12 Manfaat Fosfor Bagi Kesehatan Tubuh, Serta Kegunaan Fosfor Secara Umum

Tubuh sangat membutuhkan mineral Fosfor untuk tubuh, hal itu karena fosfor merupakan mineral terbanyak kedua di dalam tubuh, hanya di bawah kalsium saja tingkat kepentingannya.

Kandungan yang ada di dalam zat fosfor ini sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Fosfor juga menjadi nutrisi penting bagi tanaman dan hewan, yang merupakan bagian dari molekul DNA, molekul yang menyimpan energi dan lemak dari membran sel.

Manfaat Fosfor Bagi Kesehatan Tubuh, Serta Kegunaan Fosfor Secara Umum

Beberapa makanan untuk mendapatkan asupan mineral fosfor untuk tubuh, yaitu ikan, ayam, beras, telur, gandum, kacang, legume, susu, kentang, biji bunga matahari, kentang, brokoli, daging dll.

Umumnya kandungan fosfor yang banyak, terdapat dalam makanan yang memiliki kandungan protein, seperti ikan, ayam, daging, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan gandum.

Manfaat fosfor untuk kesehatan tubuh

Fosfor memiliki fungsi dan peran yang sangat penting bagi tubuh, seperti dalam membantu pencernaan pada tubuh, pemberi energi dan kekuatan untuk metabolisme tubuh, untuk penunjang kesehatan gigi dan gusi dll.

Untuk lebih lengkapnya, dipaparkan di bawah ini.

1. Kesehatan pencernaan

Fungsi penting fosfor yaitu membantu proses pencernaan agar lancar dan bekerja efektif. Fosfor akan merangsang pencernaan riboflavin dan niacin menjadi lebih baik.

Sehingga,penyerapan dapat maksimal dan bekerja dengan baik.

Melampaui penyerapan vitamin dan mineral lainnya, kandungan fosfor berfungsi langsung untuk mengatasi gangguan pencernaan, sembelit, diare, dan membantu tubuh agar bisa buang air besar secara teratur.

Hal ini juga untuk meningkatkan kesehatan pada sistem pencernaan, serta ginjal, karena racun dapat dikeluarkan dari tubuh dengan baik.

2. Menjaga kekuatan tulang dan gigi

Fosfor sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan pada tulang dan gigi. Dimana fosfor dan kalsium memiliki peranan yang amat penting agar membuat tulang kuat,

Kekurangan mineral fosfor di dalam tubuh maka akan sangat berbahaya dengan menyebabkan tulang keropos atau yang dikenal dengan osteoporosis.

Selain itu Fosfor menjadi salah satu komponen yang penting dalam menyusun struktur tulang dan gigi agar tetap sehat dan kuat.

Baiknya dan kuatnya tulang dan gigi diawali dengan pengendapan fosfor pada matriks tulang.

Fosfor berperan dalam dalam mengurangi masalah kehilangan kepadatan tulang atau hilangnya mineral, yang masalah ini dikenal sebagai osteoporosis.

Fungsi fosfor lainnya yiatu meningkatkan kesehatan gusi dan enamel gigi.


3. Pembentukan protein

Fosfor diperlukan oleh tubuh juga untuk membantu sintesa protein yang diperlukan untuk membangun jaringan tubuh sekaligus juga memperbaiki jaringan yang rusak, serta membantu dalam proses reproduksi.

Fosfor befungsi untuk memfasilitasi pemanfaatan protein secara maksimal, agar pertumbuhan sel dapat berjalan dengan baik.

Metabolisme protein berfungsi untuk pertumbuhan dan pertahanan tubuh. Fosfor merupakan salah satu bagian yang paling penting dari metabolisme tubuh, sehingga keberadaan fosfor sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kemudian, fosfor membantu tubuh untuk bisa memanfaatkan karbohidrat dan lemak secara baik.

Dalam usia pertumbuhan, terutama untuk anak-anak yang masih kecil, akan sangat membutuhkan fosfor yang mencukupi untuk perkembangan tubuhnya.

4. Kesehatan otak

Otak merupakan organ tubuh penting yang sangat memerlukan fosfor.

Kandungan fosfor berfungsi untuk menjaga fungsi otak agar tetap baik, guna pertumbuhan kognitif dan perkembangan pada otak.

Penelitian memberikan hasil bahwa kekurangan fosfor mengakibatkan terjadinya peningkatan risiko kerusakan kognitif, dan masalah lainnya seperti resiko timbulnya masalah neurologis, penyakit Alzheimer dan demensia.

5. Memperbaiki sel tubuh

Salah satu manfaat yang sangat penting dari mineral fosfor adalah untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, sehingga nantinya sel-sel tubuh dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Selain itu, fosfor juga akan memaksimalkan fungsi sel tubuh.

6. Mengatasi kelahan dan kelemahan otot

Fosfor bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi masalah seperti kelemahan otot, mati rasa, kelelahan dan masalah smacamnya.

Dengan kandungan mineral fosfor yang mencukupi di dalam tubuh bermanfaat agar tubuh tetap fit dan aktif. Jumlah fosfor yang normal sekitar 1.200 mg untuk orang dewasa, berdasarkan penjelasan para ahli dan praktisi kesehatan.

Masalah kelemahan seksual juga bisa diatasi dengan suplemen yang sehat dari fosfor ke dalam tubuh, sehingga beberapa masalah seperti hilangnya libido, impotensi, dan motilitas sperma bisa diatasi dengan mencukupi kandungan fosfor di dalan tubuh.

7. Membantu fungsi ginjal

Fosfor memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Dimana fosfor berfungsi untuk memperlancar pembuangan limbah dan racun dari ginjal, melalui proses buang air kecil dan ekskresi.

Dengan meningkatkan kuantitas dan frekuensi buang air kecil, tubuh mampu untuk menyeimbangkan tingkat yang asam urat, kelebihan garam, air, dan lemak (di dalam urin biasanya ada sekitar 4% lemak).

Fosfor juga mendorong keseimbangan semua cairan dan bahan yang dikeluarkan dari tubuh, alhasil tubuh dapat tetap terjaga kesehatanya, dan juga terhindar dari menumpuknya racun dan "limbah" bekas makanan di dalam tubuh.

Manfaat lainnya dari fosfor...
  1. Menjaga Keseimbangan Hormon
  2. Fosfor bermanfaat membantu meningkatkan energi dan metabolisme tubuh, karena fosfor berperan juga dalam mengoptimalkan pemanfaatan karbohidrat dan lemak.
  3. Fosfor sangat penting untuk membantu beberapa proses kimiawi di dalam tubuh.
  4. Fosfor mengandung Suplemen fosfat, yang bermanfaat untuk mengurangi kelelahan pada otot, dan juga mencegah terjadinya nyeri otot. Sehingga fosfor dan syaraf bisa terjaga dengan baik.
  5. Mineral fosfor membantu untuk melancarkan proses urinasi (buang air kecil) sehingga lebih lancar.


Akibat tubuh kekurangan fosfor

Kekurangan fosfor bisa menyebabkan kelemahan pada tubuh, kerusakan gigi, rakhitis dan masalah pada tulang.

Masalah lainnya, mungkin bisa mengalami kehilangan nafsu makan dan stamina dan ketahanan tubuh menurun dalam melakukan aktivitas sehari-hari, mati rasa pada tubuh, kecemasan pada jiwa, tremor, penurunan berat badan dan pertumbuhan tubuh terhambat.

loading...

Kegunaan fosfor dalam hal umum

Selain bermanfaat untuk kesehatan, juga pada kenyataannya zat fosfor memiliki kegunaan pada banyak hal (selain kesehatan), bahkan sangat diperlukan untuk menunjang kehidupan sehari-hari

Kegunaan fosfor dalam menunjang aktivitas sehari-hari, seperti kandungan fosfor terdapat pada produk odol, detergen, bahan pembuatan pupuk, pestisida, korek api, kembang api, hingga fosfor digunakan sebagai bahan peledak.

Berikut kegunaan fosfor secara umum:
  1. Zat fosfor dimanfaatkan untuk memproduksi asam fosfat, dimana asam fosfat digunakan pada pelapisan logam agar tahan karat, yang bisa dijadikan lapisan dasar dalam pengecatan.
  2. Fosfor merah digunakan untuk membuat korek api, setelah dicampur dengan karbon dan belerang
  3. Fosfat digunakan dalam industri minuman ringan, tujuannya untuk memberikan rasa asam.
  4. Kalium fosfat digunakan untuk pelengkap makanan dan soda kue.
  5. Digunakan untuk pengawet makanan dan zat pembersih
  6. Digunakan dalam pembuatan kaca khusus, seperti yang digunakan dalam lampu sodium
  7. Fosfor putih sering digunakan sebagai bahan racun tikus dan bom asap
  8. Fosfor digunakan dalam memproduksi baja, perunggu fosfor, dan produk semacamnya. Trisodium fosfat berguna sebagai pembersih, pelunak air, dan mencegah karat pada pipa.
  9. Digunakan dalam pengolahan air minum untuk membantu memurnikan air.
  10. Fosfor digunakan dalam industri tekstil, plastik, kertas, sealant, pelapis dan mastik. 
  11. Beberapa larutan pembersih memiliki kandungan fosfat untuk menghilangkan jamur dan noda membandel lainnya.
  12. Banyak lainnya...

Penyalahgunaan zat fosfor

Bom fosfor

Salah satu bentuk penyalahgunaan bahan fosfor yaitu digunakan sebagai bom yang sangat mengerikan.

Adapun jenis fosfor yang diaplikasikan sebagai bom yaitu fosfor putih, yang diberi nama samaran “Willy Pete”.

Gambar diatas merupakan bentuk penyalahgunaan fosfor sebagai bom. Ketika dijatuhkan dari atas langit melalu pesawat tempur, maka bentuknya seperti kumpulan kembang api.

Jika sampai terkena orang maka harapan untuk hidup sangat kecil...

...hal itu karena bahan-bahan apapun yang digunakan sebagai pelidung bisa ditembusi oleh bom fosfor (seperti gambar diatas).

Hal bahaya lainnya, yaitu asam yang dihasilkan dari bom fosfor sangat beracun dan bersifat korosif.

Saat fosfor putih ditembakan atau dibakar di udara, akan bereaksi dengan zat oksigen sehingga membentuk fosfor pentaoksida (P2O5).

Ledakan bom fosfor ini sangat berbahaya, tetapi yang paling berbahaya ada pada proses pembakaran fosfor dan hasil pembakaran fosfor, bukan pada ledakannya.

Pembakaran fosfor di udara berlangsung sangat mengerikan, dengan menghasilkan suhu sekitar 800°C.

Sehingga suhu tinggi ini, sangat merusak jaringan tubuh seperti luka bakar yang parah.

Hasil pembakaran fosfor putih yaitu berupa P2O5 dalam bentuk asap...

...dan asap yang dihasilkan inilah yang sangat berbahaya, karena beracun dan bersifat korosif.

Sehingga fosfor yang ditembakan atau digunakan sebagai bom, ketika terbakar akan merusak sebagian besar jaringan tubuh.

Ketika mengenai mata maka bisa menyebabkan kebutaan, jika dihirup mengakibatkan rusaknya organ kerongkongan dan paru-paru. Ketika mengenai kulit akan menyebabkan luka bakar.

Gunakan URL singkat: http://goo.gl/2FWZNs (untuk share artikel ini ke Twitter)


Bahaya fosfor putih

Fosfor putih sangat beracun, dan dalam banyak kasus menimbulkan akibat yang fatal.

Kebanyakan kasus orang yang meninggal karena paparan fosfor putih, yaitu karena menelan racun tikus (baik tidak disengaja maupun disengaja).

Sebelum meninggal karena paparan fosfor putih, korban umumnya mengalami rasa mual, kram di bagian perut, dan juga rasa sanga mengantuk.

Fosfor putih dapat menyebabkan kulit terbakar, serta uapnya yang terhidup bisa menyebabkan kerusakan organ hati, jantung, atau ginjal.


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan