17 Cara Cepat Menyembuhkan Penyakit Pilek (Flu) & Hidung Tersumbat

Pilek sudah seperti penyakit musiman yang biasa menyerang tubuh ketika cuaca berubah ekstrem.

Sakit pilek membuat hidung akan mengeluarkan cairan terus-menerus, sehingga akan membuat orang yang terserang penyakit pilek sangat menderita.

Terutamanya lagi ketika malam, karena akan mengalami kesulitan tidur.

Pada penyakit pilek selain hidung terus mengeluarkan cairan, hal lainnya yang membut menderita adalah hidung yang tersumbat.

Anak Pilek

Cara menyembuhkan penyakit pilek & hidung tersumbat

1. Beristirahat total

Istirahat yang total akan membuat sistem kekebalan tubuh kembali menjadi kuat, dan tubuh juga akan menjadi fit. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka dapat mencegah penyakit masuk seperti pilek salah satunya.

Cara untuk mendapatkan istirahat total paling bagus adalah tidur malam hari. Durasi waktu tidur paling bagus dan sehat yaitu jam 21.00-04.30.

Baca: 17 Cara Mudah Tidur Tepat Waktu di Malam Hari (dan Manfaatnya)

Selain tidur malam, disarankan juga tidur siang selama 30-60 menit (tiak usah lama-lama). Anda bisa tidur siang baik itu sebelum waktu Zhuhur, maupun setelah waktu Zhuhur. Tetapi tidak dianjurkan tidur pada pagi hari dan sore hari.

Untuk tidur malam hari, maka yang sangat disarankan, bahkan kalau bisa harus, yaitu tidur di malam hari dalam keadaan lampu yang dimatikan, sehingga tidur dalam keadaan gelap. Akan ada banyak manfaat yang didapat.

Baca: 15 Manfaat Tidur Dalam Keadaan Gelap (Mematikan Lampu)

Ketika pilek, terus melakukan aktivitas normal (tidak mengurangi aktivitas) sehingga tidak memberikan waktu bagi tubuh untuk memulihkan diri, adalah hal yang sangat buruk.

Kalau bisa ambil libur dari pekerjaan sehingga pilek dapat lebih cepat sembuh, atau turunkan frekuensi aktivitas sehari-hari. Selain itu usahakan juga tubuh agar selalu hangat, seperti salah satunya tidur menggunakan selimut.

2. Mengoleskan minyak kayu putih

Masih terusan dari yang atas, agar tubuh selalu hangat selain dengan menggunakan selimut ketika ingin tidur, Anda juga disarankan menggunakan minyak kayu putih, dengan begitu tubuh dapat menjadi hangat sehingga penyakit akan sulit masuk ke dalam tubuh.

Minyak kayu putih bekerja sebagai ekspektoran yang juga membersihkan tubuh dari berbagai mikroorganisme dan racun.

Salah satu cara yang cukup baik dalam minyak kayu putih sebagai obat pilek, yaitu menggunakan beberapa tetes minyak esensial tersebut ke dalam diffuser sebelum tidur. Sehingga diharapkan pilek dan flu dapat sembuh saat sepanjang malam tersebut.

Agar tubuh menjadi hangat Anda juga dapat mengkompres bagian leher.

3. Konsumsi Minuman Hangat

Masih dalam menjaga tubuh tetap hangat, ketika tubuh terserang penyakit pilek / flu maka tubuh akan mengeluarkan banyak cairan. Ketika dalam keadaan seperti itu, maka tubuh akan memerlukan banyak air.

Dengan begitu, Anda disarankan untuk mengkonsumsi air yang memiliki suhu hangat. Karena minuman yang hangat juga dapat melegakan tenggorokan dan juga mengurangi hidung yang mampet.

Saat flu, banyak cairan yang terbuang melalui ingus, ludah mapun keringat, sehingga penting mengganti cairan tubuh yang hilang. Dan air hangat mampu mengurangi hidung mampet, mencegah terhjadinya dehidrasi, dan melegakan tenggorokan.

Minuman hangat juga membantu mengencerkan lendir. Apabila anda memiliki budget lebih, maka sangat diutamakan untuk meminum jahe hangat.

Adapun ketika sesorang baru menjalani operasi, maka sebaiknya untuk meghindari minum jahe selama dua minggu.

4. Bantal yang lebih tinggi

Khusus ketika sedang terserang penyakit pilek, Anda sangat disarankan menggunakan bantal, bahkan meninggikan bantal ketika tidur.

Karena dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari dada, dapat meminimalisir pembentukan lendir saat mengalami flu.

Meninggikan bantal juga membuat jalan nafas serta tenggorokan menjadi lebih diproses saat pilek, kemudian juga melancarkan aliran darah, yang akan memberikan kenyamanan saat berbaring


5. Meminum madu

Hal lainnya yang disarankan untuk dikonsumsi ketika sedang pilek adalah Meminum Madu, Karena madu memiliki manfaat untuk membantu meringankan terjadinya iritasi pada tenggorokan, madu juga mengandung antioksidan dan anti bacterial.

Madu bermanfaat dalam mengatasi penyakit flu. Jika ingin kombinasi madu dan jahe, caranya ambil 2 ruas jahe, lalu parut dan campurkan dengan madu. Lalu minum 3x sehari (disarankan).

6. Makan Buah-buahan

Asupan vitamin dan mineral sangat penting ketika kondisi badan sedang tidak fit, seperti ketika sedang terserang penyakit pilek, disarankan untuk sering memakan buah-buahan.

Hal itu karena pada buah-buahan terdapat banyak vitamin yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Saat sistem kekebalan tubuh meningkat, maka serangan virus flu ke tubuh dapat diatasi dengan lebih baik.

Banyak orang mudah terserang flu, karena tidak memperhatikan asupan penting dari buah-buahan, yang terdapat kandungan kaya akan vitamin.

7. Hindari makanan manis dan minum es

Untuk para penderita pilek maka lebih baik menghindari untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, dan juga minuman dingin seperti es krim, cokelat dan yang semacamnya.

Banyaknya kadar gula di dalam tubuh dapat menurunkan daya tahun tubuh untuk melawan serangan penyakit seperti flu.

Minuman dingin dan es krim menjadi musuh Anda ketika flu. Itulah sebabnya Anda harus menggantinya dengan makanan yang memang sehat saja.

Es krim dan ninuman dingin secara umum perlu dihindari ketika flu karena bisa memperlambat kinerja silia dalam sinus, yang akhirnya mengakibatkan semakin buruk kondisi mampet akibat lendir di hidung.

Selain itu, es krim juga mempertinggi risiko peradangan dan penyakit parah yang lainnya.

8. Hindari makanan cepat saji

Dalam masyarakat yang katanya serba cepat dan modern saat ini, banyak orang mengganti makanan sehat dengan hidangan cepat saji (fast food), seperti salah satunya burger yang harganya terjangkau dan  rasanya lezat. Ini adalah makanan terburuk untuk dikonsumsi di saat flu.

Hal itu karena makanan cepat saji memiliki lemak jenuh yang menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko peradangan karena pilek, bahkan semakin memperpanjang durasi penyakit yang diderita. Sehingga jangan ragu, saat pilek harus LIBUR mengkonsumsi jenis makanan cepat saji.

9. Perbanyak minum air putih

Hal ini tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi, air putih mempunyai segudang manfaat yang sangat besar bagi tubuh, salah satunya mengobati penyakit flu atau pilek.

Usahakan untuk sering-sering minum air putih, minimalnya 8 gelas dalam sehari, sehingga memberikan manfaat untuk menjaga tenggorokan menjadi lebih bersih dari kuman dan virus yang bisa menyebabkan flu.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Siloam, Samuel Oetoro MS, Sp.GK,mengatakan bahwa saat flu, biasanya hidung tersumbat akibat lendir terlalu kental. Dalam kondisi ini asupan air putih yang mencukupi kebutuhan tubuh akan membantu mengencerkan lendir.

“Pada saat banyak minum, lendir yang mengganggu saat flu akan lebih encer sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan, sehingga mampu meredakan flu yang mengganggu pernapasan,” kata Samuel Oetoro MS, Sp.GK.

Selain meredakan flu, konsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari, berguna untuk memperlancar sistem pencernaan. Artinya, konsumsi air putih secara teratur dapat mencegah berbagai masalah pencernaan seperti maag dan sembelit. Pembakaran kalori pun dapat berjalan sangat efisien.

10. Gunakan aroma bawang

Bawang yang dikenal sebagai rempah-rempah untuk makanan, ternyata juga bisa dijadikan obat untuk mengatasi pilek.

Karena aroma bawang seperti bawang daun, bawang merah maupun bawang puith bisa berfungsi sebagai katalis, yang dapat mengeluarkan cairan di dalam hidung serta membersihkan hidung.

Untuk penggunannya sederhana saja, hanya dengan memegang bawang didekatkan ke lubang hidung, lalu hiruplah aromanya sekitar 5 menit.

Menurut pakar herbal, dr. Vivi Kurniaty Tjahjadi, M.Si, di dalam bawang merah yang terkupas kulitnya mengandung banyak bahan alami seperti minyak atsiri, flavonglikosida, kuersetin, peptide, vitamin, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat pati dan banyak lainnya.

Kandungan flavonglikosida di dalam bawang berfungsi sebagai anti-radang, anti-bakteri, serta dapat menurunkan panas, sehingga tidak heran jika bawang merah dapat mengatasi flu.

Senyawa sulfur dan quercetin yang banyak terkandung di dalam minyak atsiri bermanfaat untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli farmasi, menemukan hasil bahwa kandungan senyawa sulfur berfungsi untuk mengatasi gangguan dalam saluran pernafasan, yang manfaatnya melegakan dan mencairkan dahak seseorang yang terkena flu (disertai batuk).

Kandungan senyawa di dalam bawang merah juga menambah daya tahan tubuh. Menurut dokter, mengatasi dan mencegah flu menggunakan bawang merah, bisa dengan menempatkan potongan bawang merah di dalam kamar atau ruangan.

Irisan bawang merah yang ditempatkan di ruangan, maka permukaan bawang merah bekerja untuk menyerap virus dan bakteri jahat.  Aroma atsiri yang ada di dalam bawang merah menyebar di dalam ruangan, yang dapat mencegah orang-orang di ruangan itu terserang oleh virus influenza.

Perhatian!!
Karena bawang merah yang sudah dikupas dapat menyerap virus atau bakteri jahat, maka bawang merah yang belum ingin langsung dimasak, maka jangan dikupas terlebih dahulu, tetapi dikupas beberapa saat ingin dimasak.

Karena jika bawang merah dikupas dan belum juga digunakan, maka bakteri dan virus akan menempel padanya, sehingga jika sampai dikonsumsi akan menimbulkan penyakit.

loading...

11. Terapi uap tradisional

Terapi uap memiliki manfaat untuk meringankan sakit flu, karena membuat hidung yang terasa mampet menjadi lebih plong. Penguapan menjasi salah satu cara tradisional yang dipercaya ampuh untuk mengatasi pilek.

Untuk melakukannnya, pertama-tama siapkan air panas pada wadah, seperti baskom kecil.

Setelah itu, masukan campuran bahan rempah seperti minyak kayu putih, jahe, atau kunyit ke dalam baskom kecil tersebut.

Uapkan wajah Anda pada baskom kecil berisi air panas tadi (hanya didekatkan, bukan dimasukan ke dalam air).

Dalam keadaan seperti itu, tutup kepala menggunakan handuk agar uap tidak keluar, sehingga hasilnya lebih optimal.

Cara tradisional ini sangat dipercaya masyarakat dapat meringankan penyakit flu berat yang dialami.

12. Berkumur dengan obat antiseptik

Berkumur bertujuan untuk membantu membersihkan mulut agar bakteri penyebab pilek tidak masuk ke tenggorokan. Berkumur dengan obat kumur antiseptik sangat membantu proses penyembuhan flu, batuk dan raang tenggorokan.

arena ketiga penyakit diatas disebabkan dari banyak virus ‘bersarang’ di dalam tubuh, yang terutama di saluran pernapasan (termasuk tenggorokan). Dengan membunuh virus dan kuman di tenggorokan, sangat membantu tubuh untuk melawan virus-virus sisanya.

Belilah obat kumur yang biasa dijual di apotik. Lamanya untuk melakukan kumur adalah 3-4 menit. Tapi hati hati, jangan sampai tertelan. Kumur-kunur tersebut biasa membunuh kuman-kuman di mulut dan tenggorokan.

Setelah selesai, buang semuanya. Maka akan terasa langsung bedanya.

13. Gunakan aroma mentol (mint)

Aroma mentol atau mint mampu mengatasi penyakit flu dan hidung tersumbat, caranya dengan mengoleskan minyak kayu putih, balsam atau semacamnya di dekat lubang hidung, tenggorokan dan dibagian dada.

Mengoleskannya minyak kayu putih atau balsam yang mengandung mentol di dekat lubang hidung, memang terasa sedikit panas, tapi mentol sangat membantu untuk menyembuhkan pilek dengan kondisi hidung yang tersumbat, serta mencegah iritasi di sekitar lubang hidung.

Selain itu hidung menjadi lebih segar dan lega, agar jalan nafas menjadi lebih lancar.

Tanaman mint mengandung mentol, menjadi bahan yang umum digunakan sebagai obat flu komersial. Aroma mentolnya membantu membuka saluran pernapasan karena mengandung anti-inflamasi.

Sifat antibakteri daun mint juga membantu mengobati infeksi akibat serangan bakteri. Kandungan mint melonggarkan konstriksi bronkus pada penderita asma, sehingga membantu memperlancar pernapasan.



14. Mandi dengan air hangat

Stres, aktivitas fisik yang terlalu berat, pola makan yang buruk, menjadi pemicu flu. Apalagi saat musim pancaroba, banyak yang akhirnya terjatuh sakit akibat melemahnya sistem imun tubuh.

Ada beberapa hal yang membuat tubuh Anda lebih baik. Misalnya, saat menderita flu penting untuk mengeluarkan lendir dari dalam hidung secara teratur. Tetapi mengeluarkan lendir jangan terlalu keras karena dapat menyebabkan sakit telinga dan meningkatkan tekanan sinus.

Konsumsi cairan dalam jumlah banyak juga diperlukan. Karena saat flu, terkadang hilang nafsu makan. Sehingga cairan diperlukan untuk menjaga tubuh dari dehidrasi.

Dengan tetap membasahi tenggorokan dapat mempercepat penyembuhan. Pilek yang dialami menjadi salah satu cara tubuh memberitahu kita untuk segera beristirahat sejenak dari kegiatan sehari-hari.

Mandi air panas (sauna) ini juga sangat penting dalam membantu meringankan rasa sakit dan nyeri karena penyakit pilek. Terutama ketika musin hujan yang dingin, maka disarankan mandi air hangat, terutama untuk penderita flu.

Karena mandi air hangat membuat tubuh menjadi nyaman, hangat, dan membuat Anda bisa bersantai dengan kenyamanan.

Mandi dengan air hangat juga memungkinkan Anda menghirup uap yang bertindak sebagai dekongestan alami, serta mempercepat sirkulasi darah yang dapat membantu untuk meringankan sakit kepala. Karena flu juga dapat disertai dengan timbulnya rasa sakit kepala.

15. Konsumsi makanan yang mengandung cabai

Capsaicin sebuah senyawa kimia yang terkandung dalam cabai, yang sudah terbukti efektif membantu membersihkan rongga hidung.

Cabai dapat meredakan pilek dan hidung tersumbat karena capsaicin dapat mengencerkan lendir. Sehingga, lendir yang tersumbat dalam rongga hidung menjadi encer dan dapat keluar dengan lancar. Sehingga hidung tidak tersumbat lagi. Alhamdulillah.

Ketika flu mulai menyerang, cobalah mengkonsumsi sup dengan taburan lada (atau makanan yang mengandung cabai).

Tetapi ingat, jangan terlalu banyak makan cabai, karena bukannya flunya sembuh malah menimbulkan sakit perut.

Kandungan capsaicin pada cabai tidak dapat digunakan untuk mengatasi penyakit sinusitis dan batuk berdahak.

16. Konsumsi rempah-rempah yang rasanya hangat

Mungkin Anda ingat saat ketika jatuh sakit, lalu nenek Anda memberi obat herbal yang diambilnya dari dapurnya sendiri, kemudian diraciknya sendiri. Dan secara tiba-tiba saja flu, batuk dan pilek yang selama berhari-hari melanda menjadi hilang keesokan harinya.

Hal ini adalah keajaiban rempah-rempah yang menyembuhkan pilek. Dimana rempah-rempah memang sanagt terkenal dapat menyembuhkan beragam penyakit, termasuk pilek. Rempah-rempah bukan hanya sebagai penambah rasa makanan, tetapi memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa rempah-rempah seperti Kunyit, yang merupakan rempah-rempah sudah sanagt dikenal, dan hampir digunakan pada setiap masakan India. Kunyit memiliki sifat antiseptik yang sangat baik untuk melawan kuman.

Cengkeh memiliki antioksidan yang membantu tubuh membangun sistem kekebalan yang kuat. Cengkeh mampu berkhasiat untuk melonggarkan lendir di tenggorokan.

Kayu Manis memiliki sifat anti-bakteri, antioksidan dan anti-jamur. Adapun jahe sangat baik untuk mengatasi sakit tenggorokan serta pilek. Jahe cukup dikenal sebagai obat alami anti virus

Bawang Putih memiliki kandungan anti-virus, anti-bakteri dan anti-jamur, yang mampu menangkal pilek dan batuk.

17. Usahakan untuk menghembuskan angin melalui lubang hidung

Hidung yang tersebumbat saat flu menyerang tentunya sangat tidak membuat nyaman. Ada baiknya ketika hidung mulai tersumbat, tutuplah satu lubang hidung, lalu hembuskan angin yang cukup kuat dari lubang hidung yang satunya.

Anda perlu melakukan ini secara bergantian, agar lendir yang menyumbat dapat keluar, maka hidung pun menjadi lega. Perlu hati-hati dalam melakukan ini, hembusan yang terlalu kuat dapat menyakiti hidung.

Baca juga: Ciri-ciri tubuh yang kekurangan vitamin

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan