21 Cara Cepat & Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Perut yang buncit memang bukan suatu masalah yang sangat serius, apalagi tidak sedikit orang yang memiliki perut buncit masih terlihat percaya diri.

Walaupun perut buncit bukan masalah yang sangat serius, tetap saja perut buncit cukup menggnggu kita, seperti misalnya jika ingin duduk atau bangkit dari duduk akan terasa tidak mengenakan di perut.

Memang ada obat-obat khusus yang dapat mengecilkan perut buncit, tetapi obat-obat yang seperti itu memiliki tingkat resiko yang cukup tinggi dengan efek samping yang ditimbulkan.

Sehingga, lebih baik dihindari penggunaan obat-obatan yang sifatnya instan seperti itu. Untuk mengatasi perut buncit sebenarnya kita cukup menggunakan cara yang sederhana saja.

Anak kecil dengan perut six pack

Cara cepat mengatasi perut buncit

1. Olahraga ringan seperti jogging

Sudah jelas bahwa untuk orang yang ingin mengecilkan perut buncit tentunya harus mulai rajin berolahraga.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat-berat, Anda cukup melakukan hal-hal yang ringan seperti melakukan olahraga jogging, sit up secukupnya, bersepeda, melakukan renang atau mungkin cukup berjalan-jalan saja, tetapi syaratnya harus rutin.

Yang penting tubuh melakukan aktifitas yang menjadikan tubuh bergerak, ini sangat penting dalam usaha mengecilkan perut buncit.

2. Mengurangi makanan gorengan

Ini dia makanan yang sulit untuk kita hindari, gorengan memang sudah menjadi makanan yang dikonsumsi banyak orang.

Kita dapat mengurangi makan gorengan apabila selama ini Anda terlalu banyak makan gorengan

Penyebab utama dari perut yang buncit karena terjadinya penumpukan lemak, dengan menumpuknya lemak maka proses pencernaan menjadi lambat.

Dan salah satu penyebab terbesar dari menumpuknya lemak adalah makan gorengan. Sehingga Anda perlu mengurangi makan gorengan. Selain makan gorengan hindari juga meminum minuman beralkohol.

3. Minum air putih yang cukup

Kita harus rajin dalam meminum air putih. Dengan meminum air putih maka dapat menetralisir (membuang) racun di dalam tubuh.

Adapun manfaat minum air putih dalam usaha mengecilkan perut, untuk mencegah makan secara berlebihan, terutama kebiasaan mengemil di malam hari.

Sebuah studi dari jurnal endokrinologi klinis dan metabolisme, menunjukkan bahwa tingkat metabolisme tubuh meningkat sebesar 30 persen setelah minum sekitar 17 ons air.

Penelitian lain menunjukkan bahwa meningkatkan volume cairan dalam tubuh. membantu untuk memecah lemak yang tertimbun di dalam tubuh.

Minum banyak air putih, setidaknya 8 gelas besar dalam sehari. Air sangat penting untuk kesehatan sel dan juga membantu dalam pencernaan. Air juga berkasiat untuk membantu proses detoksifikasi, serta penekan nafsu makan.

4. Atur kebiasaan makan

Hindari makan kurang dari 2 jam sebelum tidur, karena dalam kesehatan secara umum bahwa jarak yang terlalu dekat antara waktu makan dan tidur, sangat tidak baik.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah menghindari makan yang terlalu cepat atau terburu-buru. Akibat dari makan yang terburu-buru dapat menyebabkan udara tertahan di dalam usus, sehingga akan membentuk gas yang dapat menyebabkan penggelembungan perut.

Jadi sangat disarankan makan secara perlahan karena apabila ada makanan yang tidak sampai terkunyah, maka akan menjadi sulit dicerna dan udara juga tertahan di dalam usus.

Hal lainnya yang tidak kalah pentingya adalah waktu dan frekuensi makan. Mengkonsumsi makanan yang banyak pada satu waktu tertentu memberikan resiko tinggi kelebihan lemak. Makan banyak dalam satu waktu mengakibatkan gagalnya kandungan lemak diubah menjadi energi.

Sehingga menyebabkan lemak menumpuk dalam tubuh. Hal yang disarankan, yaitu mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering, ini lebih baik daripada makan 2-3 kali dalam sehari tetapi dalam porsi yang terlalu banyak..

Anda bisa makan 3-4 kali degan porsi kecil setiap hari, yang bermanfaat untuk mempercepat metabolisme di dalam tubuh, tubuh mampu membakar banyak kalori secara optimal, dan menyimpan sedikit lemak.

Kemudian, kurangi asupan gula dan minuman dengan kandungan pemanis buatan.

loading...

5. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Menkonsumsi buah dan sayur selain dapat mengecilkan perut yang bucit, tentunya juga akan membantu tubuh menjadi sehat. Pada buah-buahan terdapat banyak vitamin, yang dapat mencegah seseorang untuk makan secara berlebihan.

Mengkonsumsi sayuran dan buah memiliki manfaat secara umum bagi kesehatan tubuh, setiap hari kita wajib untuk menkonsumsi sayuran, atau juga buah-buahan yang kaya kandungan vitamin.

6. Rajinlah memasak makanan sendiri

Hasil diet tidak hanya untuk jangka pendek, karena salah satu permasalahan diet yaitu bisa menyebabkan kekurangan nutrisi penting untuk tubuh, sehingga menyebabkan timbulnya masalah kesehatan.

Untuk mengecilkan perut yang buncit, maka perlu menghilangkan lemak yang menumpuk di perut, serta melakukan diet secara sehat dan seimbang. Diet yang sehat yaitu mengkonsumsi makanan tinggi protein dan serat, seperti gandum, oatmeal, kacang polong , kelabat, kedelai, dll.

Selain itu konsumsi makanan yang rendah karbohidrat, rendah lemak dan natrium. Salah cara paling bagus mewujudkan diet sehat yaitu memasak sendiri masakan yang anda konsumsi.

Karena dengan memasak sendiri, anda akan tahu betul komposisinya. Hal yang disarankan, mulailah dengan kebiasaan memasak dengan sedikit minyak, hindari konsumsi kalori yang berlebihan, makanan yang disajikan juga harus mencakup makanan yang membakar lemak.

Membuat makanan sendiri di rumah jauh lebih sehat ketimbang membeli makanan di luar. Makanan yang wajib untuk dikonsumsi dalam setiap hatinya yaitu sayuran. Janganlah menjadi orang yang alergi sayuran.

 7. Ubah gaya hidup Anda

Untuk Anda yang terbiasa ke kantor denga naik kendaraan, jika jaraknya memungkinkan cobalah menggunakan angkutan umum ataupun bersepeda, sehingga manfaatnya agar lemak yang menumpuk akan terurai menjadi energi.

Ketika sampai di kantor, jika waktu memungkinkan, gunakan anak tangga di kantor daripada menggunakan elevator. Demikian seterusnya, hendaknya dalam melakukan berbagai aktivitas, jangan lupa untuk melakukan hal-hal yang menggerakan tubuh lebih banyak.

Perubahan gaya hidup ini, memiliki peran besar dalam membantu menghilangkan lemak di perut. Tinggalkan semua hal-hal yang menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon dan hal yang memicu obesitas.

Jika Anda ingin mendapat perut sixpack, tetapi bila sepuluh potong gorengan masih Anda sikat. Maka sekeras apapun Anda berlatih, bila pola makan Anda masih “berantakan,” tentu hasilnya tidak bisa optimal.

Batasi juga sumber protein yang terlalu berlemak tinggi, atau yang digoreng, serta ganti sumber karbohidrat menjadi karbo kompleks, seperti nasi merah atau oatmeal, jangan lupa perbanyak konsumsi sayuran. Sehingga Anda berhasil melakukan pola makan yang tepat dan sehat.

8. Bakarlah lemak berlebih dahulu

Perlu diketahui, pikiran bahwa melakukan sit up yang banyak mampu mengatasi perut buncit adalah strategi yang salah.

Perut Anda buncit akibat timbunan lemak berlebih, adapun sit up tidak ampuh untuk membakar lemak. Sehingga, yang disarankan dalam membakar lemak yaitu dengan melakukan olahraga kardio, seperti Jogging, bersepeda, ataupu berenang. Manfaatnya jika dilakukan rutin dapat membakar lemak berlebih sekaligus melatih jantung.

Jika perut buncit sudah terkikis, maka waktunya untuk membuat tubuh ‘sixpack’, jangan buru-buru melakukan sit up. Lakukan gerakan multijoint seperti squat atau pull up yang lebih melatih otot perut dibanding gerakan sit up.  

9. Rajin mengkonsumsi Vitamin C


Vitamin C memiliki manfaat  yang membantu mengurangi resiko stres, serta mengembalikan hormon stres (kortisol) ke tingkat yang normal. Dimana pengurangan hormon kortisol dapat membantu untuk mencegah penyimpanan lemak berlebihan di perut.

Makanan yang kaya akan vitamin C yang disarankan untuk seirng-sering dikonsumsi yaitu seperti buah jeruk. Walaupun saat ini ada suplemen vitamin C, tapi yang disarankan adalah mengkonsumsi vitamin C yang berasal  dari buah-buahan. 

10.  Istirahat Dan tidur cukup

Imbangi aktivitas dengan istirahat yang cukup untuk pemulihan stamina. Penelitian menunjukkan bahwa ketika anda tidak cukup tidur, terjadi peningkatan hormon ghrelin, yakni hormon yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, secara bersamaan tubuh mengalami penurunan hormon leptin, yaitu hormon yang membuat Anda sulit untuk merasa kenyang, walaupun sudah makan yang mencukupi. Masalah ini, menyebabkan anda sulit untuk mengontrol dengan baik rasa lapar dan kenyang.

Makanan yang disarankan dikonsumsi

11.  Buncis

Buncis dikenal sebagai salah satu sayuran dengan kandungan protein, kaya akan kandungan Flavanoid. Pada sebuah penelitian yang sudah dilakukan selama 14 tahun, hasil penelitian menemukan bahwa kandungan antioksidan tersebut memiliki peran penting dalam mengurangi volume lemak pada perut yang buncit.

Untuk cara mengolah buncis, yaitu dengan ditumis atau bisa juga dimasak bersama sayuran hijau lainnya, seperti dalam bentuk sayur asem atau lainnya.

12.  Semangka

Berdasarkan hasil research yang dilakukan, diketahui bahwa kandungan di dalam buah semangka dapat membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh menjadi lebih optimal, serta membantu juga pengeluaran kelebihan air dalam tubuh.

13.  Yogurt

Sekarang terdapat banyak sekali produk olahan susu bernama Yoghurt, umumnya dijual di supermarket dan minimarket. Yoghurt diketahui sebagai minuman rendah lemak, manfaantya membantu tubuh menjadi lebih ramping, karena kandungan yogurt yang mempu mengurangi efek dari perut kembung.

Sehingga yogurt juga berguna untuk mengasasi masalah ganggguan di pencernaan. Dimana bakteri bernama laktobasilus yang ada dalam yogurt, yang memiliki fungsi untuk merangsang kerja usus dan pencernaan, yang bermanfaat salah satunya untuk mengecilkan perut buncit.

14.  Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan serat yang tinggi, dan dikenal mampu melancarkan pencernaan serta menghindari penumpukan lemak pada perut. Berbagai studi menemukan hasil bahwa orang yang mengomsumsi kacang-kacangan secara cukup, memiliki peluang lebih besar untuk berhasil menurunkan berat badan.

Kacang-kacangan yang disarankan untuk dikonsumsi yaitu kacang mete, kacang merah, almond dan jenis lainnya yang terdapat kandungan serat tinggi.

15.  Oatmeal

Oatmeal menjadi salah satu makanan paling sering direkomendasikan untuk diet, termasuk untuk usaha mengecilkan perut buncit. Kandungan seratnya yang tinggi secara tidak langsung mampu mempengaruhi kesuksesan program diet.

Mengecilkan perut buncit dengan berolahraga

16. Jalan Cepat

Berjalan cepat sudah dapat untuk membakar lemak, sehingga bisa mengecilkan perut buncit yang di alami. Jika  Anda tidak ada waktu untuk melakukan jalan cepat di luar ruangan, Anda bisa melakukannya dengan metode treadmill.

Untuk mengecilkan perut buncit ini, anda cukup melakukan kegiatan fisik yang moderat selama 30-50 menit dalam sehari, dengan 5-7 kali dalam seminggu. Durasi ini sudah cukup efektif dalam menghilangkan lemak berlebih yang ada di perut.

Adapun tempat latihan (fitness center) sebenarnya kurang efektif jika untuk menyingkirkan lemak di perut. Melakukan banyak Sit-up atau latihan perut setiap hari, maka tidak akan bisa meratakan perut jika perut masih dalam keadaan buncit. Kegunaan fitness center, utamanya untuk memperkuat otot perut.

17. Berlari

Seperti halnya jalan cepat, berlari dapat dilakukan diluar atau di dalam ruangan dengan menggunakan treadmill.

Berlari dengan kecepatan sedang maupun lari santai sangat baik untuk mengecilkan perut, dan secara umum untuk menurunkan berat badan.

Apabila bosan melakukan olahraga di dalam ruangan, maka untuk lebih serunya bisa dengan mengajak teman untuk jongging, sehingga lebih menyenangkan.

18. Bersepeda

Bersepeda, selain di luar ruangan, juga bisa dilakukan di dalam ruangan yaitu dengan menggunakan sepeda stasioner.

Tetapi disarankan bersepeda di luar ruangan, karena anda akan menghirup udara segar, sehingga lebih sehat dan seru. Bersepeda di luar ruangan merupakan pilihan terbaik.

19. Berenang 

Berenang juga dapat membakar lemak, berenang dapat membangun otot dan juga membentuk tubuh ideal. Walaupun manfaatnya tidak sebesar berlari.

Berenang tetap bagus dilakukan untuk usaha mengecilkan perut buncit, seperti ketika anda bosan berolahraga berlari, maka bisa menggantinya dengan olahraga renang.

Tahapan lanjutan mengecilkan perut

Ktika lemak perut Anda sudah mulai terkikis, dan terlihat perubahannya setelah melakukan latihan kardio, maka saatnya yang tepat untuk membentuk perut menjadi lebih indah.

Tapi, jangan terburu-buru melakukan gerakan sit up. Lakukanlah gerakan multijoint seperti squat atau pull up, karena lebih efektif untuk melatih otot perut dari pada gerakan isolasi seperti sit up. Selain itu Anda juga bisa melakukan bicycle crunch

20.  Squat

Squat jump cukup efektif untuk mengecilkan perut buncit, hanya saja olahraga ini lebih dikenal untuk latihan fisik mengecilkan paha yang besar. Efeknya pada perut saat melakukan gerak jongkok yang berulang-ulang akan begitu terasa.

Saat pertama kali, biasanya tubuh bagian bawah akan terasa sedikit nyeri. Sehingga, disarankan saat terasa inyeri itu (setelah beberapa lama latihan), maka segera istirahat hingga dirasa tidak ada rasa sakit lagi, lalu  melakukannnya lagi. Lakukan hingga terbiasa dan perlu rutin melakukannya, jangan sampai stop latihan hingga beberapa minggu.

21.  Sit Up

Sit up juga dapat membakar lemak berlebih pada perut buncit. Caranya, pertama-tama tidurlah telentang dengan menghadap ke atas, lalu angkat tubuh bagian atas tanpa berpegangan dan kedua betis dan kaki tetap rapat di lantai saat tubuh anda diangkat.

Hanya saja umumnya orang tidak mengusahakan agar kakinya tidak terangkat saat mengangkat tubuh, untuk itu bisa menggunakan bantuan orang lain, yang bertugas menahan kedua kaki saat melakukan sit up ini. Sehingga efek pembakaran lemak bekerja dengan optimal.

Ada tambahan gerakan lainnya, yaitu dengan memiringkan badan sekitar 30 derajat kesamping (kiri-kanan) saat mengangkat tubuh bagian atas. Fungsinya untuk semakin mengoptimalkan pembakaran lemak pada perut buncit bagian kiri dan kanan.

Sehingga, melakukannya dengan bergantian antara miring ke kiri dan ke kanan, agar terjadi keseimbangan pembakaran lemak dari kedua sisi perut.

Baca juga: 24 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan