37 Tips Ampuh Berhenti Merokok Selamanya

Memang agak aneh ketika pada bungkus rokok terdapat tulisan berupa “Merokok dapat menyebabkan kanker serangan jantung…(dst)” tetapi hal itu tidaklah mengurangi minat seseorang untuk berhenti merokok.

Karena sangat jelas akibat yang ditimbulkan dari bahaya rokok ini sangat fatal, yaitu dapat menyerang jantung dan paru-paru.

Ada beberapa penyebab dari susahnya berhenti merokok, yaitu karena zat yang membuat kecanduan terdapat di dalam rokok.

Penyebab kedua karena sedang tidak melakukan aktifitas sehingga disaat luang yang seperti itu, muncul keinginan "nafsu" untuk merokok.

Untuk mengatasi dari penyebab yang kedua, maka sangat disarankan untuk mengisi waktu luang dengan aktiftas sehar-hari yang bermanfaat.

Adapun secara umum ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan dalam usaha untuk berhenti merokok.

Berhenti merokok

Cara ampuh berhenti merokok

1. Mulailah latih kesabaran dan tekad kuat

Usaha berhenti merokok langsung 100% memang sulit dilakukan secara instan, karena godaan untuk merokok sangat besar, sehingga dalam usaha berhenti merokok dibutuhkan kesabaran yang tinggi, persiapkan hal ini.

Mulailah menghindari beragai pemicu yang menyebabkan keinginanmu untuk merokok, seperti kopi, alkohol, acara malam, berdebat hingga pusing yang akhirnya menghisap rokok dan hal lainnya.

Disaat bersamaan, sembari mengurangi konsumsi rokok semampunya, serta sembari mencari berbagai kesibukan lain.

2. Ganti rokok dengan permen atau lainnya

Cara ini cukup efektif, yaitu mengganti rokok dengan permen, es, dsb. Dimana orang yang terbiasa merokok maka akan merasakan asam pahit dimulutnya jika tidak merokok.

Untuk mengatasi cukup mudah, gantilah dengan memakan permen mint ataupun permen jahe. Maka secara perlahan, tentunya Anda akan terbiasa.

3. Katakanlah keinginan berhenti merokok pada orang dekat

Perlu dikatakan kepada orang dekat bahwasanya Anda sedang bertekad keras untuk berhenti merokok. Hal ini berguna agar orang-orang di sekeliling melakukan support kepada Anda.

Selain itu, agar Mereka tidak akan merokok di depan Anda, karena jika mereka tetap merokok di depan Anda maka bisa menggagalkan usaha Anda dalam barhenti merokok.

Utarakan niat baik ini kepada pasangan, keluarga, dan sahabat. Mereka akan peduli kepada Anda, dan pasti akan mendukung untuk hidup sehat, dimana dukungan itu sangat berarti.

Orang terdekat Anda nantinya akan sering mengingatkan Anda tentang target untuk berhenti merokok, serta manfaat kesehatannya. Sehingga bisa meredam secara efektif jika muncul keinginan merokok kembali.

Jangan lupa,  mintalah teman dan keluarga untuk tidak merokok di depan Anda, tidak menawarkan rokok, dan tidak meninggalkan rokok di sekitar Anda.

4. Bergaul dengan orang tepat

Berkaitan dengan nonor 3, utamakan bergaul dengan orang-orang yang tidak merokok, dan lebih diutamakan lagi bergaul dengan orang-orang yang telah berhasil berhenti merokok.

Karena saat bergaul dengan orang-orang yang tidak merokok dapat meminimalisir keinginan untuk merokok.

Selain itu, jika bergaul dengan orang yang sukses dalam berhenti merokok, mereka tentunya akan menceritakan kisah suksesnya saat berhasil berhenti merokok, yang hal ini semakin memotivasi Anda dan juga meningkatkan rasa optimis Anda untuk berhasil berhenti merokok.

5. Olahraga

Dengan sering melakukan olahraga, maka dapat meminimalkan keinginan untuk berhenti merokok. Anda dapat melakukan berbagai olahraga yang ringan-ringan saja seperti melakukan jogging dan sebagainya.

Dengan tubuh yang sering keluar keringat, membuat kita terpacu untuk sadar akan pentingnya kesehatan.

Dengan mengetahui pentingnya kesehatan maka akan memicu diri untuk semakin mampu meninggalkan rokok, karena sebenarnya semua manusia sudah sepakat bahwa merokok sangat berbahaya. Hanya saja mereka belum terlalu peduli dengan kesehatannya sendiri.

6. Minum lebih banyak air putih


Dengan meminum lebih banyak air, dapat membantu tubuh dalam menghilangkan racun dan juga zat-zat yang membuat candu. Sehingga dapat mengurangi keinginan tubuh untuk merokok.

Dengan minum air putih, juga berguna untuk mengatasi rasa asam pada mulut, dan secara umum menyehatkan tubuh.

Ketika muncul keinginan akan merokok, maka minumlah satu gelas air putih, yang dengan sendirinya hasrat merokok menjadi hilang.

7. Jangan meyerah

Bagi orang-orang yang sudah sangat kecanduan untuk merokok, dan mungkin karena saking kecanduannya akhirnya gagal juga menahan diri untuk tidak merokok.

Apabila hal ini sampai terjadi (mudah-mudahan tidak) maka jangan menyerah. Pada hari-hari esok tetap berusaha untuk menahan diri untuk tidak merokok. Jangan sampai kendur semangat untuk berhenti merokok, pupuklah semangat tersebut pada setiap harinya.

8. Bulatkan niat berhernti merokok

Perlu membulatkan tekad dan niat anda. Untuk siapa Anda berhenti merokok? Untuk diri sendiri, keluarga dan orang-orang yang mencintai Anda. Semakin cepat berhenti merokok dan hidup sehat, maka semakin cepat juga organ tubuh Anda yang rusak akibat rokok akan sedikit demi sedikit pulih.

Hal lainnya yang semakin membulatkan tekat untuk berhenti merokok, adalah untuk menghemat uang Anda sendiri. Anda bisa melihat orang di sekeliling anda, ibu, anak dan istri. Apakah Anda tidak kasihan jika tiap hari harus menghirup asap rokok anda?

Banyak sekali kisah bahwa perokok pasif memiliki resiko tinggi kematian. Pernah mendenger anak yang meninggal gara-gara Pneumonia? Penyakit itu muncul gara-gara racun asap rokok yang menempel di baju si ayah, walaupun si ayah tidak pernah sekalipun merokok di dekat anaknya.

Uang yang kita miliki, dari pada digunakan untuk membutuh anggota keluarga secara tidak langsung, lebih baik digunakan untuk menyenangkan mereka, seperti membelikan makanan yang enak untuk mereka, mengajak jalan-jalan yang seru dan menyenangkan, untuk pendidikan masa depan anak yang mungkin ingin kualiah di fakultas kedokteran, dan seterusnya.

9. Buang semua rokok

Setelah berjalan beberapa waktu dari usaha berhenti merokok, dengan hal positif yang dimiliki maka jangan ragu untuk membuang semua rokok yang tersisa. Tetaplahj ingat dengan tekad dan niat Anda.

Ingatlah, ketika Anda sakit karena rokok, maka hal ini membuat Anda sendiri sudah, demikian juga anggota keluarga akan ikut susah.

Seperti ketika terkena kanker paru-paru sangat parah, akibat terlalu banyak merokok. Maka yang susah dan menderita adalah Anda dan keluarga Anda sendiri.

10. Tetapkan target waktu

Tetapkan target waktu (seperti 2-3 minggu) untuk benar-benar bisa berhenti merokok. Tetapi, perlu diperhatikan pada periode tersebut, pastikan tidak bertepatan dengan kondisi stres yang dialami karena uatu masalah lain.

Penting untuk bisa secara bertahap mengurangi jumlah rokok yang dihisap, hingga akhirnya Anda berhenti merokok sama sekali pada target waktu yang sudah ditetapkan.

Ketika sudah mendekati tanggal, Anda harus siap secara mental dan emosional untuk benar-benar berhenti merokok, ingat jangan menundanya lagi. Jika sampai menunda, berakibat pada resiko besar kegagalan berhenti merokok,

11. Rubah mindset Anda

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa berhenti merokok itu sulit, mindset ini perlu untuk diubah. Coba bayangkan ketika seseorang makan nasi. Tiba-tiba nasi tersebut kejatuhan kotoran cicak dari atap rumah, hal ini spontan menghentikan makannya, bahkan akan benar-benar berhenti makan, padahal sebelumnya sangat lapar, tapi karena ada kotoran cicak jatuh, seketika perut jadi kenyang.

Inilah mindset. Tanamkan daalam pikiran bahwa menghentikan rokok adalah hal yang pasti dapat dilakuan. Untuk membantu, maka cari informasi-informasi seputar bahaya merokok, yang sangat banyak penyakit kronis yang ditimbulkannya.

loading...

12. Jauhi sebisa mungkin teman yang merokok

Usahakan semampunya untuk menjauhi teman-teman yang suka merokok, tepatnya dalam perkumpulan yang berisi para ‘penggila’ rokok. Dimana saat kiri-kanan semuanya merokok, sangat dikhawatirkan akan menggalan usaha Anda untuk berhenti melakukan hal tersebut.

Lebih buruk lagi, jika mereka malah memaksa Anda untuk merokok, serta mereka malah menurunkan semangat Anda dalam usaha berhenti merokok. Jika keadaannya seperti itu, maka perlu membatasi hubungan dengan mereka. Utamakan berkumpul dengan teman-teman yang tidak merokok.

13. Hindari kebiasaan yang membuat Anda merokok

Hindari pemicu keinginan untuk merokok, seperti banyak minum kopi apalagi alkohol, berkumpul bersama teman-teman yang perokok, menghadiri acara malam yang kurag bagus, berdebat dengan oirang lain hingga kepala pusing sehingga akhirnya merokok, dsb.

Ketika kesulitan dalam menghadapi godaan, cobalah untuk sering mengkonsumsi produk susu, buah-buahan dan sayuran.

Pada sebuah survei yang dilakukan, menunjukan bahwa menkonsumsi makanan yang disebutkan itu dapat memberikan cita rasa yang kurang enak dalam merokok. Sehingga hasrat merokok pun menurun.

Selain itu, disarankan untuk membuang asbak yang ada di dalam rumah, jangan meletakan asbak tepat berada di depan tempat Anda biasanya bersantai duduk, karena dapat memicu keinginan untuk merokok.

14. Pintar-pintar cari kesibukan

Carilah kesibukan dengan hal-hal yang Anda sukai, sehingga hindari meninggalkan banyak waktu lowong, sehingga terpikir keinginan untuk merokok lagi.

Anda bisa mengalihkan keinginan merokok dalam kegiatan yang intens, seperti egiatan olahraga, berjalan, bersepeda dll.

15. Kunjungi tempat tanpa asap rokok

Cobalah untuk menghabiskan berjam-jam dalam suatu hari di tempat yang tidak diperbolehkan merokok, seperti perpustakaan, dll.

Demikian ketika ignin duduk-duduk minum kopi bersama teman-teman, maka pilihlah tempat yang memuat kebiajakan non-smoking area.

16. Buatlah tangan Anda sibuk

Salah satu penyebab orang-orang tetap merokok, karena (berdasarkan survay yang dilakukan) bahwa kebiasaan merokok memiliki kaitan dengan apa yang mereka lakukan dengan tangan mereka.

Untuk itu, buatlah tangan anda memegang apa saja (kecuali rokok), seperti sering memegang pena, pensil, secarik kertas, laptop, smarpthone dll, sehingga tangan Ada akan terlindungi dari rokok.

17. Jangan jatuh pada perangkap “satu batang rokok”

Tepislah godaan tentang “hanya satu batang”. Penting diingat, bahwa sekali Anda merokok satu batang saja, hal ini merusak usaha berhenti merokok. Hal itu karena jika sudah terjatuh pada godaaan satu batang, maka satu batang lainnya segera mengikuti.

Tetapi Jika jatuh dalam perangkap, maka jangan menghukum diri anda terlalu keras. Kamu perlu bangkit, dan terus mencoba untuk tidak membuat kesalahan yang sama lagi, dan Anda dapat percaya diri untuk terhindar dari merokok lagi.

Penting untuk memohon kepada Tuhan pencipta langit dan bumi, agar membantu Anda untuk mampu terhindar dari godaaan 1 batang rokok.

18. Ingatlah, tidak merokok membuatmu terlihat lebih muda.

Karena merokok bisa mengurangi asupan oksigen ke kulit, yang menyebabkankulit terlihat tua.

Ketika berhenti merokok, kulit Anda nantinya akan mendapat lebih banyak oksigen, sehingga mencegah terjadinya penuaan dini, dan mencegah munculnya keriput.

19. Ketahui, merokok malah memicu stres.



Selama ini hampir semua perokok berpikir bahwa merokok bisa mengatasi stres berkat kandungan nikotin di dalamnya.

Tetapi, yang sebenarnya terjadi adalah perokok seang mengalami gejala putus obat dari nikotin, sehingga seolah-olah merokok akan terasa menenangkan.

Efek menenangkan nikotin ini hanyalah sementara. Nikotin bukanlah obat untuk meredakan stres. Justru menurut penelitian, bahwa tingkat stres orang yang berhenti merokok akan menurun ketimbang saat mereka masih merokok.

20. Cobalah akupunktur

Akupunktur menjadi metode alami untuk mengatasi ketergantungan zat nikotin. Dengan melakukan 3-5 kunjungan terapi dinilai sudah mampu mengurangi intensitas gejala, seperti masalah psikologis, raa cemas, depresi, hingga ketergantungan zat nikotin.

Survei yang dilakukan juga menunjukkan bahwa akupunktur mampu meningkatkan vitalitas dan kesuburan, serta membantu otak untuk berpikir lebih jernih.

21. Ingat!! Tidak merokok dapat neningkatkan kesuburan.

Lapisan rahim dan kualitas sperma akan membaik setelah berhenti merokok. Sehingga dengan berhenti merokok, kesempatan untuk memiliki anak menjadi lebih tinggi.

Selain itu performa dan kualitas seks menjadi lebih baik, aliran darah akan menjadi lebih lancar khusus pada pria akan mengalami ereksi yang lebih baik, adapun wanita menjadi lebih mudah terangsang dan mengalami orgasme.

22. Ingat!! Tidak merokok = menghemat uang

Berhenti merokok akan menghemat uang Anda. Jika sehari Anda bisa menghabiskan sebungkus rokok seharga Rp. 13.000, maka dalam sebulan Anda bisa menghemat Rp. 390.000, dalam setahun Rp. 4.680.000.

Dengan uang sebnayak itu, Anda bisa gunakan untuk hal-hal yang sangat berguna, sehingga tidak hanya terbakar secara percuma.

23. Jalani pengobatan medis.

Kamu bisa mengkonsultasikan keinginan untuk berhenti merokok kepada dokter. Biasanya langkah medis yang digunakan yaitu terapi pengganti nikotin (NRT). Efek nikotin sebenarnya bisa didapatkan dari permen karet atau tablet isap yang mengandung nikotin.

24. Gerakkan tubuh.

Selain membuat tubuh sehat tentunya, aktif bergerak mampu mengalihkan keinginan untuk merokok. Anda bisa lari mengelilingi komplek rumah, atau juga bisa melakukan gerakan menyenangkan lainnya seperti lompat tali, sit-up dll, yang untuk melakukannya tidak perlu persiapan khusus.

Atau Anda juga bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mengepel lantai, hingga menyirami tanaman.

Adapun saat hasrat merokok muncul di kantor, maka dapat mengalihkannya hanya dengan beranjak dari kursi lalu berjalan-jalan di sekitar ataupun di luar ruangan.

25. Beri penghargaan untuk diri sendiri atas upaya keras Anda. Sehingga Anda perlu menghadiahi diri sendiri untuk keberhasilan hari-hari tanpa rokok, dengan membeli sesuatu barang istimewa, atau pergi jalan-jalan yang menyenangkan.

26. Berpikirlah positif. Janganlah berpikir bahwa berhenti merokok sebagai sebuah pengorbanan. Kamu perlu menegtahui dan selalu mengingatnya, bahwa dengan berheti merokok Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat.

27. Hindari godaan merokok setelah makan. Dimana tidak sedikit orang cenderung untuk merokok setelah makan. Jika makan sudah selesai, carilah aktivitas lain seperti browsing website yang bermanfaat, atau juga berdiri dari meja setelah makan atau berjalan-jalan, sehingga mncegah Anda merokok setelah makan.

28. Tidur lebih nyenyak. Cobalah untuk tidur dengan lebih nyeyak, usahakan hal ini. Hal ini membuat Anda bangun dengan fit dan segar di pagi, sehingga terhndari dari resiko stres yang memicu seseorang ingin merokok.


29. Jika ada, letakan rokok ditempat yang sulit untuk ditemukan, minimal jangan meletakan rokok di depan TV, yang beresiko tinggi mengakibatkan uapaya berhenti merokok gagal.

30. Buat perjanjian dengan orang terdekat (seperti istri dan anak-anak), beritahu mereka bahwa Kamu tidak akan pernah merokok lagi, jika ketahuan merokok maka Anda harus membayar denda, misalnya Rp 10.000. Hal ini tampaknya cukup efektif untuk benar-benar menghilangkan keinginan untuk merokok.

31. Alihkan dengan berbagai kesibukan, karena biasanya orang akan merokok jika ada waktu senggang. Sehingga buatlah kesibukan yang banyak, aturlah jadwal Anda sepadat mungkin.

32. Istirahat yang Cukup. Sehingga ketika akan merokok pilihlah untuk segera tidur saja. Hal ini membuat Anda terbantu dalam usaha berhenti merokok.

33. Kunjungi tempat bebas asap rokok, seperti tempat-tempat yang ber-AC, atau area dilarang merokok.

34. Ketahui mengenai bahaya merokok, disarankan Anda mencari gambar akibat merokok, yang tentunya menyeramkan gambar, lalu cetak dalam ukuran besar dan tempel di dinding atau tempat yang sering Ada lihat. Strategi ini cukup efektif untuk membuat orang takut untuk merokok.

35. Selalu siapkan permen di kantong. Sehingga saat hasrat ingin merokok datang, kunyahlah sesuatu, seperti permen. Sehingga keingian merokok hilang.

36. Jejali otak atau pikiran Anda dengan efek-efek negatif dari merokok, hingga akhirnya mampu merubah persepsi menjadi positif, bahwa ada banyak keuntungan dari berhenti merokok.

37. Berhenti merokok mulai dari sekarang, jangan pernah ditundah walau SEDETIK pun, kemudian pertahankan sekuat tenaga pada usaha berhenti merokok.

Mohon Share:


Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman

Penyakit dan Gangguan