Cara Menyikat Gigi Yang Baik Dan Benar

Kita dari kecil tentunya sudah pernah diajarkan untuk menyikat gigi...

Biasanya, yang paling utama adalah di pagi hari dan juga malam hari sebelum tidur.

Dengan menggosok gigi, kita dapat menjaga kesehatan gigi.

Gigi yang sehat yaitu gigi yang bersih dan ditopang dengan gusi yang juga sehat. Gusi yang sehat yaitu berwarna merah muda dan juga akan terlihat kencang.

Hal yang perlu diperhatikan adalah orang-orang yang langsung menyikat gigi setelah selesai makan, karena mungkin semangatnya (tetapi berlebihan)...

Sehingga perlu diketahui bahwa pada kenyataannya kadar pH dalam mulut akan berubah setelah kita selesai makan.

Dengan begitu lapisan email gigi akan bisa menipis apabila langsung menyikatnya. Untuk itu sikatlah gigi sekitar 30 menit sampai satu jam setelah makan, dengan begitu kita akan menyikat gigi ketika kadar asam dalam mulut kembali normal.

Hal yang tampaknya perlu diketahui juga yaitu bahwa menyikat gigi pada malam hari akan memiliki manfaat yang sangat tinggi, untuk itu jangan lupa sebelum tidur harus menyikat gigi terlebih dahulu.

Hal ini karena gigi dan mulut sudah digunakan beraktifitas selama seharian, sehingga sisa-sisa makanan akan lebih banyak pada malam hari.

Saat tidur maka mulut dan gigi akan beristirahat total, nah dengan begitu dengan membersihkan gigi pada malam hari maka berguna agar sisa-sisa makanan tidak akan bereaksi dengan enzim dalam mulut.

Demikian juga agar menunjang kebersihan gigi secara optimal, maka pilihlah sikat gigi dan pasta gigi yang bagus.

Sikat gigi yang bagus ciri-cirinya yaitu sikat gigi yang bulu-bulunya dapat memijat pada bagian gusi. Untuk itu pilihlah sikat gigi dengan bulu yang tidak terlalu keras.

Adapun penyebab lubang pada gigi tidak hanya karena makanan manis, dan juga sisa-sisa endapan makanan, tetapi apabila seseorang salah menyikat gigi, maka akan dapat mengakibatkan gigi menjadi berlubang.

Anda perlu menghindarkan hal yang dapat menyebabkan masalah gusi yang bengkak  karena terlalu menekan sikat gigi secara keras.

Untuk itu, yang perlu diketahui bahwa menyikat gigi tidak hanya tarik sana dan tarik sini, apalagi secara kasar...

...Yang harus dilakukan adalah menggosok dengan pelan-pelan saja, tetapi mengenai banyak tempat sehingga dapat  menghilangkan sisa makanan yang tertempel di dalam mulut atau gigi.

Kesimpulan

Adapun tujuan utama menggosok gigi yaitu untuk menghindarkan dan membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi...

Apabila sisa makanan ini dibiarkan maka nantinya akan membentuk plak kuning.

Dan jika plak kuning itu juga dibiarkan maka akan mengakibatkan karang gigi dan juga bau tak sedap pada mulut.

Selain itu memilih sikat gigi yang baik juga harus diperhatikan, agar gigi bisa tetap sehat.

Semoga bermanfaat.

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan