Pentingnya Cuci Lap Tangan Setiap Hari, Dan Menjaga Kebersihannya

Sebenarnya sangatlah penting untuk memperhatikan kebersihan lap yang tentunya biasa digunakan untuk mengeringkan sesuatu, dan terutama untuk mengeringkan tangan setelah mencuci tangan.

Hal itu penting karena lap yang bersih akan dapat mengurangi risiko dari kontaminasi bakteri E coli ke Makanan ketika menyiapkan makanan.

Terutama makanan bayi seperti Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) untuk bayi berusia 6-12 bulan.

Perlu diketahui bahwa mencuci tangan dengan menggunakan sabun, ditambah lagi dengan air yang mengalir, itu belum lah dapat maksimal untuk memutus kontaminasi bakteri Escherichia coli (E coli)  apabila  lap yang digunakan untuk mengeringkan tangan tidaklah bersih.

Para Kaum ibu untuk itu sangat disarankan memperhatikan kualitas kebersihan lap yang sehari-hari digunakan untuk keperluan menyiapkan makanan.

Hal ini karena sudah menjadi kebiasaan dalam rumah tangga, baik itu di kota kecil maupun pedesaan untuk menggunakan lap dalam membersihkan tangan.

Sayangnya, lap yang digunakan bukan single use yang berarti seluruh anggota keluarga ikut menggunakannya.

Berbeda dengan penggunaan tisu yang akan bisa langsung untuk dibuang, tetapi penggunaan lap dalam membersihkan tangan dengan berkali-kali akan menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihentikan.

Untuk itu, agar dapat meminimalisir kemungkinan makanan akan terkontaminasi bakteri E coli, maka sangat disarankan untuk mencuci dan menggunakan lap baru pada setiap harinya.

Semoga bermanfaat.

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan