Cara Menyikat Gigi Yang Benar (Kesalahan dalam Menyikat Gigi)


Kita dari kecil tentunya sudah pernah diajarkan untuk menyikat gigi.

Biasanya sikat gigi yang paling utama adalah pagi hari dan juga malam hari sebelum tidur.

Dengan menggosok gigi, sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi.

Gigi yang sehat yaitu gigi yang bersih dan ditopang dengan gusi yang juga sehat. Gusi yang sehat yaitu berwarna merah muda dan terlihat kencang.

Cara Menyikat Gigi Yang Benar (Kesalahan dalam Menyikat Gigi)
Sikat Gigi | Sumber gambar: Wikimedia.org

Banyak orang-orang yang langsung menyikat gigi setelah selesai makan, karena mungkin saking semangatnya...

...Perlu diketahui bahwa kadar pH dalam mulut akan berubah setelah selesai makan. Dengan begitu lapisan email gigi akan bisa menipis apabila langsung menyikatnya.

Untuk itu sikatlah gigi sekitar satu jam setelah makan, dengan begitu Anda menyikat gigi ketika kadar asam dalam mulut kembali normal.

Penting untuk sikat gigi pada malam hari sebelum tidur
Hal yang penting diketahui, bahwa menyikat gigi pada malam hari memiliki manfaat yang sangat besar, untuk itu jangan lupa sebelum tidur harus menyikat gigi terlebih dahulu.

Hal itu karena gigi dan mulut sudah digunakan beraktifitas selama seharian, sehingga sisa-sisa makanan akan lebih banyak pada malam hari.

Saat tidur, mulut dan gigi akan beristirahat total, yang dengan begitu jika membersihkan gigi pada malam hari sangat berguna agar sisa-sisa makanan tidak akan bereaksi dengan enzim dalam mulut.


Jangan asal pilih produk
Agar menunjang kebersihan gigi secara optimal, maka pilihlah sikat gigi dan pasta gigi yang bagus.

Sikat gigi yang bagus ciri-cirinya yaitu sikat gigi yang bulu-bulunya dapat memijat pada bagian gusi. Untuk itu pilihlah sikat gigi dengan bulu yang tidak terlalu keras.

Penyebab lubang pada gigi tidak hanya karena makanan manis, dan juga sisa-sisa endapan makanan, tetapi apabila seseorang yang salah dalam menyikat gigi, yang dapat mengakibatkan gigi menjadi berlubang.

Gosok dengan lembut
Gosoklah gigi anda dengan lembut. Jangan terlalu keras dan gosoklah dengan lama di arah depan terlebih dahulu.

Menggosok gigi dengan keras menyebabkan gusi surut dan gigi menjadi sensitive.

Anda perlu menghindarkan hal yang beresiko menyebabkan gusi bengkak, akibat terlalu menekan saat menggunakan sikat gigi secara keras.

Perlu diketahui, bahwa menyikat gigi tidak hanya tarik sana dan tarik sini, apalagi dilakukan secara kasar.

Yang benar adalah menggosok dengan perlahan sehingga mengenai banyak tempat, yang ampuh untuk menghilangkan sisa makanan yang tertempel di dalam mulut atau gigi.

Sikat gigi satu persatu
Hindari menyikatnya gigi lansung keseluruhan, akan tetapi satu per satu. Usahakan menyikat gigi selama 10 detik per gigi. Sehingga gigi benar-benar bersih.

Rongga mulut juga sebaiknya dibersihkan dengan baik.

Sikat arah vertical
Sikat gigi dengan arah vertical hingga seluruh kotoran pada sela-sela gigi terangkat. Pastikan semua sela-sela gigi terkena sikat gigi.

Vertikal di bagian kanan dan kiri
Setelah menyikat gigi bagian depan, lalu beralih menyikatnya secara vertical di bagian samping kanan dan kiri.

Sikat bagian dalam gigi
Setelah menyikat bagian samping kanan dan kiri, lalu sikat bagian dalam gigi. Sikat ccara merata dan perlahan bagian dalam gigi. Hal itu karena bagian dalam gigi banyak terdapat sisa-sisa makanan.

loading...

Menyikat lidah dan langit-langit
Saat menyikat gigi, bukan hanya gigi yang disikat, namun sikat juga lidah dan langit-langit, sebab bakteri juga bersarang di dua tempat tersebut.

Cara menyikat lidah yang benar
Dari laman Okezone.com. Bila Anda kurang memperhatikan menyikat lidah, beresiko timbulnya penyakit gusi, yang berkorelasi dengan penyakit jantung. Ini adalah penjelasan Pia Lieb, DDS, dokter gigi kosmetik di New York City.

Kebersihan lidah yang kurang juga menyebabkan napas berbau.

“Untuk membantu Anda menangani masalah ini, gunakanlah alat pembersih lidah plastik yang keras dan kuat. Hindari model gelang lembut atau lekukan pada bagian belakang sikat gigi Anda, yang tidak cukup kuat untuk membersihkan lidah,” saran Dr Lieb.

Setelah memiliki alat pembersih lidah, capai bagian belakang lidah dan kerik permukaan lidah yang berpapila beberapa kali untuk menarik setiap plak dari makanan dan bakteri, ke depan lidah.

Setelah Anda menyikat lidah, disarankan menggunakan obat kumur yang mengandung hidrogen peroksida untuk mengangkat dan membilas keluar setiap masalah yang tersisa di mulut.

Bakteri anaerob berkembang biak dalam lingkungan gelap, lembab, dan hangat seperti lingkungan mulut saat Anda sedang tidur,” kata Dr Lieb.

Gunakan penyegar mulut
Penting juga menggunakan cairan penyegar mulut. Cairan mulut bermanfaat untuk mengurangi jumlah bakteri pada mulut. Selain itu, mulut akan segar dan terhindar dari bakteri.

Pilihlah sikat yang lembut
Saat memilih sikat gigi, pilih yang bulu sikatnya lembut karena menggunakan sikat yang keras akan merusak gusi.

Hindari menggunakan sikat dengan bulu yang keras dan kaku yang mengikis enamel gigi, mengiritasi gusi dan menyebabkan resesi. Selalu gunakan sikat gigi berbulu lembut.

Setelah pemakaian sikat gigi lebih dari 3 bulan, maka anda perlu segera menggantinya dengan yang baru. Agar mendapatkan manfaat maksimal dari menyikat gigi.

Memilih bentuk bulu sikat gigi yang benar
Sama seperti beragamnya ukuran sikat gigi, sikat gigi juga dibuat dengan bulu yang bermacam-macam. Ada yang lurus, bulat, bulu miring atau zigzag.

Dokter gigi menjelaskan bahwa posisi bulu miring adalah sikat gigi yang terbaik, karena lebih mudah untuk membersihkan semua gigi dengan benar.


Jangan gosok gigi setelah mengonsumsi soda
Soda membuat gigi rapuh, jika Anda langsung menggosok gigi setelah mengonsumsinya. Sisa asam pada soda yang bercampur zat pada odol mengakibatkan gigi rentan mengalami kerapuhan.

Jangan menyikat gigi terlalu sering 
Sebagian orang berlebihan, dengan menyikat gigi terlalu sering. Jika Anda menyikat lebih dari 3 kali sehari, justru membahayakan gigi Anda sendiri karena bisa menyebabkan resesi garis gusi serta percepatan erosi enamel gigi.

Tahap-tahap menyikat gigi dengan benar
Disarankan memilih pasta gigi yang mengandung fluoride. Lalu pilih sikat gigi yang sesuai, sesuaikan kepala sikat gigi dengan lebar mulut Anda.

Kepala sikat dengan ujung yang kecil akan memudahkan Anda untuk menjangkau bagian gigi terdalam. Pilih juga sikat dengan gagang yang nyaman dipegang.

Langkah-langkah yang disarankan dalam menyikat gigi:
  1. Letakkan bulu sikat pada permukaan gigi dekat tepi gusi, dengan posisi membentuk sudut 45 derajat. Mulai menyikat gigi pada gigi geraham atas atau pada gigi belakang di salah satu sisi mulut. 
  2. Sikatlah dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama sekitar 10-20 detik untuk setiap bagian.
  3. Sikat setiap bagian gigi, mulai dari bagian gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah, gigi yang dekat dengan pipi dan lidah. 
  4. Pastikan semua permukaan gigi disikat. Serta pastikan semua sisa makanan terbuang.
  5. Untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan, Anda harus memegang sikat gigi secara vertikal atau menggunakan ujung kepala sikat gigi. Sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi. Lakukan gerakan ini berulang sebanyak 2-3 kali.
  6. Anda bisa seseali mengubah pola menyikat gigi. Karena menyikat gigi dengan cara yang itu-itu saja membuat bagian lain bisa terabaikan.
  7. Jika Anda memulainya dari bagian geraham atas, maka Anda akan menyelesaikan sikatan pada gigi geraham bawah. 
  8. Lama waktu menyikat seluruh bagian gigi adalah sekitar 2-3 menit.
  9. Terakhir, bilas mulut hingga bersih.
  10. Dan juga pastikan membilas sikat gigi hingga bersih.

Penutup
Tujuan utama menggosok gigi yaitu untuk menghindarkan dan membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi.

Apabila sisa makanan ini dibiarkan, nantinya membentuk plak kuning. Dan jika plak kuning itu dibiarkan lama akan mengakibatkan karang gigi dan bau tak sedap pada mulut.

Selain itu memilih sikat gigi yang baik juga harus diperhatikan, agar gigi bisa tetap sehat.



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman