Cara Yang Tepat dan Aman Untuk Mengorek Telinga

Cutton bad atau yang sering dikenal juga dengan korek kuping merupakan sebuah yang alat paling sering kita gunakan untuk membersihkan kotoran telinga...

Bahkan ada juga yang menggunakannya hanya sekedar untuk menghilangkan rasa gatal pada telinga.

Untuk itu, ada hal sangat penting, yang harus diketahui dari cara untuk menggunakan korek kuping (cutton bud) yang tepat dan aman, kita akan dapat mengetahuinya melalui sebuah studi...

Sebuah studi di tahun 2014 dari Rumah Sakit Henry Ford, hasil studi mengungkapkan bahwa ternyata korek cutton bad akan berkaitan langsung dengan kerusakan pada telinga bagian dalam. Untuk itu kita harus berhati-hati menggunakan alat ini dalam membersihkan telinga.

Cara Yang Tepat Untuk Mengorek Telinga
Korek Kuping


Namun, tentu saja dengan hasil penelitian itu, bukan berarti Kita tidak boleh untuk menggunakan korek kuping untuk membersihkan kotoran di telinga. Sebuah merek dari produk korek kuping yang terkemuka memberikan tips yang ditulis di situsnya,

"Bersihkanlah bagian luar kuping (boleh) dengan keras, tapi tidak bagian dalam saluran telinga."

Dan menanggapi hal tersebut maka Rachel Pritzker, M.D, yang merupakan seorang dokter kulit yang bekerja atau praktek di Chicago, Amerika Sarikat. Dia mengatakan bahwa nasihat itu sangat layak untuk dijadikan pegangan...

...Karena memang jika seseorang membersihkan dengan keras di dalam saluran telinga, maka akan bisa menyebabkan gangguan pada pendengaran, hal itu akibat dari serimen yang terganggu.

Tidaklah sedikit orang yang gendang telinga mengalami pecah pada akhirnya karena menggunakan korek kuping.

Yang tentunya, dengan gangguan pendengaran akibat korek kuping tersebut mengakibatkan seseorang akan memerlukan dokter THT untuk mengobatinya.

"Serumen secara alami melumasi dan melindungi telinga bagian dalam Anda dari segala sesuatu yang ada di luar kuping, dan jika mengalami gangguan maka pasti memengaruhi fungsi pendengaran," kata  Rachel Pritzker, M.D, seperti yang dilansir dari Menshealth.

Adapun agar Anda dapat menggunakan cutton bad secara baik dan aman, sehingga tidak mengalami gangguan telinga dan berakhir ke klinik dokter THT...

Maka hal yang sangat diperhatikan adalah memakai korek kuping secara pelan-pelan...

Koreklah bagian dalam kuping dengan pelan. Demikian juga jangan menggunakan korek kuping setiap hari, karena sangat tidak baik, tentunya mengorek kuping sebanyak 1-2 kali saja dalam seminggu. jangan lebih dari itu.

Disarankan bersihkan telinga tanpa "cotton bud"...

Sebenarnya banyak yang memberikan saran agar mencari alternatif dari membersihkan telinga menggunakan cotton bud…

Sehingga tidak diragukan, penting untuk menghindari korek-korek telinga hingga muncul suara berdenging dari dalam telinga, karena dapat menjadi gejala penyakit Tinitus.

Walaupun Kamu merasa bahwa kapas merupakan sesuatu yang lembut, akan tetapi pada kenyatannya, membersihkan kotoran telinga menggunakan batang cotton bud memiliki resiko merobek kulit di lubang telinga, yang mengakibatkan terjadinya infeksi di dalam telinga.

Dan hal yang paling mengerikan dari kesalahan fatal dalam menggunakan cotton bud, berupa gendang telinga tertusuk karena gesekan yang agresif, sehingga bisa beresiko mengalami kerusakan permanen.

Chandrasekhar yang merupakan dokter THT, menceritakan bahwa ada seorang pasiennya yang membersihkan telinga sambil menyetir mobil lalu menginjak rem. Tidak sengaja akhirnya menusuk gendang telinganya, keadaan buruk ini nyaris membuat mengalami kerusakan permanen di dalam telinga.

Sebenarnya seseorang tidak dituntut untuk sering membersihkan lubang telinga, hal itu karena tubuh punya cara tersendiri untuk membersihkannya... Sehingga tidak perlu “terlalu rajin” membersihkan dalam telinga, tetapi cukup 1-2 kali saja dalam seminggu.

Apabila Kamu “kecanduan” untuk membersihkan telinga, maka yang disarankan adalah tidak menggunakan kapas dalam melakukannya.

Cara lainnya, Kamu bisa membersihkan kotoran telinga dengan memasukkan minyak ke dalam telinga selama 15 menit, lalu gunakan at-home irrigation kit (alat penyedot) untuk membersihkannya. Metode ini disarankan oleh pihak American Academy of Otolaryngology bagian Head & Neck Surgery.

Untuk mengatasi masalah gatal di dalam kuping, hindari menggunakan cotton but. Cara lainnya, Kamu bisa meneteskan satu atau dua tetes minyak mineral atau baby oil untuk menyingkirkan rasa gatal.

Adapun jika muncul masalah pendengaran terganggu, atau bagian dalam telinga terasa gatal terus-menerus, maka yang disarankan adalah segera temui dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat. 

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan