4 Manfaat Makanan Berserat Untuk Kesehatan Tubuh

Serat merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Serat dibagi menjadi 2 macam yaitu serat larut (soluble fiber) dan serat yang tidak larut (insoluble fiber).

Serat larut bermanfaat untuk menurunkan glukosa dan kolesterol dalam darah.  Beberapa makanan yang memiliki kandungan serat larut yaitu buah apel, dan wortel.

Manfaat Makanan Berserat Untuk Kesehatan Tubuh
Makanan Berserat

Kemudian serat yang tidak larut memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan, sehingga nantinya bisa buang air besar secara teratur.

Makanan yang mengandung serat tak larut yaitu diantaranya sayuran, kentang, kacang-kacangan, kembang kol dan banyak lainnya.

Makanan berserat baik yang larut maupun yang tidak larut aman untuk dikonsumsi, dan bisa juga dikonsumsi secara bersamaan.

Manfaat makanan berserat untuk kesehatan tubuh

Mengkonsumsi serat pada makanan secara cukup atau sesuai takaran maka membantu seseorang memiliki tubuh yang sehat dan mendapatkan berat badan yang seimbang.

Berikut di bawah ini beberapa manfaat makanan serat:

1. Mencegah serangan jantung

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan dalam waktu yang panjang, disana (pada penelitian tersebut) disimpulkan bahwa makan makanan berserat ternyata berhubungan dengan pencegahan penyakit jantung.

Pada serat yang larut di dalam tubuh dapat mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Peran itulah yang akhirnya memberikan manfaat dalam menurunkan resiko penyakit jantung.

Kemudian serat juga dapat menurunkan tekanan darah.

2. Menurunkan kolesterol

Serat larut mempunyai manfaat salah satunya yaitu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, dimana kolesterol jahat tersebut sangat berbahaya karena menyebabkan terjadinya penyakit kardiovaskular.

3. Mencegah diabetes

Makanan berserat tinggi memiliki manfaat yang ampuh dalam memperlambat terjadinya penyerapan gula di dalam kadar darah. 

Sehingga apabila seseorang mengkonsumsi serat yang cukup, maka dapat lebih terhindar dari penyakit diabetes tipe 2.

4. Melancarkan pencernaan

Orang yang mengalami masalah pencernaan sehingga sulit untuk buang air besar. Maka ada kemungkinan dia kekurangan asupan serat. 

Untuk itu jika Kamu sulit buang air besar, maka dari itu disarankan untuk mengkonsumsi serat sesuai kebutuhan.

Dan masih ada beberapa manfaat lainnya dari makanan berserat, yang tentunya membuat kita sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan berserat yang cukup setiap hari untuk kesehatan tubuh. 

Semoga pembahasan tentang manfaat dari makanan berserat ini dapat bermanfaat.

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan