Manfaat Air Untuk Kesehatan Anak [Bahaya Kekurangan Cairan]

Sudah diketahui bahwa pastinya manusia itu akan membutuhkan air untuk minum. Seseorang yang malas minum air putih, maka dia akan berada pada sebuah masalah besar.

Adapun kebiasaan meminum-minuman bersoda malah memberikan bahaya kesehatan, karena minuman bersoda terlalu banyak bahan kimia yang terkandung disana.

Adapun yang sangat disarankan bakan harus adalah minum air putih, walaupun rasanya tidak selezat minuman bersoda, tetapi manfaatnya sangat besar bagi kesehatan tubuh, terutama bagi anak-anak.

Kekurangan air putih di dalam tubuh akan mengganggu keseimbangan cairan pada tubuh. Orang yang kekurangan dalam minum air akan sangat mudah untuk terserang penyakit. Minimalnya orang yang kurang minum akan kekurangan gairah dan semangat.

Kekurangan minum air putih dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, disamping rentan untuk terserang penyakit.

Dalam suatu kondisi, seperti di tempat atau ruangan yang dingin, seseorang yang sebenarnya kekurangan cairan tubuh bisa saja merasa tidak haus.

Sehingga saata berada di ruangan yang agak dingin, kita perlu untuk sensitif dan mengetahui keadaan tubuh, apakah dalam keadaan kurang cairan atau tidak.

Anak minum air putih

Akibat dari tubuh yang kekurangan cairan (dehidrasi)
  1. Menyebabkan asupan oksigen ke otak berkurang, sehingga kemampuan otak menjadi menurun. hal ini bisa sangat fatal bagi anak-anak, karena kemampuan daya pikir dan belajarnya menjadi sangat menurun, alhasil sang anak tidak mampu mengikuti pelajaran dengan baik. 
  2. Kemampuan otak menurun seperti sulit untuk berkonsentrasi dan berfikir, mudah lupa, sulit untuk mengontrol emosi dll. 
  3. Mengakibatkan sel-sel otak terhambat perkembangan, bahkan lebih parah dari itu. Hal ini sangat berbahaya bagi anak-anak yang organ otaknya sedang dalam masa pertumbuhan. 
  4. Tubuh anak menjadi mudah lelah, badan terasa lebih panas, sering sakit kepala, air kencing menjadi berwarna pekat (yang bagus berwarna putih atau bening), dan tenggorokan akan merasa kering. 
  5. Tubuh menjadi rentan terkena infeksi kandung kemih, karena bakteri yang tidak bisa keluar karena kekurangan cairan tubuh. Adapun gejala dari infeksi pada kandung kemih seperti suhu badan yang agak meningkat. 
  6. Muncul rasa nyeri ketika buang air kecil. 
  7. Kekurangan cairan tubuh juga menyebabkan kulit jadi kusam. 
  8. Tubuh menjadi lemas. 
  9. Akibat sangat parah dan paling buruk yaitu menyebabkan kematian. Karena kebutuhan cairan tubuh tidak kalah pentingnya dengan kebutuhan makanan. 

Karena banyak sekali akibat buruk dari kekurangan cairan, maka dari itu hilangkan rasa malas untuk meminum air putih. Hal juga sangat penting adalah hindari juga minum air secara berlebihan, apalagi jika itu merupakan minuman bersoda.

Pentingnya manfaat air untuk kesehatan anak

Kegunaan air yang sangat utama untuk tubuh yaitu sebagai pelarut untuk tubuh, untuk mengatur suhu tubuh agar stabil, serta untuk menyediakan mineral dan elektrolit yang mencukupi untuk tubuh.

Banyaknya air yang dibutuhkan pada tubuh seseorang berbeda-beda, tergantung dari ukuran tubuh, umur, dan juga aktifitas sehari-hari. Sehingga tidak ada ukuran yang pasti untuk kebutuhan minum sehari-hari.

Dibandingkan orang dewasa, Anak-anak sangat lebih membutuhkan air, karena itu untuk pertumbuhannya agar bisa berkembang dengan baik.

Agar anak anda tidak kekurangan cairan tubuh, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Air putih dan susu adalah yang terbaik untuk kebutuhan cairan pada tubuh anak-anak.

Jika Anak-anak sudah mulai bosan dengan air atau susu (namanya juga anak-anak), maka gunakan alternatif seperti buah, karena pada buah terdapat kandungan air yang cukup.

Usahakan agar kita bisa mengetahui tanda-tanda pada anak-anak yang dalam keadaan haus.
Pastikan anak minum air dengan cukup ketika cuaca panas, karena dalam keadaan cuaca panas, tubuh akan lebih membutuhkan cairan. Demikian juga setelah anak berolahraga dan bermain.

loading...

Minum air putih menjadikan anak lebih cerdas

Pada beberapa penelitian yang telah dilakukan, menemukan bahwa anak-anak yang mendapatkan asupan iar putih yang mencukupi akan menjadi lebih baik dan cerdas dibandingkan dengan anak-anak yang kekurangan cairan (dehidrasi).

Untuk itu, hal yang sangat penting untuk memberikan anak air putih yang cukup, guna menghidrasi area abu-abu otak anak, sehingga dapat bekerja secara maksimal, alhasil anak dapat belajar dengan lancar dan memahami dengan baik.

Minum air putih juga sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental anak, dimana anak-anak menjadi tidak mudah lelah, lesu dan lemas tubuhnya.

Menjaga gigi anak lebih sehat

Air putih adalah air yang bebas dari gula, sehingga anak yang rajin minum air putih otomatis dapat mengurangi kerusakan pada giginya.

Berbeda dengan anak yang suka minum es krim atau minuman manis yang lainnya, maka giginya terkena resiko lebih besar untuk mengalami kerusakan.

Menghindarkan anak dari sembelit

Minum air putih yang cukup yang juga disertai dengan mengkonsumsi makanan berserat dan makanan yang sehat secara umum, maka sangat penting untuk  menghindarkan anak dari sembelit dan masalah pencernaan secara umum.

Membiasakan anak minum air putih memberikan manfaat besar untuk kesehatan anak. Minum air putih dengan cukup mencegah anak mudah terserang penyakit. .

Asupan air berperan penting menjaga stabilitas suhu tubuh anak tetap sejuk walaupun sedang beraktifitas di dalam, maupun luar ruangan terutama dalam cuaca panas.

Air dalam tubuh manusia,berfungsi sebagai komponen penyusun darah, serta membawa oksigen dan nutrisi makanan ke seluruh tubuh. Air juga merupakan penyusun utama cairan limpa dalam peredaran kelenjar getah bening untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi air yang cukup bagi kebutuhan tubuh sangat penting dalam meningkatkan fungsi otak, hal ini akan sangat terasa saat meningkatnya konsentrasi belajar anak, sang anak akan menjadi semakin bersemangat untuk sekolah.

Ginjal memiliki fungsi utama sebagai alat penyaring racun sisa hasil metabolisme tubuh, yang setelah itu mengeluarkan racun dan sisa limbah dari dalam tubuh melalu bentuk urin. Dalam kerjanya, organ ginjal sangat membutuhkan air sehingga dapat menyaring secara optimal.

Air putih juga bermanfaat untuk mencegah kegemukan. Perlu kiranya anak untuk sering memilih mengonsumsi air putih, adapun untuk jus buah, susu dan minuman lainnya, maka menkonsumsi secukupya saja,

Utamanya adalah mengkonsumsi air putih, karena untuk susu, jus dan semacamnya umumnya terdapat asupan gula tinggi yang dapat memicu resiko tinggi kegemukan.

Berdasarkan informasi dari buku 'Pentingnya Hidrasi Bagi Anak Usia Sekolah dan Remaja' yang disusun oleh para ahli dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia seperti:
  1. Dr. dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG (K),
  2. Dr. dr Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH,
  3. dr. Sudung O. Pardede, SpA (K) 
  4. Prof Dr, Ir Hardinsyah, serta ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB)

...menjelaskan bahwa anjuran asupan air pada anak harus didasarkan pada kebutuhan metabolismesnya.

"Asupan air pada anak, memiliki laju metabolisme berbeda tergantung usia, berat badan dan kondisi metabolik khusus seperti lingkungan dan penyakit. Pada populasi anak sekolah dan remaja, kebutuhan air mempunyai variasi yang sangat beragam sehingga tidak mudah menentukan kebutuhan airnya," tulis para ahli di dalam buku tersebut.


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan