Mencuci Peralatan Makan Agar Bebas E Coli

Pada kali ini akan dibahas tentang cara mencuci peralatan makan, terutama peralatan makanan bayi agar dapat terbebas dari bakteri E-coli.

Dalam sebuah studi di zaman modern ini yang dilakukan dengan  melibatkan 139 ibu rumah tangga, dan 599 bayi berusia 6-12 bulan di wilayah Solok, Sumatera Barat. Ternyata sekitar 74% peralatan makan bayi terkontaminasi dengan bakteri E coli.

Kontaminasi bakteri E coli dapat menyebabkan bayi terkena resiko tinggi penyakit diare, dimana penyakit ini tergolong sangat berbahaya, apabila tidak ditangani secara tepat maka dapat menyebabkan kematian.

Mencuci Peralatan Makan Agar Bebas E Coli
Mencuci Peralatan Makan
“Pada 2006, World Health Organization (Organisasi kesehatan dunia) merilis lima cara pencucian peralatan makan yang tepat untuk menghindari seluruh anggota keluarga dari penyakit,” kata Aria Kusuma yang saat itu dalam disertasinya untuk meraih program doktor di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Depok.

Adapun cara pencucian peralatan makan yang baik dan benar, pertama Sisa makanan pada peralatan makan harus dibuang ke tempat sampah. 

Kemudian peralatan harus dicuci dalam air yang diberi sabun yang cukup dengan menggunakan kain atau sikat untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel.

Yang ketiga, yang dapat Anda praktekan adalah setelah peralatan makan disabuni, kemudian dibilas dengan air hangat. 

Kemudian, peralatan juda dapat dibersihkan dengan menggunakan larutan desinfektan atau air panas.

Hal terakhir yang juga perlu diperhatikan, peralatan makan dapat Anda dianginkan (Agar cepat kering) atau dilap dengan menggunakan lap bersih atau tisu sekali pakai.

Semoga bermanfaat.

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan