9 Manfaat Penting Konsumsi Buah Nangka

Buah nangka berdaging serat yang memiliki bau dan rasa yang khas. Buah ini umumnya dikonsumsi di beberapa negara Asia seperti Indonesia, Sri Lanka, dan Bangladesh.

Buah nangka berbentuk kenyal dan manis rasanya, buah nangka dalam bahasa Inggris disebut dengan “Jackfruit. Rasanya benar-benar lezat.

Dibalik rasanya yang manis buah nangka memiliki manfaat besar dari kandungan yang terdapat di dalamnya.

Sehingga sangat dianjurkan kita untuk mengkonsumsi buah nangka. Adapun manfaat dari mengkonsumsi buah nangka terdapat cukup banyak.

Manfaat konsumsi buah nangka

Buah Nangka

1. Untuk kesehatan jantung

Buah Nangka memiliki kandungan vitamin B6, yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Kalium yang terkandung di dalam buah nangka efektif dalam mengurangi resiko penyakit jantung karena mampu menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi.

Vitamin B6 juga memiliki peran dalam mengontrol kandungan homosistein  agar tidak berlebihan di dalam tubuh. Karena jika kandungan homositein di dalam tubuh meningkat, maka resiko seseorang terkena penyakit jantung juga akan semakin besar.

Buah nangka juga mempunyai serat tinggi yang rendah kalori sehingga cukup baik dan aman dikonsumsi oleh pasien penyakit jantung.

2. Menyehatkan perut

Dengan kandungan serat yang tinggi pada buah nangka maka bermanfaat agar buang air besar dapat menjadi lancar.

Kemudian juga bermanfaat untuk melindungi selaput lendir usus besar, untuk menghindari dari bahan kimia yang berbahaya.

Buah nangka kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk memperkuat sistem imun, melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit.

Manfaat kandungan serat pada buah nangka berguna agar rasa lapar dapat diatur dan diperlambat, mencegah konstipasi, mencegah wasir, membantu mengeluarkan limbah melewati usus tanpa meninggalkan residu sehingga menurunkan risiko kanker usus besar.

Dengan begitu buah nangka sangat baik untuk kesehatan pencernaan di dalam tubuh. Tetapi hal ini bukan berarti boleh secara berlebihan mengkonsumsi nangka, karena justru dapat berdampak buruk pada organ perut.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh manusia layaknya sebuah benteng, yang melindungi diri dari infeksi makromolekul asing, berupa serangan virus dan bakteri.

Buah nangka memiliki kandungan vitamin C, manfaat kandungan vitamin C seperti untuk memperkuat daya tahan tubuh, agar tidak mudah sakit, serta mendukung dari fungsi sel darah putih. Antidioksidan di dalam nangka untuk mencegah terjadinya infeksi dan penyakit pilek.

Untuk meningkatkan jumlah imunitas tubuh dalam melawan virus dan bakteri, sangat diperlukan sumber vitamin C, seperti yang terkandung di dalam buah nangka, selain itu vitamin C juga terkandung di dalam buah jeruk, apel dan jambu.

Vitamin C di dalam buah nengka mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan sistem imun, yang juga bermanfaat bagi kesehatan kulit, mencegah proses penuaan serta mengatasi gangguan radikal bebas.

Kandungan mineral di dalam buah nangka seperti kalium, magnesium, mangan dan zat besi sangat penting perannya dalam mengatasi penyakit tekanan darah tinggi serta untuk menjaga kesehatan jantung.

Denny M Ramadhan, N.d. BSc. D,ACCU seorang naturopathist, mengatakan bahwa sistem kekebalan tubuh untuk melindungi tubuh dan melawan infeksi bakteri dan virus yang menjadi sarang penyakit.

Bakteri dan virus ini biasanya berbentuk protein asing yang berbeda di dalam tubuh, yang sering disebut dengan antigen. Karena asing, antigen harus disingkirkan dari dalam tubuh. Dan yang bekerja untuk mengusir antigen dari dalam tubuh adalah antibodi.

Aantibodi adalah sebuah zat yang terbentuk dari dalam tubuh, berasal dari protein darah berjenis, gamaglobulin, bekerja untuk melawan antigen yang masuk ke dalam tubuh. Setiap hari, bakteri dan virus akan masuk ke dalam tubuh tanpa disadari, yang kemudian beresiko menimbulkan penyakit.

Beberapa hal yang memicu mudah masuknya virus dan bakteri untuk menyerang tubuh, karena pola makan dan pola hidup yang buruk, beraktivitas secara berlebihan sehingga tubuh lelah, stress dan depresi yang dialami.

Agar tubuh bisa tetap sehat, fit dan bersemangat, maka antibodi di dalam tubuh harus dalam keadaan yang baik. Yang salah satu caranya yaitu mengonsumsi makanan kaya vitamin C seperti buah nangka.

loading...

4. Menjaga kesehatan tulang

Buah Nangka selain mengandung vitamin C juga mengandung magnesium dan kalsium yang menjadi zat penting dalam menyusun tulang. Kandungan di dalam buah nangka tersebut berfungsi meminimalisir resiko arthritis dan osteoporosis, kemudian juga mencegah terjadinya nyeri sendi.

Khusus nangka muda, memiliki kalori rendah kecuali diolah dengan bahan lain yang memiliki kalori tinggi seperti daging, santan atau bahan berlemak lainnya. Setiap 100 gram buah nangka masak memiliki kalori sebesar 106 kilo kalori, sedangkan nangka muda hanya sebesar 51 kilo kalori.

Semakin tua buah nangka maka semakin tinggi kandungan gulanya, dimana gula merupakan sumber tinggi kalori.

Pada nangka muda memiliki mineral seperti kalsium dan fosfor, yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang yang baik. Kekurangan kalsium maupun fosfor memberikan dampak buruk berupa pertumbuhan tulang yang terhambat. Tulang memerlukan asupan kalsium yang mencukupi untuk menghindari kerapuhan tulang.

Makanan tradisional yang enak seperti urap dan gudek menjadi dua contoh makanan yang sering menggunakan bahan nangka muda.

5. Kesehatan otak

Kandungan di dalam buah nangka yaitu zat folat yang memiliki manfaat yang sanagt baik, karena menjadi nutrisi yang cukup penting bagi otak.

Kandungan folat yang mencukupi kebutuhan tubuh, sanagt diperlukan untuk menjaga fungsi dan kesehatan otak.

Penelitian yang dilakukan para ahli, telah menemukan hasil bahwa manfaat folat membuat otak agar tetap muda fungsinya, yang mampu untuk memperlambat efek penuaan pada organ otak. Dimana akibat efek penuaan berakibat daya pikir menurun dan resiko tinggi mengala pikun.

6. Menghindarkan resiko anemia dan hipertensi

Buah Nangka juga mengandung zat besi yang berguna untuk pembentukan sel-sel darah, sehingga buah nangka memiliki manfaat untuk meminimalisir terjadinya resiko anemia, yang penyakit anemia terjadi karena seseorang kekurangan zat besi.

Kemudian buah nangka juga bermanfaat untuk menghindarkan diri dari terkena resiko hipertensi, hal ini karena buah nangka juga mengandung potassium yang memiliki peran dalam membantu mengendalikan tekanan darah.

Sehingga dengan begitu buah nangka dapat bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya tekanan darah tinggi pada seseorang.

Buah nangka juga dapat dimanfaatkan untuk menghindari dari penyakit yang terkait seperti diatas, yaitu penyakit stroke dan jantung.

7. Kesehatan darah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa buah nangka merupakan salah satu sumber dari zat besi, yang sangat barguna untuk menjaga kesehatan darah.

Kadar kalium buah nangka yang tinggi bermanfaat untuk  menjaga agar tekanan darah tetap stabil.

“Manfaat jila dilihat dari komposisi vitamin A yang tinggi, untuk mata, bagus. Dan kalium biasanya untuk jantung, untuk maintenance tekanan darah bagi orang hipertensi,” kata dr Maria Ignasia Tjahjadi, dokter spesialis gizi klinik rumah sakit Royal Taruma, Jakarta.

Ibu hamil, orang yang menderita penyakit lambung dan diabetes lebih baik untuk menghindari konsumsi buah nangka. Hal itu karena nangka memicu gas. Pada penderita maag yang makan buah nangka, maka asam lambungnya akan meningkat.

“Nangka dengan 3 biji sedang dengan ukuran 45 gr itu kalorinya sekitar 50. Dianjurkan jangan kebanyakan karena bisa membuat kembung. Ibu hamil tidak disarankan. Dalam beberapa kasus, ini memicu kontraksi sama,” katanya.

Nangka mengandung kalsium, hanya saja kadarnya tidak begitu banyak. Meskipun demikian, nangka tetap punya pengaruh. Terutama berpengaruh pada sistem kerja estrogen (pada perempuan).

“Apabila kalsiumnya tinggi, baik bagi tulang karena kalsium penting untuk mencegah osteoporosis. Wanita yang masuk usia menopause, kadar kalsium sudah mulai menurun” katanya.

8. Kesehatan kulit, rambut, dan kuku

Kandungan dari buah nangka lainnya yaitu kandungan vitamin B2 yang memiliki manfaat untuk menjaga pertumbuhan jaringan tubuh, yang juga pada bagian luar tubuh seperti kulit, kuku, rambut dan yang lainnya.

Selain itu zat vitamin A pada buah nangka juga berguna untuk membantu meningkatkan tekstur dan kesehatan kulit, yang juga berguna untuk mencegah terjadinya infeksi kulit.

Dilansir dari boldsky.com, dengan menggunakan sedikit nangka yang kemudian dihancurkan, lalu diletakan ke jerawat, bermanfaat untuk membuat jerawat mereda peradangannya.

Nangka yang dilumatkan, dicampur dengan 1 sendok makan minyak zaitun, bisa dijadikan masker untuk mengontrol minyak. Anda bisa menggunakannya selama sekitar 30 menit.

Biji nangka kering yang dicampur dengan susu dan madu dapat juga dijadikan masker alami untuk membuat wajah berkilau dan sehat. Mengonsumsi buah nangka juga membuat kulit Anda menjadi lebih sehat dan bercahaya.

9. Mencegah kerusakan sel

Kandungan di dalam buah nangka dapat meningkatkan zat antidioksidan di dalam tubuh, sehingga dapat bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel tubuh karena akibat dari radikal bebas.

Penelitian yang dilakukan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB), menunjukkan bahwa suplementasi multivitamin mineral mampu memperbaiki tingkat zat gizi antioksidan dan kadar Superoksida dismutase (SOD).

SOD merupakan enzim yang berfungsi memperbaiki sel dan mengurangi kerusakan sel akibat superoksida atau radikal bebas dalam tubuh. SOD terdapat di bagian luar dan dalam sel.


Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan