Cara Sederhana Menyembuhkan Sembelit Anak

Sebenarnya penyakit sembelit tidak hanya banyak dialami orang dewasa, akan tetapi anak-anak juga bisa  mengalaminya sembelit.

Pada kali ini saya akan membahas tentang penanggulangan penyakit sembelit pada anak-anak.

Sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. wikipedia.org

Sembelit sebenarnya juga sangat rentan untuk menyerang anak-anak, apalagi jika kegiatan bermain dan makanan yang dikonsumsi oleh sang anak tidak dipantau dengan baik oleh para orang tua. 

Cara Menyembuhkan Sembelit Anak

Dr. Wendy Sue Swanson, dokter anak sekaligus juga menjabat sebagai direktur eksekutif kesehatan digital di Rumah Sakit Anak Seattle, menunjukan cara menyembuhkan anak mengalami penyakit sembelit.

"Biasakan anak 10 sampai 15 menit setiap hari (atau dua kali sehari) untuk sekedar duduk di toilet saat mandi. Pastikan ia juga melakukannya agar mengeluarkan kotoran keluar dari dalam tubuh," kata Swanson, seperti yang dikutip dari Foxnews.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan

Anak Anda mungkin memang tidak ingin Anda melihat kotorannya. Tetapi ketika sang anak mengalami sembelit, maka penting untuk memantaunya.

Karena ditakutkan terjadi hal yang buruk bahwa sembelit sang anak sudah parah, seperti ketika  dikeluarkan, pada fesesnya ada darah diatasnya.

Apabila hal itu ada pada anak, maka segera untuk periksa ke dokter. Dan memberitahukan sang dokter akan hal tersebut

Berikan anak buah-buahan...

Penyakit Sembelit tidak terlalu bermasalah pada bayi yang diberikan ASI, akan tetapi bisa menjadi masalah bagi anak diberikan susu formula.

Untuk itu Anda bisa memasukan sejumlah jus buah pir (secukupnya) untuk sang Anak yang masih kecil.

Konsumsi makanan berwarna

"Kekurangan makanan berwarna seringkali penyebab sembelit muncul," kata Swanson.

Untuk itu, sangat disarankan pada orang tua tidak hanya fokus untuk memberikan makan berwarna putih seperti roti putih, nasi, keju, dan pasta.

Mulailah menambahkan makanan yang berwarna pada pola makan harian sang anak.

Konsumsi Makan serat..

Makanan yang mengandung serat seperti  kacang-kacangan dapat mencegah sembelit.

Menurut sebuah studi yang dirilis pada jurnal Nutrition Research, bahwa sayuran...

Bahwa buah-buahan, roti gandum, pasta, beras merah, kacang-kacangan, dan biji-bijian segar adalah pilihan yang baik, terutama untuk sang anak dalam mengatasi masalah sembelit.

Semoga bermanfaat.

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan