyebab dari mata menjadi minus.

5 Tips Kesehatan Mengurangi Mata Minus

Penyebab mata minus

Untuk masyarakat di kota maka akan lebih rentan terkena gejala mata minus ini, karena umumnya masyarakat di kota sering melakukan aktifitas seperti browsing di internet dalam waktu yang lumayan lama...

Dan berbagai aktifitas semacamnya yang melelahkan mata, Membuat otot mata yang mengalami perubahan dalam mengatur fokus mata.

Sehingga nantinya ketika melihat pada objek atau benda yang jauh maka mata tidak mendapatkan fokus yang baik.

Hal itu karena terjadi perpindahan fokus karena kebiasaan dalam melihat benda terlalu dekat.

Untuk itu, seperti menonton TV yang merupakan aktifitas sangat sering dilakukan banyak orang, disarankan untuk mata tidak terlalu dekat dengan layar saat menonton TV.

Adapun untuk konsumsi makanan, maka mengkonsumsi gula secara berlebihan bisa memberikan resiko mata minus, selain beberapa penyakit lainnya yang ditimbulkan.

Tips kesehatan untuk mengurangi mata minus

Berikut di bawah ini saya paparkan beberapa tips untuk mengurangi gejala pada mata minus.

1. Istirahat yang cukup

Hal sederhana tetapi sangat penting untuk diperhatikan adalah beristirahat dengan cukup, kemudian matikan lampu ketika tidur, ini akan sangat baik untuk kesehatan mata.

Karena memang para dokter dan ahli kesehatan menyatakan tidur dengan gelap gulita tanpa ada pencahayaan sedikitpun akan sangat baik untuk kesehatan.

2. Usahakan melihat benda-benda  / objek bergerak

Aktifitas sederhana ini juga perlu Kamu lakukan, dan usahakan untuk sering dilakukan yaitu melihat  berbagai objek yang bergerak, baik itu kendaraan yang lewat, orang naik sepeda, dan semacamnya. Ini sangat baik untuk melatih fokus mata agar normal kembali.

3. Rajin membersihkan mata

Apabila Kamu memiliki obat tetes mata, maka Kamu bisa menggunakannya agar nantinya mata menjadi bersih dari kotoran dan bakteri...

Selain itu sangat ditekankan untuk rajin mencuci mata agar nantinya mata menjadi segar kembali, sehingga ini sangat biak untuk menjaga kesehatan mata.

4. Gunakan kacamata atau helm saat berkendara

Dengan menggunakan kacamata atau helm pelindung (pada mata) ketika berkendara maka ini sangat baik agar mata menghindari sentuhan secara langsung dengan debu.

Coba sedikit-sedikit lakukan aktifitas di rumah tanpa kacamata...


Jika memang rasanya tidak terlalu diperlukan, maka Kamu sekali-kali perlu melepaskan kacamata, seperti ketika di kamar, atau tidak melakukan aktifitas apa-apa, maka ini dapat melatih sedikit-demi sedikit agar fokus mata menjadi normal kembali.

5. Konsumsi beberapa makanan dan buah  yang sehat untuk mata

Beberapa makanan sehat yang dapat Kamu konsumsi seperti wortel yang mengandung vitamin A sehingga sangat baik untuk kesehatan mata.

Selain itu untuk sayuran lainnya maka Kamu dapat mengkonsumsi bayam, yang juga sangat kaya akan vitamin A.

Kamu juga dapat mengkonsumsi tomat yang juga kaya akan vitamin A.

Untuk buah-buahan maka Kamu dapat mengkonsumsi yang kaya akan vitamin A seperti pepaya, belimbing, melon, semangka dan lainnya.

Itu dia beberapa tips kesehatan untuk mengurangi gejala mata minus, semoga bermanfaat.

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan