4 Manfaat Air Putih Yang Luar Biasa

Mungkin dari kita semuanya belum mengetahui atau belum menyadari bahwa ada banyak manfaat yang diperoleh dari meminum air putih...

Untuk itu kita perlu untuk mengkonsumsi air putih sesuai dengan takaran, tidak kurang dan tidak juga berlebihan. Karena kurang baik

Kalau mengkonsumsi air putih secara berlebihan (lebih dari yang dibutuhkan tubuh) maka dikhawatirkan kita malah menjadi trauma akan meminum air, karena akan sering buang air kecil, sehingga dengan begitu justru menjadi malas untuk minum air.

Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah merupakan dua buah organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%.

Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air lebih sebanyak 95%.

Dan secara normal, butuh akan membutuhkan 2 liter air sehari atau sekitar 8 gelas dalam sehari.

Manfaat Air Putih Yang Luar Biasa

Air berguna utamanya seperti untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh, baik melewati air seni, keringat, pernapasan, dan juga sekresi.

Nah, apabila kita mengkonsumsi air kurang dari yang dibutuhkan, maka akibatnya akan sangat berbahaya untuk tubuh...

Walaupun mungkin efek dalam jangka pendek tidak terasa, akan tetapi sebagai akibatnya tubuh justru akan menyeimbangkan diri dengan cara lain, yaitu mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri, diantaranya yaitu darah.

Dan Kekurangan air bagi darah sangatlah berbahaya untuk tubuh. Karena dengan begitu darah akan menjadi terlalu kental (karena kekurangan air)...

Akibanya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan akan menjadi sangat terganggu. Ini sangat berbahaya untuk tubuh.

Demikian juga, darah yang kental itu juga akan melewati ginjal, dimana kegunaan ginjal adalah untuk memfilter atau menyaring racun yang ada di darah, dan ginjal memiliki saringan yang sangat halus...

Apabila darah terlalu kental maka membuat ginjal harus bekerja dengan ekstra keras. Dan ini sangat beresiko ginjal mengalami kerusakan,..

Sehingga karena hal tersebut, yang membuat seseorang harus menjalani proses cuci darah di Rumah sakit, karena gagal kierja ginjal.

Demikian juga darah yang kental akan terhambat ketika ingin melewati otak, sehingga  sel otak menjadi tidak optimal, hal ini menjadi pemicu munculnya stroke.

Berikut di bawah ini beberapa manfaat air putih...


1. Memperlancar sistem pencernaan

Dengan konsumsi air dalam jumlah yang cukup pada setiap harinya, maka sangat baik memperlancar sistem pencernaan...

Dimana beberapa  manfaatnya seperti menghindarkan tubuh terserang maag, dan rasa sembelit.

Demikian juga pembakaran kalori juga akan berjalan baik. Bahkan Air putih dapat memperlambat tumbuhnya berbagai zat-zat buruk yang menyebabkan kanker, batu ginjal dan hati.

2. Menyehatkan jantung

Air putih kemudian memiliki manfaat untuk meminimalisir bahkan menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dan banyak lainnya.

Bahkan banyak pengobatan alternatif yang sederhana, memanfaatkan kemanjuran dari air putih ini.

Demikian juga untuk tubuh bagian luar, Air panas juga efektif untuk mengobati rasa lumpuh, seperti karena stroke...

Air tersebut akan memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan.

Efek panas yang ada pada air menyebabkan pelebaran pada pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan manfaat psikologinya  yaitu menenangkan pikiran.

3. Menguruskan badan

Air putih bermanfaat untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang ada di dalam tubuh, sehingga kotoran di dalam tubuh akan lebih cepat keluar lewat urine.

Sehingga konsumsi air putih juga dapat menguruskan badan, karena secara tidak langsung dapat mengurangi lemak di dalam tubuh, dengan makan yang tidak berlebihan.

4. Tubuh menjadi lebih bugar

Dengan mengkonsumsi air, maka sangat baik untuk membersihkan tubuh dari berbagai zat yang tidak diperlukan bahkan merusak di dalam tubuh, dan tubuh akan menjadi lebih segar. Demikian kulit juga akan terasa segar dan tidak cepat kering.

Apabila aktivitas semakin banyak maka akan semakin banyak juga air yang terkuras dari tubuh. Sehingga yang penting dilakukan seperti yang dijelaskan oleh pakar kesehatan bahwa jangan hanya ingat minum apabila terasa haus saja, bahkan haus yang sudah menjadi-jadi / parah.

Usahakan apabila memang sudah dibutuhkan minum, seperti sudah sekitar satu atau dua jam belum minum, maka segera minum. Walaupun memang tubuh dirasa tidak terlalu merasakan haus.

Demikian juga pada ruang ber-AC, maka dianjurkan untuk minum lebih banyak karena udara yang dingin membuat tubuh menjadi lebih cepat untuk mengalami dehidrasi.

Semoga bermanfaat.

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan