Pentingnya Memisahkan Lap Piring dan Lap Tangan

Memang kita mungkin sudah sering untuk mengeringkan tangan dengan menggunakan lap, karena memang menggunakan lap merupakan cara yang paling mudah dalam mengeringkan tangan.

Untuk itu tampaknya Anda akan sangat perlu memperhatikan untuk memisahkan antara lap piring dan lap tangan, hal itu bertujuan agar lap tangan tidak terkontaminasi dengan bakteri E coli.

Mengapa bisa demikian? Lap yang bersih akan dapat mengurangi risiko kontaminasi bakteri E coli ke Makanan...

Terutama makanan bayi seperti pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) saat penyiapan.

Tetapi jika menggabungkan penggunaan lap tangan dengan lap piring, maka ini akan sangat berbahaya, kebersihannya tidak lagi dapat terjamin.

Sebagaimana yang dikatakan DR Aria Kusuma ketika menyampaikan disertasi di Ruang Promosi Doktor, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Depok, sekitar tahun 2012 lalu. Dia mengatakan bahwa untuk meminimalisir kemungkinan makanan (terutama MP-ASI) akan terkontaminasi E coli, maka pisahkan penggunaan lap piring dan lap tangan.

Wadah makanan bayi yang dikeringkan menggunakan lap tangan maka akan memiliki risiko E coli yang berbahaya.

Hal ini cukup penting karena masyarakat di pedesaan, bahkan di kota telah terbiasa membersihkan tangan dengan  menggunakan lap khusus peralatan makan.

Lap yang digunakan juga seringnya bukan single use, sehingga ini akan menjadi lebih berbahaya, karena berarti seluruh anggota keluarga juga menggunakannya.

Selain memisahkan antara penggunaan lap tangan dan piring (peralatan makan), demikian juga perlu untuk mencuci lap dengan cukup sering untuk menghindari E coli dapat masuk ke makanan.

Semoga Bermanfaat.

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan